Home / News / Bitcoin / OpenBazar Makin Booming
OpenBazar Makin Booming

OpenBazar Makin Booming

OpenBazar Makin Booming Karena Terus Berevolusi Dan Melakukan Pengembangan Kontinyu

OpenBazar Makin Booming. Marketplace desentralisasi ini, didirikan sejak bulan April 2015. Menggunakan nama OpenBazar karena memang dalam konsepnya, menjadi pasar terbuka yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Bahkan, dari seluruh penjuru dunia.

medan-meetup

Tentu saja, konsep pasar terbuka ini akan dapat memberikan keuntungan bagi siapa saja yang ingin memasarkan produknya secara lebih terbuka keseluruh dunia. Namun, hal inipun juga membawa implikasi. Banyak persepsi yang berkembang, bahwa nantinya akan menjadi silk road kedua. Namun, hal ini pun hanya dianggap sebagai sebuah phobia belaka.

Saat ini, OpenBazar telah banyak melakukan pengembangan. Pasar terbuka desentralisasi ini bahkan memiliki dua search engine. Keduanya adalah BazaarBay, dan juga Duo. Dari keterangan yang didapat dari Bravenewcoin menyebut bahwa BazaarBay telah mempunyai 300 node yang online, dari 27.000 layanan. Kabarnya, BazaarBay ini telah mengindeks lebih dari 16.000 produk. Jumlah inipun adalah jumlah kasarnya, karena cukup sulit untuk memeriksa item produk yang sama, ataupun juga item produk yang belum telah out to date.

bazaar hound
Bazaar Hound – Aplikasi Mobile yang bisa didapatkan di googleplay store.

Tidak hanya itu, Ada juga aplikasi mobile yang dapat dipergunakan untuk mencari list item dari perangkat smartphone ataupun android. Aplikasi mobile ini diberi nama BazaarHound. Sehingga antara penjual dan pembeli pun menjadi cukup dimudahkan pengoperasiannya saat mencari list item produk, ataupun memasarkan produknya.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu, sebuah yayasan pendidikan ekonomi (The Foundation for Economic Education – FEE) pernah membuat sebuah pelaporan mendalam tentang OpenBazaar ini. Pelaporan yang dibuat oleh yayasan tersebut adalah mengukur tingkat popularitas OpenBazaar. Bahkan, yayasan pendidikan ekonomi, FEE, juga telah membuka akun di pasar terbuka desentralisasi ini. Mereka membuka penjualan buku-buku ilmiah dan juga pakaian.

Rencana kedepannya, OpenBazaar juga akan mengembangkan wallet Bitcoin tersendiri. Karena openbazaar pembayaran di openbazaar menggunakan Bitcoin. Brian Hoffman, CEO OpenBazaar, memberikan informasi itu melalui akun twitter pribadinya. Pada akun twitter itu Brian Hoffman berkata, “Yes @openbazaar will have a full Bitcoin wallet in the next major release. #fact”.

Sementara itu, salah satu pendiri dan pengembang OpenBazaar, Washington Sanches menerangkan, “Secara keseluruhan tujuan OpenBazaar adalah untuk menjadi alternatif pengganti Shopify, eBay, ataupun Taobao… artinya akan dapat membuat listing ofline, order ofline, tool managemen shop, dan lainnya. Pada saat yang sama, kita juga berusaha untuk mampu mendorong dalam hal peningkatan privasi. Dalam kata lain, kita benar-benar sibuk!” terangnya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *