Menu

Blockstream Rilis Sistem Aplikasi Micropayment Bitcoin

  Dibaca : 48 kali
Blockstream Rilis Sistem Aplikasi Micropayment Bitcoin

Blockstream telah mengumumkan tentang peluncuran sistem aplikasi micropayment bitcoin yang telah terintegerasi dengan lightning network di dalamnya. Rilis system aplikasi micropayment bitcoin itu diumumkan pada halaman block di situs resminya pada hari Selasa, 16 Januari lalu.

Blockstream menggunakan istilah “Lightning Charge” atau disingkat dengan “c-lighning” untuk implementasi Lightning Network pada sistem aplikasi micropayment bitcoin tersebut. C-lighning itu, ditulis dengan menggunakan node.js, serta keseluruhan fitur yang ada didalamnya juga dapat diakses melalui API dengan JavaScript dan library PHP.

Sampai sejauh ini, implementasi Lightning Network memang telah banyak ditunggu oleh pengguna kripto di seluruh dunia. Termasuk juga dengan potensinya dalam membantu mengatasi permasalahan skalabilitas bitcoin. Tidak hanya itu, pengembangan lightning network di dalam ekosistem bitcoin juga diyakini akan menurunkan biaya transaksi yang dilakukan.

Implementasi lightning network, pada akhirnya akan membuka banyak peluang pengembangan baru yang dapat dilakukan, termasuk juga untuk micropayment. Namun, penggunaan lightning network pun akan tetap masih berkarakter desentralisasi, karena tidak diperlukan perantara dalam transaksi yang dilakukan.

Ditulis di blog Blockstream, bahwa Lightning Charge adalah satu bagian dari banyak elemen lain yang menjadi garapan Blockstream pada pengembangan sistem aplikasi micropayment bitcoin tersebut. Untuk c-lightning sendiri, disusun oleh seorang developer independent bernama Nadav Ivgi, yang kemudian bekerjasama dengan pihak Blockstream.

Sistem aplikasi micropayment bitcoin dari blockstream ini nantinya akan dapat melakukan banyak fitur-fitur dasar dalam sistem pembayaran yang menggunakan bitcoin, terutama seperti konversi mata uang, invoice, streaming payment update, dan juga webhook yang banyak berfungsi untuk mengirim notifikasi otomatis.

Pihak blockstream bahkan meyakinkan diri, bahwa pengembangan sistem aplikasi micropayment itu bukanlah hanya teoritis semata. Blockstream sendiri bahkan telah merealisasikannya pada rilis Blockstream Store yang telah dibuka secara bersamaan. Namun meski sebagian besar barang yang dijual disana adalah barang sebenarnya, namun sampai sejauh ini toko online tersebut masih bersifat untuk ujicoba saja.

(adi)

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional