Menu

WXCoins Kripto Abal-abal, Masuk Daftar Hitam Satgas Waspada Investigasi

  Dibaca : 497 kali
WXCoins Kripto Abal-abal, Masuk Daftar Hitam Satgas Waspada Investigasi
Spesifikasi WXCoins mencantumkan block reward yang sama sekali tidak punya fungsi ekonomi.

WXCoins dengan situs utamanya yang berada di wxcoins[dot]com, memberikan penawaran-penawaran menggiurkan untuk menarik banyak member baru. Alih-alih memberikan banyak program investasi baik trading, mining, edukasi, bahkan coin kripto baru dengan ICO, namun berbagai penawaran itu hanyalah kedok semata.

WXcoins Masuk Daftar Hitam Satgas Waspada Investigasi

Bahkan, pada tanggal 10 April lalu, Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengolelolaan Investasi, atau yang kerap disingkat dengan Satgas Waspada Investasi telah merilis kembali 18 entitas yang berpotensi besar merugikan masyarakat. Salah satu dari 18 entitas investasi bodong tersebut, adalah WXCoins.

“Satgas telah melakukan analisis terhadap 18 entitas tersebut, dan berdasarkan aturan hukum yang berlaku menyatakan bahwa entitas tersebut harus menghentikan kegiatannya”.

Sebelumnya, OJK bersama dengan Satgas Waspada Investasi pada rentang waktu hingga bulan Pebruari 2018, telah juga merilis 57 entitas investasi bodong. Diberitakan di finance.detik.com, Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing menyatakan bahwa 18 entitas itu harus menghentikan kegiatannya.

Menggunakan Kedok Kripto

Pola penawaran investasi WXCoins, memanfaatkan kedok populernya dunia kripto, khususnya di Indonesia. Selama ini, masyarakat di Indonesia sendiri memang masih banyak yang awam tentang dunia bitcoin, maupun kripto secara umum.

Atas dasar hal itu, penawaran investasi bodong berkedok kripto seperti halnya WXCoins ini cukup meningkat tajam dan sangat menghawatirkan.

Bukti WXCoins Adalah Abal-abal

  1. Tidak ada announcement di forum-forum kripto
  2. Tidak ada whitepaper
  3. Tidak ada source code
  4. Tidak ada kejelasan Tim/developer
  5. Spesifikasi WXCoins mengada-ada

Spesifikasi WXCoins mencantumkan block reward yang cukup tidak mempunyai fungsi ekonomi

  • Block Reward. Dari spesifikasi tersebut, anda dapat melihat sendiri block reward untuk penambang yang hanya sebesar 0,052 WXC tersebut sungguh tidak masuk akal. Block reward yang semacam ini, sudah dapat diketahui bahwa tidak ada masa depan mampu menarik para penambang, jika memang WXCoins ini bukan kripto abal-abal. Dalam hal ini, WXCoins jelas tidak bisa mempunyai ekonominya sendiri. Pihak pembuatnya pun tidak mengerti kaidah distribusi kripto, fungsi-fungsi distribusi, ekosistem pertambangan.
  • Premined Terlalu besar, yakni sebesar 6.300.000 WXC, dan itu terbukti dilakukan secara ajaib pada block 1 mereka. Dengan langsung memberikan senilai 6.300.000 koin. Padalah, pada block reward harusnya hanya sebesar 0,052 WXC saja. Dalam hal ini saja, anda sudah bisa menyebut bahwa WXCoins adalah kripto abal-abal.
block pertama

Block pertama menyalahi konsensusnya sendiri yang seharusnya hanya senilai 0,052 coin saja, secara ajaib berjumlah 6.300.000.

  • Network telah mati

Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat block baru yang dihasilkan. Jika pada spesifikasi telah disebutkan jarak waktu block adalah 120 detik, maka seharusnya di block exploler menunjukkan block baru secara terus menerus setiap rata-rata waktu 2 menit. Setelah EB melihat saat tulisan ini dibuat, Block terakhir adalah block no 3543 pada hari jumat, 13 April 2018 pukul 10:36:58 GMT. Artinya, bahwa network tersebut telah mati, tidak ada penambang. Hal ini anda sudah bisa menilai bahwa kripto itu adalah kripto yang gagal. (LIhat gambar dibawah)

Block terakhir pada 13 April 2018

Block terakhir pada 13 April 2018. Artinya kurang lebih selama 3 hari tidak ada pertambangan. Tidak ada pertambangan artinya sudah mati.

  • Tidak ada penambang, peer node

Seperti yang disinggung diatas, dengan spesifikasi yang mengada-ada, maka jelas tidak akan ada penambang yang tertarik. Hal ini akan berpengaruh fatal pada sisi keamanan network sebuah kripto, itupun jika WXCoins bukanlah kripto abal-abal. Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini buktinya:

network mati

  1. Block Exploler Yang Aneh
  • Banyak terdapat double block di waktu bersamaan
block yang sama

Ajaib ada block yang sama.

Hal ini mustahil dapat terjadi. Lantas bagaimana WXCoins bisa terdapat block yang sama itu? Tidak lain, adalah karena WXCoins kripto abal-abal semata.

  1. Tim pengembang tidak paham tentang kripto

Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat spesifikasi yang telah disebutkan sendiri oleh pihak WXCoins. Pihak mereka tidak pernah memahami bagaimana pentingnya network, ekosistem pertambangan, hingga berkaitan dengan penentuan block reward, yang nantinya akan mempengaruhi distribusi dan sirkulasi unit-unit baru dalam dunia kripto.

Penawaran Program Investasi pertambangan

Jika kita melihat bagaimana WXCoins dalam menterjemahkan dunia kripto diatas, kita dapat mengetahui bahwa tim dibalik mereka tidak banyak memahami dunia kripto. Dalam kaitannya dengan penawaran investasi pertambangan kripto, sudah jelas haruslah didukung oleh orang-orang yang benar-benar memahami iklim dunia pertambangan kripto.

Pertambangan kripto, sejauh ini memang telah banyak dijadikan kedok untuk menarik dana para member, dan kemudian berujung pada macetnya program, lantaran tidak lagi dapat memenuhi untuk pembayaran member sebelum-sebelumnya.

Pertambangan kripto tidaklah semudah yang anda bayangkan, apalagi dengan iklim di Indonesia yang tropis, bukanlah menjadi lokasi ideal untuk mendirikan sebuah mining farm besar. Terlebih, tarif harga listrik yang relatif mahal.

Tidak pernah ada kejelasan bagaimana pola pertambangan yang dilakukan, berapa unit yang dimiliki, untuk menambang kripto apa saja, hingga dilakukan dimana pertambangan tersebut. Apa yang sering dilakukan pihak WXCoins, hanyalah seolah-olah memamerkan perangkat-perangkat mining saja di sosial media.

Dalam dunia pertambangan, terutama untuk sebuah ukuran pertambangan kripto, hal itu tidaklah cukup, untuk meyakinkan investor dalam dunia pertambangan kripto.

Penawaran Trading

Sama juga seperti penawaran-penawaran berkedok pertambangan kripto, panawaran investasi berupa trading kripto ini sudah kerap digunakan sebagai kedok semata. Trading dalam dunia kripto, dapat dilakukan dengan mudah dan mandiri.

Melakukan trading secara mandiri, justru memberikan nilai lebih kepada penggunanya secara pribadi. Tidak harus jatuh pada penawaran-penawaran abal-abal yang berpotensi merugikan dirinya sendiri. Pihak WXCoins, dalam melakukan aksinya, memberikan penawaran-penawaran yang cukup menggiurkan.

Seperti halnya pemberian bonus, hadiah-hadiah mobil, pembagian hasil yang besar. Hal ini semata-mata untuk terus dapat menarik member baru. Secara khusus, salah satu member di WXCoins ini pernah memberikan klarifikasi tentang praktek trading di WXCoins. Ia menjelaskan bahwa sistem pembagian hasil hanyalah sebesar 2-5% saja dalam sebulan. Kenyataannya, WXCoins memberikan iming-iming yang jauh lebih besar dari yang disebutkan tersebut.

Penawaran ICO

Penyelenggaraan ICO ini juga terkesan cukup aneh, terutama jika tidak ada apapun yang ditawarkan dalam kripto mereka. Tidak ada satupun nilai lebih yang bisa dilihat dari kripto WXCoins, selain hanya abal-abal semata.

Umumnya, penyelenggara ICO akan cukup banyak bertaruh dengan konsepnya yang ditawarkan kepada investor. Baik tentang fungsionalitasnya, teknologi yang digunakan, sisi keamanan, proyeksi pasar, hingga profil tim yang berada dibelakangnya.

Editor:
KOMENTAR

13 Komentar

  1. Evy
  2. Adlin
  3. Anonim
  4. Anonim
      • c mau apa
  5. Sisil
  6. Anonim
  7. Anonim
  8. Fantry Abdi Andreano
  9. Hope4life
  10. urirukun

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional