Home / News / Bitcoin / Blockchain Untuk Dunia Pendidikan
Blockchain Untuk Dunia Pendidikan

Blockchain Untuk Dunia Pendidikan

Blockchain Untuk Dunia Pendidikan – Diproyeksikan Dapat Mengubah Wajah Dunia Pendidikan

Blockchain Untuk Dunia Pendidikan. Mungkinkah Blockchain dapat berguna untuk dunia pendidikan? Pertanyaan ini telah terjawab dengan banyak fakta yang ada. Ambil sebagai contoh bagaimana Hoverton School mengaplikasikannya sebagai sertifikasi digital para lulusannya. Sony Global Education yang membangun infrastruktur pendidikan juga berbasis Blockchain.

medan-meetup

Selain itu, telah banyak juga universitas di beberapa negara yang telah menerima teknologi baru digital ini dengan menerima pembayaran kuliahnya menggunakan Bitcoin. Tentu saja hal ini dilakukan tidak serta merta tanpa mengetahui detail tentang bagaimana teknologi ini dapat benar-benar bekerja.

Di sebuah artikel yang termuat di prweb.com pada 29 Juni kemarin, ada sebuah hal yang menarik. Pada artikel tersebut menerangkan bagaimana teknologi blockchain untuk dunia pendidikan. Tentang manfaat blockchain yang dapat membuka peluang dalam proses pembelajaran. Blockchain, memungkinkan sekolah agar memberikan peluang yang lebih besar baik kepada para guru, orang tua, bahkan anggota masyarakat untuk dapat terlibat di dalamnya.

Semua elemen tersebut, dapat terlibat langsung dan mengaktifkan sebuah struktur pembelajaran yang baru. Dengan harapan, nantinya akan meningkatkan kemauan belajar bagi siswanya. Seperti yang telah banyak diketahui, Blockchain adalah sebuah buku pencatatan transaksi digital, dengan sistem terdistribusi, mampu mencatat dan menyimpan transaksi yang telah diverifikasi dengan valid.

Ada sebuah makalah yang dipublikasikan oleh KnowledgeWork kemarin, menerangkan bahwa Blockchain mungkin akan cukup mempengaruhi sistem pendidikan dalam 10 tahun kedepan. KnowledgeWorks adalah sebuah perusahaan non profit dengan fokus kerja untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat menerima pembelajaran yang berkualitas. Sehingga siswa dapat membuka peluang untuk berkembang di pendidikan lebih lanjut di perguruan tinggi, karir, maupun untuk kehidupannya.

Pada makalah yang berjudul “Learning on the Block: Could Smart Transactional Models Help Power Personalized Learning?”, menggambarkan bagaimana Blockchain dan Smart Contract, mampu mempengaruhi sistem pendidikan.

Blockchain Personalized Learning

Masa depan sistem pembelajaran, seperti yang digambarkan di makalah tersebut, memungkinkan sebuah pola baru untuk sistem pembelajaran secara pribadi atau privat. Katherine Prince, selaku Direktur Senior Strategic Foresight di KnowledgeWork menerangkan, “Blockchain dan Smart Contract berpotensi dan mampu membantu mengaktifkan pendekatan baru untuk dunia pendidikan. Secara khusus teknologi ini memungkinkan peserta didik maupun keluarga dapat mengakses pengalaman dan sumber daya di seluruh ekosistem pembelajaran dengan lebih beragam. Teknologi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan struktur pembelajaran dan juga pendekatan yang ada,” terangnya.Blockchain dan Smart Contract

Di dalam makalah tersebut, ada empat buah skenario yang memungkinkan eksplorasi dengan menggunakan teknologi blockchain dan smart contract. Dengan hal ini, dapat digunakan untuk meminimalisir besaran operasional bagi sekolah. Para siswa pun dapat mencatat materi pendidikannya dengan mudah, dan dapat mengakses materi pendidikan dari berbagai komunitas.

Meski demikian, Jason Swanson Co Author di makalah tersebut juga memberikan penekanan tentang sisi positif dan negatifnya. Ia mengatakan, “Sangat penting bagi para peserta didik maupun pemangku kebijakan lainnya untuk memikirkan semua dampak yang mungkin terjadi. Baik dampak positif maupun negatifnya. Blockchain dan smart contract bisa saja berguna untuk masa depan pembelajaran. Pemangku kebijakan dunia pendidikan dapat membantu untuk mengarahkan ruang-ruang dialog, tentang bagaimana teknologi ini dapat dikembangkan dan digunakan di masa depan,” ungkapnya.

 

Gambar: knowledgeworks.org

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

2 comments

  1. menarik sekali metode blockchain ini, tapi mungkinkah kita bisa mempraktekannya, sedangkan komponen pendidikan kita masih minim dan terbatas dengan era-teknologi saat ini. Tidak semua bisa mengerti dan mudah menerima teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *