Home / News / Cryptocurrency Lain / Birdchain – Terobosan Baru SMS B2C Berbasis Blockchain
birdchain

Birdchain – Terobosan Baru SMS B2C Berbasis Blockchain

Belakangan ini, masyarakat Indonesia makin familiar dengan dunia cryptocurrency, terlibat di dalamnya, membuat proyek yang berbasis teknologi blockchain, dan memilih opsi pendanaan proyeknya melalui ICOs (Initial Coin Offerings). Kurang lebih seminggu lalu saya melihat proyek baru yang berasal dari Lituania, Birdchain. Proyek ini menjanjikan sebuah revolusi baru di segmen perpesanan SMS B2C (Business to Consumer), dengan cara mengerahkan SMS yang tak terpakai dari ponsel setiap orang. Proyek ini lantas cukup menarik perhatian saya, mungkin karena di proyek ini sudah dikembangkan selama sepuluh tahun lalu oleh orang-orang yang cukup berpengalaman di bidang bisnis ini.

medan-meetup

Setiap hari, komukasi yang kita lakukan dengan teman maupun kerabat kian berpindah dari yang semula melalui SMS ke Messenger, Skype, maupun Viber. Meski demikian, SMS tetaplah banyak digunakan di dunia bisnis. Banyak perusahaan mengirim pesan saat mereka berusaha menginformasikan pengguna tentang aktifitas di akun mereka, untuk mengirim kata sandi, kode konfirmasi 2FA, ataupun juga pesan yang berisi dengan promosi/diskon terbaru. Yang menjadi pertanyaan, mengapa perusahaan lebih memilih SMS, bukan melalui e-mail?

Pertama, jangkauan SMS cukuplah mengejutkan. Jika dilihat berdasarkan statistic, kurang lebih 90% SMS akan dibaca dalam 3 menit pertama saat pertama kali diterima, sedangkan email hanya mencapai 10-15% saja. Kedua, SMS memberikan keamanan yang jauh lebih baik. SMS pada dasarnya diikat pada nomor telepon, sehingga untuk melihat isinya, pengguna harus memegang telepon mereka dengan kartu SIMCard yang telah terpasang didalamnya. Sedangkan E-mail, dapat diakses dari PC manapun di dunia ini.

Jika kita melihat secara sekilas, mungkin akan terlihat hanya akan menjangkau segmen yang kecil, namun jika kita bayangkan berapa SMS yang dikirim oleh perusahaan raksasa seperti Google, Uber, atau Amazon, maka kita pun akan mempunyai pandangan yang berbeda.

desain platform birdchain

Apa yang ditawarkan Birdchain?

Birdchain menawarkan solusi bagi perusahaan untuk dapat mengurangi biaya pengiriman pesan SMS ini sembari berbagi keuntungan dengan orang lain. Meski secara umum hamper semua orang mempunyai paket SMS tak terbatas, namun tentu hamper tidak ada orang yang akan menghabiskannya secara keseluruhan. Birdchain menawarkan untuk mengalihkan SMS tak terpakai tersebut sebagai pesan perusahaan, sehingga dengan itu dapat memperoleh sejumlah uang. Satu-satunya cara yang harus dilakukan pengguna adalah hanya dengan mengunduh aplikasi Birdchain. Selanjutnya akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi tersebut. Berdasarkan proyek Birdchain ini, pemilik aplikasi Birdchain, yang telah mengalihkan pesan SMS yang tidak digunakan tersebut, akan mendapatkan kurang lebih 30 – 300 euro per bulan. Cukup menggiurkan juga bukan?

Potensi Market

Tertulis di White Peper mereka, Birdchain menyatakan bahwa pasar global untuk SMS A2P saat ini bernilai sekitar 60 miliar dolar, dan setiap tahun bertumbuh hingga 4-5 persen dari yang lainnya.

Klien Potensial

Layanan Birdchain adalah b2b, sehingga pelanggan mereka adalah perusahaan yang ingin mengirim pesan melalui SMS. Umumnya perusahaan akan merasa kesulitan dan cukup banyak menyita waktu untuk dapat menjual barang kepada pelanggan, terutama untuk perusahaan layanan berbasis aplikasi online. Perusahaan seperti Uber, Amazon, Airbnb, ataupun Google tidak akan membeli layanan tersebut secara langsung dari penyedia layanan SMS A2P manapun. Sebagai gantinya, mereka menggunakan pelelangan. Dalam lelang ini, akan didasarkan pada prinsip perusahaan yang telah mengajukan permintaan melalui sebuah platform, untuk mengirim SMS dengan jumlah tertentu dan dengan biaya kurang lebih 0,0X euro per SMS.

Semua vendor SMS A2P yang berpartisipasi di dalam platform seperti itu menawarkan harganya masing-masing. Vendor yang menawarkan harga terendah akan menang, dan perusahaan yang menggunakan layanan vendor tersebut, selanjutnya dipergunakan untuk mengirim pesan kepada para kliennya. Lantas apa artinya hal ini untuk Birdchain?

Dapat kita lihat di atas, bahwa pada dasarnya perusahaan tidak memiliki kemitraan yang erat dengan penyedia layanan SMS A2P karena yang paling diperdulikan adalah harga terendah. Sehingga Birdchain, dengan harga serendah mungkin di pasar, akan dapat mengumpulkan dan melayani semua lalu lintas SMS seperti itu. Berdasarkan pendapat saya, hal itu adalah keuntungan besar, karena akan lebih memudahkan dalam menemukan pelanggan.

Kompetitor

Dalam hal ini, seperti yang juga dijumpai pada bisnis apapun, pesaing akan dapat dikategorikan dalam dua hal: secara langsung dan tidak langsung. Semua penyedia layanan SMS A2P aktif saat ini dapat dikategorikan sebagai pesaing langsung. Seiring berjalannya waktu, akan menyisakan beberapa perusahaan A2P yang mampu bersaing dengan Birdchain, karena tentu tidaklah mudah. Birdchain dengan konsepnya yang bagus, cukup percaya diri untuk berkompetisi dengan para kompetitor.

ICO Birdchain

ICO Birdchain dimulai sejak 18 Nopember 2017, dan akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 mendatang. Birdchain mentargetkan mampu mengumpulkan 86.000 Ether (nilainya kurang lebih 25,8 juta USD) dengan menjual 4,6 miliar token BIRD. Token BIRD ini, dibuat untuk dapat digunakan saat mengorder pesan SMS. Perusahaan yang ingin mengirim SMS melalui platform Birdchain harus membeli token BIRD melalui kantor bursa Birdchain ataupun secara langsung di situs Birdchain. Semua transaksi nantinya akan dilakukan menggunakan BIRD. Meski jumlah target pendanaan proyek ini dirasa cukup besar, namun perlu diingat bahwa hal tersebut adalah awal yang nantinya memberikan untung besar dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun mendatang.

Birdchain juga akan mendistribusikan kurang lebih 46.000 ether (kurang lebih 13,8 juta USD) dalam bentuk token BIRD kepada perusahaan-perusahaan besar untuk dapat menarik mereka ke dalam platform ini.

Tentang Tim Birdchain

Seperti yang telah disinggung diawal, bahwa tim mereka di proyek ini memang cukup menarik perhatian. Selama sekitar sepuluh tahun, vertexsms.com juga telah berusaha melakukan apa yang Birdchain coba perjuangkan – untuk melawan SMS A2P yang mahal. Pengalaman yang lebih di segmen ini menjadi nilai tambah besar, belum lagi tentang kenyataan bahwa seiring berjalannya waktu, mereka juga belajar untuk bekerjasama dan menerima pengetahuan baru dari kesalahan-kesalahan mereka selama ini.

Biasanya saya melihat dengan skeptic pada tim penasehat-penasehat besar, karena itu terlihat sebagai sebuah trik pemasaran untuk menarik lebih banyak uang melalui ICO. Tapi dalam kasus ini, saya lebih percaya bahwa dengan mengumpulkan 26 juta USD untuk mampu meluncurkan perusahaan multinasional, sebenarnya akan memerlukan beberapa penasehat yang cukup berpengaruh. Dalam hal ini, telah ada satu spesialis blockchain yang telah masuk di dalam tim Birdchain.

Kesimpulan

Secara garis besar, konsep Birdchain cukup luar biasa, dengan tim dibelakangnya, proyek ini akan mampu menciptakan prototype yang sesuai di segmentasi mereka. Satu keunggulan utama di proyek Birdchain ini adalah pengetahuan pasar yang cukup bagus, dilengkapi dengan rencana untuk dapat menarik perusahaan-perusahaan besar kedalam platform mereka. Melihat secara keseluruhan, proyek Birdchain dengan ICO mereka yang berkonsep kuat, dari skala 1-5, nilai untuk proyek ini adalah 4,5.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

2 comments

  1. Bagaimana mendapatkan token bird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *