Home / News / Bitcoin / Rekam Medis Berbasis Blockchain
rekam medis berbasis blockchain

Rekam Medis Berbasis Blockchain

Pertama Kalinya – Rekam Medis Berbasis Blockchain

Mungkinkah rekam medis berbasis blockchain? Jawabannya adalah sangat memungkinkan bisa dilakukan. Bahkan, sudah ada yang melakukannya. Estonian eHealth Foundation, bekerjasama dengan Guardtime mewujudkan hal itu. Mengembangkan rekam medis berbasis teknologi blockchain.

Estonian eHealth Foundation adalah sebuah yayasan kesehatan di Estonia. Berfungsi untuk mempromosikan dan mengembangkan sistem kesehatan menggunakan teknologi informasi. Yayasan Estonia tersebut juga menawarkan jasa pelayanan kesehatan yang berkualitas, sekaligus akses informasi kesehatan.

Sedangkan Guardtime, partner kerjasama eHealth Foundation didirikan sejak tahun 2007. Guardtime telah memiliki 100 tenaga ahli, baik di bidang kriptografi, security engineer, pengembang perangkat lunak, dan juga network architects yang membangun sistem keamanan di beberapa perusahaan.

Selain itu, Guardtime juga telah bekerjasama dengan pemerintah Estonia sejak tahun 2011 lalu. Kini negara Estonia berada di posisi terdepan. Karena telah membuat ribuan layanan pemerintahnya berbasis e-service.

Layanan teknologi Blockchain untuk industri ini juga memberikan teknologi Keyless Signature Infrastructure (KSI) pada platform pemerintah. Dalam hal ini melibatkan juga Estonian Information System Authority (RIA). Yakni Lembaga pemerintah Estonia bidang sistem dan informasi. Bertugas untuk mengkoordinasikan dan pengembangan administrasi sistem informasi dan menjaga keamanan informasi negara.

Sedangkan dalam kerjasamanya dengan eHealth Foundation, Guardtime bertugas untuk mengembangkan dan membuat sistem berbasis blockchain. Setelah itu, mendistribusikan ledger tersebut untuk bisa menghasilkan digital forensik berkualitas. Secara keseluruhan, bertujuan untuk bisa meningkatkan keamanan. Selain itu agar bisa lebih transparan, dan mampu memanagemen sistem rekam medis pasien.

Pihak yayasan eHealth menganggap cukup penting untuk membuat rekam medis dalam bentuk digital. Hal inilah yang menjadi Landasan mengembangkan sistem rekam medis berbasis teknologi blockchain. Dengan membuat rekam medis berbasis teknologi blockchain, akan membuat data tersebut menjadi lebih aman dan tidak dapat dirusak. EHealth juga menganggap teknologi blockchain untuk industri ini akan bisa melindungi data dari serangan para peretas. Dan juga kemungkinan akan hilangnya data.

Margus Auväärt, Kepala eHealth Foundation berpendapat, bahwa penggunaan teknologi ini akan lebih mempunyai kendali, secara kontinyu dapat mempertahankan integeritas data. Selain itu memungkinkan untuk bisa bertindak lebih cepat jika terjadi sesuatu hal, sebelum berpotensi menjadi kerusakan yang lebih besar.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

dunia medis

Blockchain Dalam Dunia Medis

Dunia Medis. David Raths menuliskan artikel tentang teknologi blockchain di healthcare-informatics.com, sebuah majalah kesehatan. Artikelnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *