Menu

Cara Menggunakan Ethereum Wallet

  Dibaca : 170 kali
Cara Menggunakan Ethereum Wallet

Bagaimana Cara Menggunakan Ethereum Wallet Pertama Kali

Cara Menggunakan Ethereum Wallet. Jika anda belum mempunyai wallet ethereum, anda bisa memakai wallet ethereum ini. Fungsi ethereum wallet ini, seperti menjalankan full node di Bitcoin. Dan bisa juga digunakan untuk menambang.

Jika anda berniat menjalankan ethereum ini agar bisa untuk melakukan pertambangan, yang pertama anda lakukan setelah menginstallnya harus melakukan synchronisasi terlebih dahulu. Jika tidak, maka anda tidak akan mendapatkan reward 5 ethereum sebagai imbalannya.

Jadi sekali lagi, menambang dengan menggunakan wallet ini, proses synchronisasi harus selesai terlebih dahulu. Dan prosesnya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Tergantung pada berapa banyak blok yang sudah tercipta dari awal blok ethereum hingga saat ini. Kurang lebih pada tanggal 18 Mei 2016, total blok ethereum sudah mencapai 962.975 total blocks. Jumlah blok tersebut, akan membutuhkan waktu syncrhonisasi selama berhari-hari.

Untuk mengecek berapa blok ethereum saat ini, bisa dilihat disini: Ethereum Blok Tesnet

Pada wallet Ethereum ini, ada dua file utama yang sudah dimasukkan di dalamnya. Dan dua file ini cukup penting, sebagai data transaksi keseluruhan blok, di sebut dengan geth, dan sebagai aplikasi client disebut dangan Eth. Sehingga, untuk melakukan pertambangan mandiri (solo), maka node di dalam jaringan akan membutuhkkan file geth tersebut untuk melakukan synchronisasi terlebih dahulu.

Namun jika pertambangan dilakukan melalui pool, tetap dilakukan synchronisasi, hanya saja, tugas itu telah dilakukan oleh pool itu. Sehingga peserta pertambangan di pool tidak memerlukannya karena sudah diwakili oleh simpul node di dalam pool tersebut. Nah, jadi sudah jelas ya tentang kedua istilah itu.

Mari kita lanjutkan bagaimana cara menggunakan wallet ethereum ini. Lakukan langkah-langkah dibawah ini secara berurutan:

  1. Download wallet ethereum versi 0.7.4 secara gratis ini di sini:

Windows-32 Windows-64 Linux-32 Linux-64 Macosx

  1. Ekstrak file zip tadi tersebut di komputer anda
  2. Jika telah selesai, jalankan file Ethereum-Wallet.
  3. Akan Muncul Jendela synchronisasi blok di blockchain. Inilah yang menjadi syarat utama yang harus dilakukan ketika anda berniat untuk bisa menggunakan wallet ini untuk juga digunakan menambang. Jika memang anda tidak berniat melakukan pertambangan, dan hanya menggunakannya sebagai wallet saja, anda hanya cukup menekan SKIP PEER SEARCH. Dan wallet ethereum akan masuk ke interface aplikasi wallet.eth-sync
    5. Jika sudah masuk di wallet, anda bisa membuat address baru. Dan setelah membuat address baru, wallet pun sudah bisa digunakan seperti wallet pada umumnya di Bitcoin.

eth6

  1. Untuk melakukan transaksi, hanya cukup menekan tombol SEND, masukkan address penerima, berapa jumlah ether yang akan dikirim, lalu tentukan biaya transaksi. Selanjutnya terakhir tinggal klik tombol SEND yang terletak di bagian bawah.eth7eth8
  2. Jika yang ingin juga melakukan pertambangan, juga bisa dilakukan di wallet ini. DENGAN CATATAN: PROSES SYNCHRONISASI TADI HARUS SUDAH SELESAI. Jika telah dilakukan dan proses synchronisasi berhasil sepenuhnya, maka pertambangan bisa dilakukan. Klik menu Developer, dan rubah ke jaringan Tesnet untuk bisa melakukan pertambangan dengan wallet ini.eth9
  3. Lalu untuk memulai menambang, setelah jaringan dirubah di Tesnet, selanjutnya tinggal klik CTRL+M. Atau dengan menekan menu Develope > Start Mining. Untuk menghentikan menambang, klik Stop di menu yang sama.eth10

Nah, keseluruhan proses cara menggunakan wallet ethereum pun sudah bisa anda lakukan. Baik menggunakan Bitcoin Wallet seperti wallet pada umumnya, ataupun untuk melakukan pertambangan solo mining di wallet ini. Jika anda ingin bisa menambang solo mining atau pool mining tanpa menggunakan wallet ini, bisa disimak di sini: Cara Menambang Ethereum Di Windows.

KOMENTAR

25 Komentar

  1. Fitrah Ali Yusuf Abdillah Selasa, 2 Agustus 2016
  2. Rosalina Selasa, 9 Agustus 2016
    • Edukasi Bitcoin Selasa, 16 Agustus 2016
  3. kerees Ahad, 2 Oktober 2016
  4. arman anju grilfret Rabu, 2 November 2016
    • Edukasi Bitcoin Sabtu, 5 November 2016
      • arman anju gilfreddi Senin, 7 November 2016
  5. arman anju gilfreddi Senin, 7 November 2016
  6. kojex Selasa, 7 Februari 2017
    • Edukasi Bitcoin Kamis, 9 Februari 2017
  7. Nowo Jumat, 14 April 2017
  8. Kiki Setiawan Kamis, 1 Juni 2017
  9. Nugraha Rachamtullah Senin, 12 Juni 2017
    • Edukasi Bitcoin Senin, 12 Juni 2017
  10. Wellson theja Kamis, 15 Juni 2017
  11. meda candra Jumat, 30 Juni 2017
  12. Albaab Ahad, 2 Juli 2017
  13. ydj Ahad, 6 Agustus 2017
  14. macgyver Sabtu, 28 Oktober 2017
  15. Hilmy Sabtu, 13 Januari 2018
  16. Indrya palilingan Sabtu, 3 Februari 2018
    • adi Selasa, 6 Februari 2018

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional