Home / News / Cryptocurrency Lain / Cara Menggunakan Ethereum Wallet
Cara Menggunakan Ethereum Wallet

Cara Menggunakan Ethereum Wallet

Bagaimana Cara Menggunakan Ethereum Wallet Pertama Kali

Cara Menggunakan Ethereum Wallet. Jika anda belum mempunyai wallet ethereum, anda bisa memakai wallet ethereum ini. Fungsi ethereum wallet ini, seperti menjalankan full node di Bitcoin. Dan bisa juga digunakan untuk menambang.

medan-meetup

Jika anda berniat menjalankan ethereum ini agar bisa untuk melakukan pertambangan, yang pertama anda lakukan setelah menginstallnya harus melakukan synchronisasi terlebih dahulu. Jika tidak, maka anda tidak akan mendapatkan reward 5 ethereum sebagai imbalannya.

Jadi sekali lagi, menambang dengan menggunakan wallet ini, proses synchronisasi harus selesai terlebih dahulu. Dan prosesnya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Tergantung pada berapa banyak blok yang sudah tercipta dari awal blok ethereum hingga saat ini. Kurang lebih pada tanggal 18 Mei 2016, total blok ethereum sudah mencapai 962.975 total blocks. Jumlah blok tersebut, akan membutuhkan waktu syncrhonisasi selama berhari-hari.

Untuk mengecek berapa blok ethereum saat ini, bisa dilihat disini: Ethereum Blok Tesnet

Pada wallet Ethereum ini, ada dua file utama yang sudah dimasukkan di dalamnya. Dan dua file ini cukup penting, sebagai data transaksi keseluruhan blok, di sebut dengan geth, dan sebagai aplikasi client disebut dangan Eth. Sehingga, untuk melakukan pertambangan mandiri (solo), maka node di dalam jaringan akan membutuhkkan file geth tersebut untuk melakukan synchronisasi terlebih dahulu.

Namun jika pertambangan dilakukan melalui pool, tetap dilakukan synchronisasi, hanya saja, tugas itu telah dilakukan oleh pool itu. Sehingga peserta pertambangan di pool tidak memerlukannya karena sudah diwakili oleh simpul node di dalam pool tersebut. Nah, jadi sudah jelas ya tentang kedua istilah itu.

Mari kita lanjutkan bagaimana cara menggunakan wallet ethereum ini. Lakukan langkah-langkah dibawah ini secara berurutan:

  1. Download wallet ethereum versi 0.7.4 secara gratis ini di sini:

Windows-32 Windows-64 Linux-32 Linux-64 Macosx

  1. Ekstrak file zip tadi tersebut di komputer anda
  2. Jika telah selesai, jalankan file Ethereum-Wallet.
  3. Akan Muncul Jendela synchronisasi blok di blockchain. Inilah yang menjadi syarat utama yang harus dilakukan ketika anda berniat untuk bisa menggunakan wallet ini untuk juga digunakan menambang. Jika memang anda tidak berniat melakukan pertambangan, dan hanya menggunakannya sebagai wallet saja, anda hanya cukup menekan SKIP PEER SEARCH. Dan wallet ethereum akan masuk ke interface aplikasi wallet.eth-sync
    5. Jika sudah masuk di wallet, anda bisa membuat address baru. Dan setelah membuat address baru, wallet pun sudah bisa digunakan seperti wallet pada umumnya di Bitcoin.

eth6

  1. Untuk melakukan transaksi, hanya cukup menekan tombol SEND, masukkan address penerima, berapa jumlah ether yang akan dikirim, lalu tentukan biaya transaksi. Selanjutnya terakhir tinggal klik tombol SEND yang terletak di bagian bawah.eth7eth8
  2. Jika yang ingin juga melakukan pertambangan, juga bisa dilakukan di wallet ini. DENGAN CATATAN: PROSES SYNCHRONISASI TADI HARUS SUDAH SELESAI. Jika telah dilakukan dan proses synchronisasi berhasil sepenuhnya, maka pertambangan bisa dilakukan. Klik menu Developer, dan rubah ke jaringan Tesnet untuk bisa melakukan pertambangan dengan wallet ini.eth9
  3. Lalu untuk memulai menambang, setelah jaringan dirubah di Tesnet, selanjutnya tinggal klik CTRL+M. Atau dengan menekan menu Develope > Start Mining. Untuk menghentikan menambang, klik Stop di menu yang sama.eth10

Nah, keseluruhan proses cara menggunakan wallet ethereum pun sudah bisa anda lakukan. Baik menggunakan Bitcoin Wallet seperti wallet pada umumnya, ataupun untuk melakukan pertambangan solo mining di wallet ini. Jika anda ingin bisa menambang solo mining atau pool mining tanpa menggunakan wallet ini, bisa disimak di sini: Cara Menambang Ethereum Di Windows.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

22 comments

  1. Bro, untuk online wallet ETH rekomendasi apa nih?
    males yang instalasi mah nunggu geth nya -_-

  2. gan mining pake notebook itu bisa ga sih ?

  3. start mining/ctrl+M itu pakai gpu apa cpu?

  4. arman anju grilfret

    gan, untuk laptop toshiba yang core i3 bisa ngak? atau kuat tidak?

    thnks

  5. arman anju gilfreddi

    gan, kok saya sudah sampai install di block trakhir, tapi kok malah ngitung balik lagi lagi ya dari (0) itu kenapa ya gan?

    thankss

  6. siang gan…mau tanya saya… baru install wallet ethereum tp blm di syncronisasi. apa masih bisa di syncronisasi ulang, jika buat menambang. bagaimana caranya untuk synchronisasi ulangnya? makasih.

  7. Download wallet ethereum dmn gan?
    Minta link nya dong

  8. Gan, emang beneran bisa dapat 5.0 ETH setelah selesai sinkronisasi saja? atau harus menambang dulu baru ada punya ETH di wallet kita? mohon pencerahannya

  9. Nugraha Rachamtullah

    gan untuk pemilihan wallet bitcoins bagus nya pake apa ya yg bisa dipake kedepan nya buat maining bitcons??
    vip.bitcoin.co.id ato pake Ethereum-Wallet.
    mohon recomen yg mana gan ????

  10. Kalau misalnya kita sudah punya wallet di bitcoin.co.id
    Trus kita cmn mau pake ini untuk pertambangan aja jdi nanti hasil yg masuk ke walletnya bisa di pindahkan ke wallet kita yg di bitcoin.co.id gk ?

  11. cara lihat private key dimana ya?
    saya cari gak ada

  12. Mohon infonya bang EB, gimana caranya pindah data wallet ini semula di appdata di pindah ke drive lain,

  13. gan, gmn cara pay out nya setelah punya eth?

  14. gan saya punya 2 addres wallet ETH yaitu di bitcoin dan dan myethereiumwallet.com, bedanya apa ya dari 2 alamat wallet tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *