Home / News / Bitcoin / Perusahaan Asuransi China Ini Telah Gunakan Blockchain
Perusahaan Asuransi China Ini Telah Gunakan Blockchain

Perusahaan Asuransi China Ini Telah Gunakan Blockchain

Perusahaan Asuransi China Ini Telah Gunakan Blockchain – Minimalkan Hambatan dan Tingkatkan Efisiensi

Perusahaan Asuransi. Sebuah perusahaan asuransi online di China, ZhongAn Online Property & Casualty Insurance Co., Ltd, menjadi sebuah perusahaan asuransi online pertama yang menggunakan teknologi berbasis Teknologi dan informasi. Lewat ZhongAn Information and Technology Services Co. Ltd, penggunaan teknologi tersebut salah satunya adalah Blockchain, selain itu, mereka juga focus pada teknologi Artificial Intelligence, Cloud Computing, dan juga Data Driven.

medan-meetup

ZhongAan pertama kali berdiri pada tahun 2013. Didirikan oleh Ant Financial, Tencent dan Pin An. Saat itu, ZhongAn menjadi perusahaan asuransi online pertama di China. Dalam periode tiga tahun saja, perusahaan ini telah mampu mempunyai 460 juta nasabah. Setidaknya, telah berhasil mengeluarkan 5,8 miliar polis asuransi. Ditahun 2015 dan 2016, mereka bahkan berhasil menduduki posisi 5 besar Fintech Innovator oleh KPMG-H2.

Industri asuransi, memang telah menjadi tren positif sejak tahun 2015. Dari pantauan di cbinsights.com, ada lonjakan investor yang cukup signifikan dalam industry asuransi secara global. Sementara ZhongAn, menjadi perusahaan dengan total pendanaan terbesar. Jumlahnya mencapai 931 juta dolar (di tahun 2015).

Inovasi yang mengeksplorasi perkembangan teknologi kekinian tersebut memang menjadi rencana mereka. Dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan luar, misalnya saja untuk platform cloud computing, mereka bekerjasama dengan anlink.com.

Di dalam press rilisnya, Jin Chen selaku CEO ZhongAn mengatakan bahwa perusahannya yang berbasis berbasis internet akan menciptakan ekosistemnya sendiri. Mampu menyesuaikan keinginan klien. Selama ini, pihaknya telah membentuk dua pilar utama, yakni sebagai konektor dan stabilisator yang sama-sama berbasis pelanggan. Dengan inovasi baru ini, akan menciptakan pilar ketiga, berusaha membuatnya berada di garis depan dalam derasnya percepatan teknologi keuangan. Harapannya, mampu menjadi pendorong secara komersial.

Terkait dengan Blockchain, ZhongAn mengimplementasikan protokol blockchain Ethereum. Blockchain tersebut digunakan agar dapat memfasilitasi pertumbuhan ekosistem dalam dunia industry asuransi. Alasannya, platform berbasis blockchain dapat meningkatkan sisi keamanan. Mampu menghubungkan mitra bisnis dengan data yang berbasis blockchain. Selain itu, blockchain dapat mengurangi adanya hambatan, serta meningkatkan efisiensi proses kerja.

Kabarnya, ZhongAn Technology tidak hanya mencakup inovasi di bidang asuransi dan industry keuangan saja. Mereka bahkan tengah serius menyiapkan inovasi dalam manajemen asset, dan juga untuk bidang kesehatan.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *