Home / News / Bitcoin / Sertifikat Akademis Dengan Blockchain
Sertifikat Akademis Dengan Blockchain
Holberton School of Software Engineering, memberikan lulusannya sertifikat akademis digital. Berbasis teknologi Blockchain Bitcoin

Sertifikat Akademis Dengan Blockchain

Kali Pertama – Sebuah Sertifikat Akademis dengan Blockchain

Satu dan pertama kalinya dalam institusi pendidikan, yang memberikan sertifikat akademis dengan blockchain. Institusi pendidikan tersebut adalah Holberton School of Software Engineering. Dengan cara ini, sertifikat tersebut dapat diakses melalui blockchain. Selain itu, keamanannya juga lebih baik. Hal ini tentu saja bukanlah menjadi sebuah alternatif pengambilan keputusan yang serta merta, tanpa diperhitungkan dulu sebelumnya.

medan-meetup

Holberton School, adalah pendidikan teknik software engineering. Pada sekolah tingkat atas ini akan ditempuh dalam waktu dua tahun, dan lebih spesifik dalam mempelajari teknik pembuatan software atau perangkat lunak yang lebih baik.

Holberton yang berlokasi di San Fransisco ini memberikan sertifikat akademis dengan blockchain, dilandasi pemikiran tentang kecanggihan public ledger yang makin marak diperbincangkan dewasa ini. Pada dasarnya, teknologi blockchain bisa juga diaplikasikan dalam hal, tidak hanya dalam cryptocurrency, dan industri keuangan saja. File dan dokumen juga bisa direkam dan tercatat dengan baik di dalam ledger layaknya blockchain dalam Bitcoin.

Holberton dalam mewujudkannya, telah bekerjasama dengan startup Bitproof. Bitproof ini adalah sebuah layanan yang secara spesifik memproses sertifikasi dokumen dalam blockchain dan menjaga keamanannya. Lebih jauh lagi, sertifikat blockchain secara khusus akan membuat lebih mudah bagi pengusaha dalam memverifikasi latar belakang calon karyawan. Dengan cara ini, akan bisa mengurangi jumlah resume palsu.

Pada blog Holberton School, dijelaskan bahwa masing-masing lulusan akan diberikan sertifikat fisik dalam media kertas seperti umumnya, dan juga Sertifikat Nomor Digital (DCN – Nomor Sertifikat Digital). Kemudian, lulusan sekolah ini juga dapat menyertakan nomor tersebut dalam CV mereka.

Ketika nomor tersebut disertakan dalam CV, maka para pencari tenaga kerja akan dapat dengan mudah mencari dan melihat langsung, serta memverifikasi tersebut. Hanya dengan memeriksa nomor tersebut di blockchain explorer yang sudah tersedia secara online.

Coordinator Pendiri Holberton School, Sylvain Kalache menganggap bahwa teknologi Blockchain akan bisa menjadi masa depan sertifikasi. Dan menganggap bahwa dalam beberapa tahun kedepan, akan banyak institusi pendidikan lainnya yang akan mengadopsi teknologi ini untuk mengamankan sertifikat lulusannya.

Cukup memungkinkan kedepannya, misalkan dokumen dan surat pernikahan, identitas kewarganegaraan, karya seni, surat tanah, dan juga Passport secara lebih transparan dan terekam dalam blockchain.

Jika hal itu terjadi, semua aset kekayaan, dan beberapa hal lain yang bersifat dokumen penting akan bisa terekam secara rapi, dan aman. Serta, bisa diakses secara publik. Alhasil, KPK pun tidak akan kesulitan dalam mengusut sejarah transaksi dan juga daftar kekayaan seseorang yang diduga melakukan korupsi. Namun, itupun jika mau melek teknologi dan melihat secara jauh terhadap teknologi ini.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *