Menu

Shittcoin ExoCoin Bikinan Bule Rasa Lokal

  Dibaca : 161 kali
Shittcoin ExoCoin Bikinan Bule Rasa Lokal

Pola-pola scammer yang menggunakan dunia kripto sebagai kedok selalu itu-itu saja, termasuk Shittcoin Exocoin yang pada dasarnya menjiplak proyek kripto lama tahun 2014. Pada saat itu, ExoCoin yang asli telah diperkenalkan di forum bitcointalk pada 24 Januari 2014.

Di dalam dunia kripto, pengenalan proyek kripto baru itu disebut dengan “Announcement”. Fungsi pengenalan proyek kripto baru itu tentu memberikan gambaran proyek kripto baru itu, baik terkait dengan detail proyeknya, teknis spesifikasi koin kripto dengan sasaran dan fungsi-fungsi strategisnya, hingga berupaya untuk menarik minat, terutama untuk para penambang yang menjadi elemen vital dalam jenis kripto baru selain bitcoin (ALTCOIN).

Baca Juga: Cara Memastikan Crypto Palsu Atau Bukan

Berikut adalah bukti-bukti bahwa ExoCoin yang palsu bikinan bule rasa lokal ini tak ubahnya palsu belaka:

  1. ExoCoin asli sudah diperkenalkan di tahun 2014. Anda bisa melihat announcement ExoCoin yang asli ini di forum BitcoinTalk.

Kalau ExoCoin asli di tahun 2014 menggunakan domain situs resminya di Exocoin.org, sedangkan ExoCoin yang palsu, menggunakan domain situsnya di exo-coin[dot]io.

Announcement ExoCoin Asli Di Bitcoin talk

exocoin-asli

https://bitcointalk.org/index.php?topic=430467.0

Announcement ExoCoin Palsu

  1. Spesifikasi Proyek Kripto ExoCoin palsu tidak bisa dibuktikan

exo-coin-speks

Dari detail spesifikasi itu, tidak dapat dibuktikan dengan jelas. Penyebabnya, memang ExoCoin ini tidak memberikan source code yang dipakai. Jelaslah, ketika menjelaskan spesifikasi itu menjadi bualan semata. Karena tidak bisa didukung dengan code asli yang jelas.

  1. Source Code

Source code ini menjadi elemen vital dalam membuktikan karakteristik proyek kripto baru. Paling menggelikan di Shittcoin ExoCoin ini, karena mereka hanya membubuhkan profil mereka saja di Github, tanpa ada satupun repositori didalamnya. Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah ini:

exo-github

Tak ada satupun repository yang dibuat disitu.

Singkat kata, apa yang telah dijelaskan di dalam spesifikasi proyek kripto baru, pasti berasal dari source code tersebut. Lantas, bagaimana detail spesifikasi itu bisa ada jika tanpa ada source code nyata di dalam proyek altcoin itu? Dari sini, kita bisa melihat bahwa Shittcoin ExoCoin ini memang palsu belaka.

  1. Whitepaper

Whitepaper di ExoCoin menjiplak dari proyek Qurrex yang berupa platform DEX (Decentralized Exchange). Anda dapat melihat bagaimana Shittcoin ini menjiplak whitepaper tersebut pada gambar di bawah ini:

Jiplakan yang dipakai di whitepaper Exocoin

exo-palsu

Whitepaper asli dari Qurrex

 qurrex-asli-whitepaper

Singkat kata, sungguh begitu memalukan untuk sebuah proyek kripto baru jika melakukan hal seperti itu. Bagaimana mungkin bisa dikatakan sebuah kripto, jika spesifikasi saja tidak berdasar, Source code juga nihil, bahkan whitepaper pun melakukan copy paste dari proyek kripto lain. Artinya, pada dasarnya memang Shittcoin Exocoin palsu ini memang tidak ada apapun yang berkaitan dengan dunia kripto, selain hanya kedok belaka.

  1. Membuat Program ICO

Program ICO, memang banyak digunakan sebagai salah satu kedok para scammer. Termasuk juga Shittcoin ExoCoin ini, yang sama juga menggunakan program ICO dalam menjual Shittcoin mereka kepada orang awam.

Initial Coin Offerings (ICO), saat ini kebanyakan dilakukan oleh perusahaan dalam memuluskan penggalangan dana untuk proyek yang dibangunnya. Jika berkaitan dengan penggalangan dana dari investor, apalagi jika dilakukan oleh perusahaan, maka jelaslah pasti akan menyentuh banyak hal, termasuk juga persyaratan legal formal dan kejelasan profil penyelenggara ICO menjadi hal yang mutlak.

Dalam hal ini, Shittcoin ExoCoin begitu yakin dengan proyek palsunya itu untuk bisa menjual koin mereka kepada orang awam. Padahal banyak hal dasar yang menjadi elemen-elemen mutlak di dunia kripto diatas, kita sudah dapat melihat bahwa tidak ada apapun di shittcoin Exocoin ini.

  1. Iming-iming profit

Pola ini sudah umum digunakan oleh para scammer. Pola memberikan iming-iming ini memang sudah jadi jalan terakhir bagi scammer agar modusnya tetap bisa berjalan. Padahal, diatas tadi telah kita lihat bahwa tidak ada landasan apapun yang bisa kita lihat untuk bisa menyebutnya sebagai sebuah kripto.

7. Harapan listing Bursa Kripto Membabi-buta

exo-palsu-market

Listing di bursa kripto, adalah target akhir perjalanan dalam sebuah proyek altcoin baru. Tentu saja, dengan harapan yang begitu hebat dari shittcoin ExoCoin ini sungguh luar biasa. Karena mereka berusaha meyakinkan diri bahwa mereka bisa masuk di beberapa bursa kripto besar seperti yang di gambar itu. Padahal, saat tertanggal sekarang pun, sudah sepatutnya sudah masuk di bursa-bursa itu, seperti yang telah dituliskan pihaknya sendiri.

Lagi-lagi, hal tersebut hanyalah buaian semata, agar bisa memperoleh member yang lebih banyak. Umumnya, Shittcoin yang menggunakan dunia kripto sebagai kedok, tak lain hanya mengandalkan dari arus dana member baru saja, apapun pola yang digunakan.

Garis besarnya, berdasarkan beberapa hal yang mendasar  diatas, kita sudah bisa memastikan bahwa proyek kripto Exocoin ini hanyalah abal-abal semata. Berusaha mengelabui orang awam untuk mendulang keuntungan, baik dengan iming-iming profit, maupun program ICO yang digunakan. Tidak ada satupun yang bisa membuktikan bahwa ExoCoin adalah benar-benar kripto, melainkan hanya akal-akalan saja untuk menggaet member lebih banyak, dan menuai untung dari dana member tersebut.

Editor:
KOMENTAR

2 Komentar

  1. Gunawan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional