Home / SCAM ALERT / Bruce Fenton Nilai Onecoin Berbahaya
bruce fenton

Bruce Fenton Nilai Onecoin Berbahaya

Bruce Fenton Nilai Onecoin Berbahaya – Minta Penegak Hukum Agar Investigasi Lebih Lanjut

Bruce Fenton. Direktur Eksekutif Bitcoin Foundation, Bruce Fenton, mulai angkat bicara tentang potensi bahaya laten Ponzi Onecoin. Ia bahkan menuliskan sebuah petisi. Dalam petisi itu, mengajak seluruh komunitas bitcoin untuk bersama-sama memberikan pernyataan bahwa memang Ponzi Onecoin cukup berbahaya dan akan memakan korban. Selanjutnya, meminta para penegak hukum dimanapun juga untuk mulai menginvestigasi praktek Onecoin.

medan-meetup

Bruce Fenton menilai pola yang digunakan Onecoin adalah cara scammer klasik yang dipakai untuk menipu orang awam dengan menggunakan kata “Cryptocurrency”. Padahal Onecoin bukanlah Cryptocurrency.

Menurut Fenton, beberapa hal yang menjadi landasan mengapa Onecoin bukanlah Cryptocurrency adalah:

  • Memberikan janji imbalan yang cukup tinggi, sehingga itu dirasa mustahil.
  • Klaim mempunyai blockchain tanpa adanya bukti konkret yang benar-benar nyata dan dapat menjelaskan itu.
  • Tidak adanya transparansi kepada investor atau membernya.
  • Imbalan hasil hanya akan dirilis dalam beberapa bulan atau bahkan tahun, membuat para membernya tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban.
  • Pola pemasaran dan presentasi yang digunakan untuk menggaet member baru menggunakan informasi yang menyesatkan tentang pertambangan Cryptocurrency.
  • Token Onecoin terkunci dalam jangka waktu yang cukup lama. Seolah berusaha meyakinkan investor percaya nilai Onecoin di masa mendatang cukup tinggi. Hal ini sangat mustahil.
  • Menempatkan nilai-nilai fiktif karena memang tidak terdaftar di pasar cryptocurrency yang idependen seperti cryptocurrency pada umumnya.

Sampai sejauh ini, pihak Onecoin selalu menepis mereka tidak terdaftar di situs bursa koin kapitalisasi dan exchanger, karena mereka mempunyai dan membikin sendiri versi mereka. Tentu saja hal ini cukup aneh dan makin menandakan bahwa mereka memang bukanlah Cryptocurrency. Dari berbagai alasan itu, Fenton berusaha memberikan peringatan agar mempertimbangkan lebih jauh jika hendak terlibat dengan praktek Ponzi Onecoin.

Laju Skema Ponzi Onecoin Mulai Butuh Dana Lebih Besar

Pada 1 Oktober lalu, pihak Onecoin mengatakan bahwa dengan blockchain versi mereka yang baru, dapat menambang 120 miliar koin. Bahkan, mereka juga melipatgandakan seluruh koin para membernya. Tentu hal ini akan cukup mustahil.

Berkaca pada Bitcoin, jumlahnya justru dibatasi sebanyak 21 juta saja. Pembatasan itu justru yang nantinya akan membuatnya dapat mengatasi laju inflasi. Jika jumlah koin semakin banyak, pasar yang terbuka dan transparan, tentu juga nantinya akan dapat mempengaruhi harga.

Namun Onecoin justru cukup aneh dengan memperbesar jumlah total koin mereka. Tentu saja, karena makin lama, mereka makin membutuhkan dana yang lebih besar. Bisa jadi, upaya melipat gandakan jumlah koin membernya, dipakai sebagai senjata pamungkas agar terus dapat menggaet member baru lagi. Padahal, skema Ponzi umumnya memang harus terus membutuhkan dana masuk yang selalu lebih besar. Hingga pada suatu saat akan runtuh karena tidak bisa terpenuhi.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *