Home / News / Bitcoin / Negative Balance Bitcoin
negative balance bitcoin

Negative Balance Bitcoin

Negative Balance Bitcoin – Seperti Apa Sebenarnya?

Negative Balance Bitcoin. Mungkin ada yang pernah mendapati ada sebuah transaksi aneh yang ternyata justru pada address bitcoin tersebut, nampak tertera minus balance sejumlah btc. Fenomena ini, banyak disebut dengan Negative Balance.

medan-meetup

Sebenarnya, fenomena ini mulai muncul sejak awal Desember 2012. Tepatnya, sejumlah layanan penyedia wallet bitcoin ada bug. Padahal semestinya mampu menunjukkan jumlah posisi final balance pada akun wallet penggunanya secara tepat. Contoh negative balance tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

negative-balance

Pada gambar tersebut, tampak pada address itu, ada minus balance yang semestinya tidak demikian. Lalu apa yang menyebabkan sejumlah penyedia layanan wallet muncul bug tersebut? Pertama, kita perlu memahami ada berbagai jenis transaksi yang dapat dilakukan dengan bitcoin. Seperti escrow, multisig, greenaddress, maupun micro-payment. Anda dapat membaca lengkap di artikel ini: cara kerja aplikasi script bitcoin.

Nah, yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah yang berkaitan dengan fee transaksi. Di dalam struktur data transaksi bitcoin, sebenarnya tidaklah terdapat sebuah item khusus tentang fee transaksi. Mari kita coba melihat seperti apa struktur data pada sebuah transaksi bitcoin. Mari kita lihat gambar di bawah ini.

struktur data transaksi bitcoin
Strutur data transaksi (source: mastering bitcoin)

Seperti yang kita lihat diatas, fee transaksi bitcoin tidak tercantum disana, melainkan hanyalah input dan output saja. Bug yang muncul di sejumlah penyedia layanan wallet bitcoin, lebih banyak timbul lantaran hal ini. Sedangkan pada masa sekarang, telah banyak transaksi bitcoin yang telah menyertakan fee transaksi untuk para penambang.

Agar fee tersebut dapat dibaca oleh para penambang, maka pada sejumlah jenis transaksi bitcoin oleh sebagian besar penyedia layanan wallet yang ada sekarang, telah sebagian besar ditambahkan item tentang fee transaksi.  Secara umum, penerapan penambahan fee pada transaksi bitcoin, adalah sebagai berikut:

Fees = Sum(Inputs) – Sum(Outputs)

Penjelasannya adalah, untuk mengenal besaran fee dalam sebuah transaksi, adalah dengan mengurangi jumlah input dengan jumlah output. Dalam hal ini, penambang menangkap sisa selisih dari total input dikurangi total output tersebut sebagai fee untuknya. Namun sayangnya hal tersebut cukup membingungkan. Dan bagi pengembang yang berniat membuat transaksi sendiri juga riskan terjadi kesalahan yang mungkin tidak disengaja. Resikonya, mungkin keliru memberikan tip dengan jumlah yang cukup besar sebagai total inputnya.

Hal-hal penambahan item tentang fee tersebutlah yang menjadi penyebab adanya bug tersebut. Namun pada dasarnya bug yang muncul itu tidaklah berelasi dengan standar transaksi bitcoin, melainkan pada layanan wallet tersebut dengan penambahan item fee transaksi itu. Sehingga, pembenahan untuk bug tersebut, juga sudah semestinya dilakukan oleh pihak penyedia wallet, bukanlah pada core bitcoin. Beberapa layanan yang kerap muncul adanya bug ini adalah di blockchain.info, dan juga coinbase.

Kadangkala, pada saat transaksi masih belum terkonfirmasi, transaksi tersebut memunculkan negatif balance pada posisi final balance di address bitcoin. Contohnya seperti di bawah ini:

transaksi yang belum terkonfirmasi
Bug lain pada sebuah transaksi yang belum terkonfirmasi, membaca minus final balance

Pada transaksi yang masih berstatus belum terkonfirmasi ini, memungkinkan terjadi minus balance. Tapi jangan khawatir, negative balance bitcoin ini mungkin akan kembali ke posisi yang semestinya ketika transaksi tersebut telah terkonfirmasi. Selain itu, ada penjelasan lain yang lebih mendekati untuk menjelaskan hal ini. Kita ambil sebuah contoh transaksi lain sebagai berikut:

Address A : 1 btc
Address B : 0,03 btc
Maka total balance Ucil adalah 1,03 btc.

Lalu Ucil kirim ke Acil 0,03 btc dr address B dgn fee 0,001 Maka akan menjadi begini:
Address A : 1 btc:
Address B : -0,001 btc
Total balance wallet 0.999 btc.

Jadi, pada sebuah akun wallet, kita telah mengetahui bahwa memungkinkan seseorang mempunyai banyak address bitcoin. Nah, di beberapa layanan wallet, memungkinkan juga pada masing-masing address tersebut, untuk menampilkan posisi final balance sendiri-sendiri. Sehingga pada sebuah transaksi misalnya pada contoh diatas, memungkinkan terjadi negatif balance yang muncul. Padahal total ballance secara keseluruhan pada akun wallet tersebut, tentu tidaklah demikian.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *