Home / News / Komunitas Bitcoin / Blockchain Dan Industri Musik
blockchain dan industri musik

Blockchain Dan Industri Musik

Sinergi antara Blockchain dan Industri Musik

Menyatukan Blockchain dan industri Musik? mengapa tidak. Teknologi Blockchain memungkinkan hal itu bisa dilakukan. Beberapa bidang lain dalam hal perbankan dan industri finansial, pembukuan dokumen pribadi ataupun perusahaan, pengamanan sertifikat akademis, sudah mulai banyak yang melirik teknologi Blockchain.

medan-meetup

Dalam dunia musik, baru-baru ini Imogen Heap, seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Inggris telah memutuskan untuk memulai proyek desentralisasi musiknya. Imogen Heap mulai menjalankan Blockchain dan menghubungkannya kepada mata uang digital untuk karya-karyanya.

Yang menjadi pertanyaan mendasar adalah, mengapa Heap memutuskan mengambil langkah ini bukan? Heap saat memberikan keterangan pada media Quartz mengatakan bahwa ide itu didasari untuk mencari metode yang lebih adil dalam mendistribusikan hak artis. Selain itu, juga memastikan artis untuk mendapatkan pembayaran yang adil atas penjualan konten berhak cipta atas karya yang telah diciptakannya.

Lebih jauh, Heap berpendapat, ketika seseorang membeli sebuah album musik atau memainkan karya musik, suatu saat dimasa depan tidak akan ada lagi yang membutuhkan pihak ketiga. Penggemar, penikmat musik, bisa secara langsung membayar artis.

Single terbaru yang telah dirilis Imogen Heap berjudul “Tiny Human” sudah bisa dibeli menggunakan Ether. Ethereum atau disingkat Ether adalah sebuah mata uang digital baru yang diluncurkan pada tahun 2015. Kedapannya, Imogen Heap masih belum mengungkapkan apakah Ether atau Bitcoin yang akan menjadi mata uang pilihannya untuk Mycelia.

Mycelia disini adalah sebuah proyek industri rekaman yang dibangun Heap. Berperan pada proses pemasaran dan layanan utama lain, yang dijuluki dengan Mycelia. Sementara proyeksi Mycelia adalah untuk membangun kekuatan artis dalam membentuk masa depannya sendiri yang selama ini banyak bersifat top down bagi para artis.

Terobosan dengan hal semacam ini tentu akan membawa dampak yang cukup signifikan terutama pada para seniman, dalam hal ini adalah para artis di industri musik. Dengan memberikan solusi secara peer-to-peer yang bisa membantu lebih jauh dalam proses penjualan karya ciptaan para artis.

Bagaimana dengan di Indonesia? sudah adakah para artis tanah air yang melek atas teknologi Blockchain dewasa ini? Ternyata, bahkan kini kita sudah mengetahui bahwa Blockchain dan Industri musik juga bisa bersinergi. Yang jelas Edukasi Bitcoin akan berharap dan menunggu kabar menggembirakan artis tanah air yang sudah mulai melirik teknologi blockchain dan mengaplikasikannya untuk membantu pekerjaan mereka.

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *