Home / News / Bitcoin / Potensi Chain Split Bitcoin 1 Agustus Mendatang
Potensi Chain Split Bitcoin 1 Agustus

Potensi Chain Split Bitcoin 1 Agustus Mendatang

Potensi Chain Split Bitcoin  – Lakukan Hal-hal ini Segera

Potensi Chain Split. Bitcoin.org, sebuah situs asli yang dimiliki oleh Satoshi Nakamoto, dan sekarang dikelola untuk sebagai sumber informasi Bitcoin maupun rilis sotftware Bitcoin Baru, merilis himbauan tentang agenda di tanggal 1 Agustus 2017 mendatang.

medan-meetup

Himbauan yang dirilis sejak 12 Juli beberapa hari lalu adalah tentang beberapa hal yang mesti dipersiapkan oleh pengguna bitcoin. Terutama berkaitan dengan adanya potensi chain split bitcoin, seiring dengan adanya agenda aktivasi BIP148.

Pada Agustus nanti, pada dasarnya adalah runtutan dari Perdebatan tentang skalabilitas Bitcoin. Tentang hal ini, telah berlangsung sejak lama. Dan bisa jadi, dengan agenda Agustus nanti, akan menjadi sebuah momen besar dalam sejarah Bitcoin. Jika anda ingin mencoba memahami runtutan perdebatan Skalabilitas ini bisa dibaca disini:

Ada beberapa hal yang mesti pengguna Bitcoin siapkan, terutama jika nanti potensi chain split bitcoin benar-benar terjadi. Hal tersebut begitu penting untuk dilakukan, untuk tetap menjaga kepemilikan Bitcoin pengguna tetap aman sebagaimana mestinya.

Jika potensi chain split bitcoin terjadi, hal itu akan berdampak signifikan, terutama jika pengguna yang sejauh ini masih banyak menggunakan layanan wallet dari pihak ketiga, baik yang bersifat online wallet, exchanger, ataupun yang lain.

Lebih spesifik untuk pengguna bitcoin di Indonesia, ternyata masih banyak yang cukup kebingungan dengan agenda nanti. Terlebih sejauh ini, cukup banyak pengguna yang tidak memahami, bahwa menyimpan bitcoin di exchanger apapun, tidak akan pernah aman. Hal tersebut karena pengguna wallet di exchanger, tidak pernah mempunyai hak akses atas private key mereka, kecuali pemilik exchanger itu.

Menyimpan bitcoin di exchanger yang sifatnya masih terpusat seperti di exchanger VIP Bitcoin, Luno, Triv, atau exchanger lain di luar Indonesia, TIDAK AKAN PERNAH AMAN. Lebih detailnya, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan pengguna Bitcoin:

  1. Pindahkan seluruh bitcoin anda dari wallet exchange manapun, baik di Indonesia seperti VIP Bitcoin, Triv, Luno, atau exchanger di luar Indonesia seperti Bittrex, Poloniex, Yobit, dan lain-lainnya.
  2. Pastikan anda telah memindahkan bitcoin anda dari wallet exchanger / layanan wallet pihak ketiga lain jauh hari sebelum tanggal 1 Agustus 2017.
  3. Jangan melakukan transaksi apapun baik kirim bitcoin / menerima bitcoin pada 24 jam sebelum 1 Agustus hingga 24 jam setelah 1 Agustus 2017.
  4. Tetap simpan bitcoin anda pada wallet-wallet yang tidak memperkenankan anda untuk mempunyai akses atas private key anda, hingga kondisi jaringan benar-benar telah aman.

Berikut adalah beberapa rekomendasi wallet yang dapat anda pergunakan:

  • Bitcoin Core
  • Electrum
  • Mycelium
  • Samouray Wallet
  • Hardware Wallet

Pertanyaan seputar hal ini:

Tanya: Apakah semua bitcoin saya di exchanger harus dipindahkan semua?

Jawab: Jika anda ingin bitcoin anda aman nantinya, sebaiknya anda pindahkan ke wallet pribadi anda secepatnya!

Tanya: Mengapa saya harus memindahkan bitcoin saya dari exchanger atau wallet pihak ketiga lainnya?

Jawab:  Exchanger ataupun marketplace, bukanlah tempat yang aman untuk menyimpan bitcoin, karena anda tidak pernah punya hak akses atas private key wallet anda, kecuali pemilik exchanger saja. Sehingga anda tidak akan pernah punya kontrol apapun atas bitcoin anda. Itulah mengapa bitcoin anda akan cukup berpotensi lenyap jika anda menyimpan bitcoin di exchanger/marketplace.

Tanya: Wallet apa yang cukup aman untuk menyimpan bitcoin menghadapi 1 Agustus nanti?

Jawab: Bitcoin core, electrum, mycelium, Samouray Wallet, ataupun hardware wallet. Silahan search wallet-wallet tersebut, unduh, instal, bikin wallet baru disana, simpan private key anda baik-baik (sangat penting), lalu kirim bitcoin anda dari wallet exchanger kepada address wallet anda yang baru. Kemudian simpan hingga jaringan bitcoin benar-benar aman.

Tanya: Bagaimana jika saya memiliki sejumlah asset altcoin juga di exchanger? Apakah harus dipindahkan juga?

Jawab: Agenda 1 Agustus nanti hanya berlaku untuk Bitcoin, bukan untuk Altcoin. Namun, tentu anda akan berlaku jauh lebih tepat jika anda juga memindahkan kepemilikan altcoin anda kepada wallet-wallet pribadi anda sendiri, sesuai dengan tipe altcoin yang anda miliki.

Tanya: Kapan agenda 1 Agustus nanti akan berakhir dan benar-benar aman?

Jawab: sampai nanti proses tersebut benar-benar berjalan sukses, dan kondisi jaringan bitcoin benar-benar telah aman.

Tanya: Apakah saya harus mengkonversi kepemilikan bitcoin saya menjadi Altcoin saja?

Jawab: tidak perlu, yang anda perlu lakukan hanyalah memindahkan saja bitcoin anda kepada wallet pribadi anda, dengan hak akses penuh atas private key di wallet anda tersebut.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

3 comments

  1. bagaimana dengan harga bitcoin jika HF benar2 terjadi ?

  2. Abdullah Sarijan

    Mohon info. Di bitcoin.id kan juga ada nilai berbentuk IDR. Apakah tidak ada masalah dengan IDR yang ada di bitcoin.id

  3. Mau tanya kalo wallet blochain aman gak?
    Lalu knava jarang posting coin yg legit or no legit seperti kemarin fokus edr dan bcc..sekarng kn ada coin crytping bagamana analsisanya suhu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *