Menu

Bitcoin Core 14 Telah Dirilis

  Dibaca : 97 kali
Bitcoin Core 14 Telah Dirilis

Bitcoin Core 14 Telah Dirilis

Bitcoin Core 14. Pada 8 Maret 2017 lalu, Bitcoin Core versi terbaru, yakni versi 0.14.0 telah berhasil di rilis. Pada rilis bitcoin core baru, biasaya ada beberapa fitur baru yang ditambahkan. Selain itu, sebagai perbaikan juga di beberapa bug di versi sebelumnya.

Pada rilis Bitcoin Core 0.14.0, sebaiknya tidak dijalankan pada OS Windows XP. Hal itu karena pihak Microsoft, telah mengakhiri kerjasama dengan Windows XP sejak 8 April 2016 lalu. Sehingga, beberapa error mungkin saja terjadi jika tetap dijalankan pada Windows XP. Lalu apa saja perubahan-perubahan pada versi baru ini?

Optimasi di Bitcoin Core 0.14.0, berusaha untuk lebih mengoptimalkan proses validasi yang dilakukan di jaringan. Sementara, pada versi baru juga telah mengoptimalkan proses synchronisasi yang lebih efektif dan cepat. Proses Synchronisasi ini adalah saat node berusaha mengunduh blockchain pertamakali pada device mereka. Umumnya, proses sync membutuhkan waktu yang relatif lama. Namun dengan versi baru ini, prosesnya dapat berjalan relatif lebih cepat.

Satu hal yang mempercepat proses sync adalah pada versi Core ini, block valid dimulai pada block #453354. Bagaimana dengan block-block sebelumnya? Pada versi ini, keseluruhan block-block sebelum block 453354, seluruhnya telah dianggap valid. Meski demikian, jika node ingin melakukan proses sync secara menyeluruh sejak block pertama, tetap dapat dilakukan.

Pada hal yang krusial beberapa pekan lalu, adalah ketika berkaitan dengan meningkatnya mempool bitcoin. Peningkatan mempool ini adalah sebagai akibat juga para penambang yang lebih memprioritaskan transaksi dengan biaya yang lebih tinggi.

Pada versi baru core Bitcoin, beberapa hal telah dilakukan perbaikan, terutama yang menerangkan tentang set aturan khusus yang berkaitan dengan fee transaksi. Sementara, standar konfirmasi dari 25 block juga diturunkan menjadi hanya 6 block saja.

Biaya transaksi yang tinggi awalnya telah lebih dulu dimasukkan pada versi bitcoin core 0.12.0. Sejak versi ini, pengguna bitcoin dapat memutuskan besaran biaya yang lebih tinggi agar transaksinya lebih cepat dikonfirmasi.

Pada dasarnya, fitur untuk dapat menambahkan biaya transaksi ini telah ada pada versi core tersebut, namun hingga sejauh ini, hanya Electrum dan GreenAddress saja yang dapat mengimplementasikannya pada platform wallet.

Sementara pada versi yang baru, fitur menambah fee transaksi ini hanya memungkinkan dilakukan pada comman com via bitcoin core saja. Penambahan fee transaksi yang memanfaatkan fitur opt-in replace by fee ini, hanya dapat dieksekusi dari command line bitcoin core saja.

Bitcoin Core 0.14.0 dapat di ambil disini:
https://bitcoin.org/bin/bitcoin-core-0.14.0/

KOMENTAR

1 Komentar

  1. Elsi88

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional