Home / SCAM ALERT / Fakta Ponzi Edinar Yang Perlu Anda Ketahui
Fakta Ponzi Edinar

Fakta Ponzi Edinar Yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Ponzi Edinar Yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Ponzi Edinar. Beberapa waktu lalu, EB telah membuat artikel yang dapat membantu untuk lebih memudahkan bagaimana membedakan cryptocurrency sebenarnya, dan yang bukan. Namun nampaknya, masih tetap saja banyak orang yang masih belum begitu memahaminya. Terutama terkait dengan klaim cryptocurrency tertentu, dalam hal ini adalah edinarcoin.

Baca Juga: Cara Memastikan Crypto atau Bukan

Mari kita tengok lebih jauh, hal apa saja yang mendasari Edinarcoin bukanlah sebuah cryptocurrency, melainkan hanyalah Ponzi semata. Jadi, agar anda memahami hal-hal dasar tentang cryptocurrency, sebaiknya anda membekali diri dengan membaca artikel diatas terlebih dahulu.

Seperti yang kita coba terangkan sebelumnya, bahwa sebuah cryptocurrency, cukup didasarkan pada cabang ilmu kriptografi di dalam sistem yang digunakan. Hal ini, tentu diawali dengan munculnya Bitcoin yang mampu membuat terobosan sistem pembayaran tunai elektronik berbasis peer-to-peer oleh Sathosi Nakamoto.Hingga kemudian istilah Cryptocurrency, menjadi kian populer dan banyak diperbincangkan semenjak itu.

Satu faktor utama yang menjadi karakter pembeda cryptocurrency di era Bitcoin dan sesudahnya, adalah tentang Desentralisasi. Pemahaman dan stigma yang dilekatkan atas Bitcoin bagi sebagian besar pengadopsinya adalah sebagai mata uang digital berbasis kriptografi. Bitcoin mampu berjalan tanpa harus melalui instansi, otoritas keuangan manapun, atau juga lembaga apapun yang berfungsi sebaga sentralnya.

Tidak hanya itu, kehadiran Bitcoin, mampu membuka mata, bahwa ide tentang desentralisasi terhadap sistem pembayaran tunai elektronik ini, dapat diwujudkan dan bisa berjalan dengan baik. Segala macam hal tentang Bitcoin cukup transparant dan dapat dilihat sendiri oleh publik. Dalam hal ini saja, edinar sudah cukup mudah dikenali bukanlah sebuah cryptocurrency. Mari kita lihat secara lebih mendetail.

Edinar Desentralisasi?

Pada halaman FAQ di edinarcoin[dot]com, disebutkan bahwa decentralized cryptocurrency. Namun, kenyataannya sangatlah bertentangan. Kenyataannya, edinar hanyalah pre-mined saja, itupun jika kita haruslah menggunakan terminology ini didalam cryptocurrency.

Ketidakjelasan Spesifikasi

Berkaitan dengan hal ini, edinar sengaja banyak mengaburkan banyak hal. Beberapa karakter yang berkaitan dengan ini adalah:

  • Announcement

Perlu kita ketahui terlebih dahulu, bahwa, edinarcoin ini sebelumnya telah ada project serupa, atau mungkin bahwan sama dan dari orang yang sama pula, karena memang nama yang digunakan oleh scammer seringkali mirip dan memanfaatkan nama project sebelumnya. ย Beberapa project sebelumnya seperti, ย Educoin Vietnam (EDC), EDRC, dan juga steem, yang dijadikan tameng seolah menggunakan DOPS yang sama dari Bitshare.

Lantas, mulai muncullah announcement (disingkat ANT) Edinarcoin (EDR) pada forum cryptocurrency bitcointalk pada 15 Agustus 2016, oleh edcoinmaster dengan rank newbie. Pemberitahuan project crypto di forum ini, akan menjadi penilaian komunitas crypto tentang project baru tersebut. Dengan melihat berbagai macam hal yang ditawarkannya.

Dari announcement itu, hasilnya cukup negatif. Tentu saja, komunitas crypto cukup mudah untuk memberikan penilaian tersebut. Beberapa hal yang menjadi latar belakang penilaian negatif ini lebih jauh dijelaskan dibawah.

  • Source Code

Tidak Jelas. Source code yang dilampirkan pada announcement mereka tidak diketahui asal usul source code masternya. Dalam hal ini, pihak owner menduplikasi source code asalnya tanpa harus menyertakan sumber source code darimana mereka di cabangkan (forking). Pada github repository, jika sebuah source code melalui forking (membuat pengembangan cabang baru) pastilah akan menyertakan juga source code master aslinya.

Hal tersebut diatas mengingat, konsep edinar yang terlihat pada source code tersebut bukanlah hal yang baru, alias telah ada sebelumnya. Hal tersebut hanyalah copy paste saja dari Bitshare dengan konsep yang hampir mirip dengan pola Steem yang menggunakan DPOS.

Karena hanya hasil copy paste, dengan memodifikasi nama dan beberapa hal kecil lain, itulah mengapa edinarcoin tidak menyertakan source code mereka pada halaman situs utama mereka. Disamping itu, semestinya, source code itu juga diiringi dengan penjelasan konsep yang dituliskan dalam whitepaper. Sehingga, orang dapat memadukan konsep secara langsung berdasarkan source code yang dirilisnya. Dalam hal ini, source code edinar sudah dapat diketahui cukuplah meragukan.

  • Whitepaper

Tidak Ada. Seperti yang dijelaskan tentang source code, bahwa whitepaper ini berfungsi menjelaskan detail konsep project cryptocurrency baru. Penjelasan detail pada whitepaper ini, nantinya dapat dilihat dan dipadukan bersama dengan code yang dirilisnya. Tanpa hal ini, maka mustahil dapat diketahui kebenaran code dengan konsep yang diperkenalkan. Edinar lagi-lagi gagal dalam hal ini.

  • Total Supply

Total Supply adalah sebagai total mekanisme distribusi, dan juga berfungsi sebagai landasan ekonomi cryptocurrency. Umumnya, Cryptocurrency justru membatasi total supply dengan tujuan untuk membawa image komoditas emas dan perak yang juga terbatas, ke dalam wujud digital.

Edinar justru sebaliknya, total supply begitu luar biasa besar, berjumlah 999.000.000.000.000 (999 trilyun). Padahal, Bitcoin saja total supply hanya 21 juta. Jumlah tersebut dianggap sudah cukup banyak, hal itu karena satuan unit bitcoin ada 8 digit. Dalam hal ini, edinar cukup tidak berdasarkan pertimbangan ekonomi yang matang. Bahkan jauh lebih dekat dikatakan โ€œNgawurโ€. Pembatasan jumlah total supply diharapkan cryptocurrency akan lebih tahan terhadap inflasi. Karena semakin banyak uang yang beredar, maka tentu berpotensi terhadap inflasi.

  • Algoritma

Dijelaskan di announcement mereka, bahwa edinar menggunakan X11. Bagaimana dapat kita lihat bahwa edinar benar-benar menggunakan ini? Jika edinar sepenuhnya murni pre-mined (seluruh unit edinar telah ditambang oleh owner).

  • Rentang waktu Block baru

Edinar, block baru tercipta setiap 5 detik. Tentu saja, dengan rata-rata yang terlalu cepat ini, memperbesar pula jumlah supply. Namun sayangnya, lagi-lagi edinar gagal membuktikan hal ini. Coba saja kita tengok pada coinmarketcap. Semestinya, total available supply terus bertambah banyak setiap 5 detik. Hal itu karena rata-rata block baru tercipta setiap rata-rata 5 detik.

Available supply edinar
Available supply edinar tidak pernah bertambah, semestinya bertambah setiap 5 detik
  • Block exploler

Salah satu cara yang paling mudah untuk melihat visualisasi blockchain, adalah dengan melihat block exploler. Block exploler ini, memuat segala informasi berkaitan dengan blockchain yang digunakan. Melihat kesesuaian antara source code, block tercipta, total supply yang beredar saat ini, pencatatan transaksi yang terjadi, node, dan segala halnya.

Dalam hal ini, edinar lagi-lagi gagal memberikan block exploler yang transparan, berkaitan dengan keabsahan source code dan juga semua yang berkaitan dengannya. Setelah EB menengok blockexploler mereka, ternyata ada beberapa hal yang ajaib terjadi.

Ada beberapa block yang hilang dan meloncat terjadi. Semestinya, pada block exploler, akan mencatat keseluruhan block yang tercipta setiap target rentang waktu block baru. Jika edinar rata-rata waktunya adalah 5 detik, maka block baru tercipta dan tercatat juga dalam rata-rata 5 detik tersebut. Block-block baru itu, akan tercatat dan tervisualisasi secara runtut pada blockexploler juga.

Saat melihat block exploler edinar, ada block yang hilang entah siapa yang mengambilnya ๐Ÿ˜€ pada saat itu, EB sempat capture keanehan tersebut. Anda dapat melihat beberapa keanehan itu pada gambar dibawah ini.

edinar blockexploler
Ada block yang hilang, yakni block #3,091,118 – #3,091,138, lalu pada block #3,091,140 – #3,091,145, dan juga block #3,091,146 – #3,091,150. Semestinya, block baru itu runtut.

Jikalau memang benar, Edinar menggunakan DPOS (delegated proof of stake), seperti yang digunakan pada Steem, maka itu didasarkan pada mekanismya yang seperti apa? Ketidakjelasan inilah yang membuktikan bahwa edinar bukanlah crypto, karena memang tidak bisa membuktikannya sendiri.

Jika kita menilik pola DPOS pada Steem, hal itu dijelaskan dengan detail mekanismenya. DPOS tersebut didistribusikan dalam mekanisme Steem Dolar kepada conten creator, dan juga para witnesses di steemit. Dalam hal ini, semua hal yang berkaitan dengan sistem DPOS Steem, juga dapat divisualisasikan dengan baik pada block exploler Steem. Begitupun juga siapa saja witnesses steem dapat diketahui secara detail, dan transparan juga. Semua orang dapat berpartisipasi menjadi witnesses.

Dengan pola DPOS, witnesses yang transparan, terbuka untuk publik, membuka ruang yang mendekati desentralisasi. Hal ini cukup berbeda jauh dengan edinar. DPOS yang digunakan ibarat omong kosong belaka. Coba anda bandingkan sendiri bagaimana block exploler dan transparansi witnesses Steem dengan edinar.

block exploler steem
block exploler steem, cukup transparan
witnesses steem
witnesses steem juga cukup transparan, semua dapat berpartisipasi.
  • Pool

Tidak Jelas. JIka pada coinmarketcap dijelaskan bahwa edinar mineble, maka sudah sepatutnya juga ada informasi jelas tentang pool ini. Nampaknya, edinar hanyalah murni pre-mined (jika kita harus menggunakan istilah ini dalam cryptocurrency).

  • Roadmap

Tidak jelas. Sejauh ini, dalam pemahaman mereka, roadmap adalah gemar menggelar konverensi untuk menjaring korban-korban baru. Umumnya bagi mereka yang cukup awam tentang cryptocurrency. Metode semacam ini, acapkali dipakai untuk MLM dan sejenisnya.

  • Developer

Tidak Jelas.ย  Tidak ada kejelasan tentang siapa developer mereka. Begitupun juga pada saat announcement pertama mereka di forum bitcointalk. Hanya rank newbie, yang banyak dilakukan oleh para scammer untuk menyamarkan identitasnya. Orang-orang developer mempunyai nilai trust tinggi, yang dapat dijadikan penilaian masyarakat cryptocurrency.

  • Market

Ada market namun terlihat seperti ada kong kalikong dengan market tersebut. Beberapa market juga adalah dari pihak edinar sendiri. Satu market yang sering digembar-gemborkan adalah karena edinar telah masuk di Yobit[dot]net. Padahal, market ini telah banyak dan umum diketahui dengan latarbelakangnya yang cukup negatif.

Marketing Plan Berskema Ponzi

Dalam kaitan dengan hal ini saja, edinar cukup kental dan terlihat jelas. Tidak lain, metode ini haruslah digunakan untuk dapat menarik member sebanyak-banyaknya dan mendapat keuntungan, atas Shittcoin mereka. Seperti yang bisa kita lihat sendiri pada situs mereka, cukup banyak tawaran bonus yang diberikan untuk menjaring member baru. Cryptocurrency yang sebenarnya, tidak ada keuntungan yang konstan seperti yang digemborkan oleh edinar. Hal semacam ini hanyalah omong kosong saja.

Latar Belakang Orang MMM

Yang lebih mengokohkan pandangan tentang praktek ponzi edinar ini adalah, bahwa ada orang-orang dibelakang edinar, yang berasal dari MMM. Tentu saja, hal semacam ini cukup menguatkan persepsi praktek ponzi edinar. Maka komplitlah sudah semua fakta ponzi edinar ini. Dan keseluruhannya menjadi tak terbantahkan.

Baca Juga: Scammer Di balik Edinar

Dengan paparan fakta ponzi edinar inilah, menjadi latar belakangnya, mampu menjelaskan mengapa edinar bukanlah cryptocurrency, melainkan hanyalah ponzi semata. Jadi, sebaiknya anda, dan orang-orang terdekat anda haruslah mulai berhati-hati atas tawaran palsu ini. Tidak ada apapun di dalam edinar selain ponzi.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Scammer Dibalik Edinar

Scammer Dibalik Edinar

Scammer Dibalik Edinar โ€“ Bersembunyi Dibalik CWT Scammer Dibalik Edinar. Kenyataan tentang derasnya era ShittCoin …

33 comments

  1. Kalau tidak tahu fakta yang sebenarnya jangan bicara sok tau fakta min.
    Anda baru melihat sekilas sudah berani bicara fakta. padahal tidak semua fakta yang anda sebutkan itu benar. anda jangan membohongi dan mempengaruhi opini publik.
    anda menilai sesuatu berdasarkan ilmu pengetahuan anda tentang teknologi tahun 2009. ini udah 2017 min, teknologi selalu memperbarui dan lebih baik.

    anda bilang fakta kalo whitepaper tidak ada, toh faktanya ada.
    tapi ya gimana mau tau, anda lihatnya sekilas sih.
    jangan mengukur sepatu orang dengan kaki anda min.
    jangan mengukur coin lain dengan bitcoin.
    wassalam

    • baik, lantas bagaimana fakta edinar menurut anda? ๐Ÿ˜€

      whitepaper yg barusan dibuat itupun nampak seperti berusaha mengelabuhi lagi, agar bisa diterima sebagai crypto. Sayangnya, kenapa whitepaper itu tidak menjelaskan secara terperinci, sesuai dengan source code yg tidak jelas itu ๐Ÿ˜€ terlebih tentang witness yg mereka gunakan, bagaimana model DPOS mereka, berdasarkan apa DPOS tersebut, dan lain sebagainya. Whitepaper kog macam itu brur ๐Ÿ˜€ itu nampak seperti advertorial ๐Ÿ˜€

      sepertinya anda lebih paham tentang fakta edinar, coba anda ceritakan bagaimana menurut kacamata anda, nanti kita diskusikan lebih lanjut, sepertinya bakal menantang nih ๐Ÿ˜€

    • Halo fauzi .. Kalau mau bicara fakta .
      Saat ini fakta nya banyak member yg dirugikan n di tipu mentah2 sama si muratov…slamet riyadi dkk … kalau anda merasa d untungkan berarti keuntungan anda dari kerugian kami member2 baru edinar …. wew … !!!!!!

    • @Fauzi, sepertinya anda di posisi atas piramida dalam perekrutan member E-Dinar coin ya?
      cukup dilihat saja disini : https://coinmarketcap.com/currencies/e-dinar-coin/
      Dua kemungkinan yang akan terjadi pada E-Dinar coin: Nilainya akan mendekati Nol Rupiah dan/atau ID user akan di Banned.
      Selamat jalan E-Dinar coin….

  2. Mungkin dinilai sebagai ponzi karena E-Dinar memakai sistem jaringan untuk penyebarannya
    Mungkin ADMIN memeaparkan PONZI itu apa
    karena kita hidup di era sekarang begitu banyak ponzi yang beredar
    Ada ponzi tanpa ijin
    ada ponzi berijin
    ada ponzi berkedok

    Kalo ADMIN Cerdas mohon dijelaskan masing2 ponzi yang sy sebutkan itu
    Semua bisnis ada BAIK dan BURUK
    BEtul gak???

    Mungkin statement admin ini menjelekan E-Dinar karena lagi mendukung salah satu BO

    • Yang namanya ponzi ya akan ttp ponzi pak, mau yg pk kedok apapun jg, punya badan usaha atau tidak, berbentuk perusahaan atau tidak.

      edukasibitcoin tidak berkepentingan atas BO apapun. Dan tidak jg terlibat aksi dukung mendukung pasangan calon BO ๐Ÿ˜€

    • Semua pandangan yg tertuliskan disini, adalah berdasarkan fakta-faktayg ada, dilihat dari apa itu cryptocurrency sebenarnya, bagaimana cryptocurrency bekerja. Silahkan sj dipelajari.

      • Intinya Praktek Skema Ponzi Pasti Akan Menimbulkan Korban Terutama Endingnya Makanya Di Negara Maju Skema Ini Sangat Dilarang. Indonesia Saja Yang Kebanyakan Pemainnya Cuma Budaya Ngikut Trend Saja, Tanpa Mau Belajar Memahami / Mempelajari Terlebih Dahulu. Dan Satu Hal Lagi Kenapa PONZI Gak Ada Matinya, Karena Yang Ada Di Otak Upline nya Cuma Orientasi Bonus Semata

  3. Yth Admin,

    Terimakasih atas pencerahannya, karena tidak banyak yang bisa menyelidiki tentang apa dan bagaimana ciri2 cryptocurrency yang mendekati sempurna. Kami tunggu ulasan semua yang mengaku cryptocurrency yang terdaftar di coinmarketcap.com. Hingga saat ini, menurut admin yang sangat meragukan kebenaran cryptocurrency atau bukan apa saja ya? dan apa saja yang sudah meyakinkan benar2 cryptocurrency, agar kami para trader cryptocurrency tidak salah pilih.

    terimakasih.
    adi

    • Sama sama bro…
      Kl tentng crypto apa saja yg hny kedok saja, memang tidak terlalu banyak yg diulas. Tp agan bs menilai sendiri kog, dgn melihat karakter2 crypto.

      Paling gampangnya, carilah sj crypto yg bisa ditambang sendiri, oleh publik. Krn itu adalah elemen yg penting. Hal-hal lainnya baru mengarah ke sampai dimana crypto baru itu cukup prospek atau tidak.

  4. Bagus banget ulasannya, salut salut buat admin.
    Jika saja ada forum yang bisa mewadahi diskusi antara admin dengan pihak yang mengembor2kan edinar, saya yakin mereka tertunduk karena apa yang disampaikan oleh admin adalah hal yang bahkan mereka sendiri nggak ngerti.
    Lanjutkan admin, saya selalu rindu dengan ulasan hebat anda.

  5. Tulisaan anda sangat bermanfaat bagi yang lain .
    Edinarcoin sudah nyata2 merugikan banyak orang .
    saya sendiri sedang menunggu nasib pengembalian uang saya dengan janji konversi pembelian coin di kingdomexchanger.com yg hingga saat ini belum ada kejelasan …
    pada saat saya beli di harga 13400 per coin dan menjanjikan fix rate untuk jual belinya … namun secara tiba2 Kingdomexchanger.com mengubah harga jualbelinya dengan harga market(yobit.net) yg saat ini harga nya sekitar 4000 per coin
    bagi yang sudah join bisnis ini jgn cari krban yg lain … cukup sudah … jangan ada korban lain lagi

  6. Mungkin admin punya blog ato grup khusus para investor etherium d indonesia.
    Q minat dgn etherium, tp susah cari informasi.
    Mohon bantuannya.
    Ato siapapun klo ad info ttg etherium bs hub WA sya.
    085733337987

  7. Mencari pencerahan

  8. Maaf min, saya newbie. Baru ikut bisnis chrypto… Kalo edinar bohong kenapa kog bisa masuk du market global?

    • market global itu market yg mana? kl yobit, livecoin… pada akhirnya jg setelah tau bagaimana borok edinar, mereka akhirnya juga mulai menjauhinya. lihat sendiri bagaimana kondisinya di yobit… di livecoin jg sama.Lalu sekarang edinar mulai bikin drama lanjutan, dengan bikin exchanger sendiri. satu-satunya cara untuk dapat mengelabuhi user dan makan korban user ya bikin exchanger sendiri… jd owner makin berkuasa penuh…. jd nanti user justru makin tak ada jalan lain lagi. makin sengsara usernya…. itupun kl user masih mau gunakan akal sehatnya.

  9. Edinar itu buatan orang mana ya? Klo bitcoin orang jepang ya?

  10. udah jangan mau beli edinar coin, gw lost 1000 koin, kagak bisa di transfer atau pun di wd lagi… padahal cuma buat 2 akun aja masa langsung ke banned, diaturan nya 1IP untuk 2 akun. admin ditanya juga ga bisa bantu parah memang ini koin… yang expert sama edinar tolong donk sharing gimana cara akun bisa di buka lagi…

  11. ulasan mimin mendekati kebenaran,
    salut juga… sekarang harga edr makin tajam kebawah… para member pada mulai belingsatan, hehehe… termasuk saya, walau masih rugi kecil tapi ya lumayanlah. hitung2 mencari kebenaran bisnis cryptocorrency..

  12. Terima kasih admin yang sudah memberikan ulasan buat salah satu cryptocurrency terbaik tahun ini, edinarcoin,..semoga pengembang edinarcoin dapat lebih menyempurnakan hal-hal yg masih meragukan tersebut. Yang pasti edinar sudah memberikan perbaikan penghasilan bagi saya dan banyak member lainnya, baik dari bonus harian maupun dari profit trading di bursa cryptocurrency. Saya secara pribadi tidak hanya mengkoleksi satu jenis crypto saja..yg jelas Bitcoin pasti ada dong, hehe.
    Akhirnya apapun itu namanya kalau orang masih menganggap sesuatu itu ada harganya tidak jadi masalah, pasir sekalipun kalau semua menganggap sangat berharga maka akan mahal harganya.

  13. Mantap ulasannya admin, semoga menjadi pencerahan bagi seluruh pemburu coin instan..saran saya mah mending nambang dari miner aja jauh lebih safety walau juga ada resikonya pasti, tapi minimal kita tau bagaimana memanage resiko tadi.

  14. Edinar hargany cm 500 perak?

  15. Terimaksih ya infonya. Kebetulan saya baru mengenal crypto dan lagi cari cari infonya.
    Sempat tertarik dengab edinarcoin, untung ketemu web ini.
    Makasih ya infonya
    Sangat bermanfaat sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *