Home / News / Cryptocurrency Lain / Bank Sentral Kanada Kembangkan CAD-Coin
Bank Sentral Kanada

Bank Sentral Kanada Kembangkan CAD-Coin

Bank Sentral Kanada Kembangkan Mata Uang Digital

Bank Sentral Kanada. Diberitakan di forbes 16 Juni lalu, Bank Sentral Kanada tengah mengembangkan mata uang digitalnya sendiri. Mata uang digital versi bank sentral Kanada ini kemudian disebut dengan CAD-COIN.

medan-meetup

Pengembangan mata uang digital itu diumumkan pada sebuah even diskusi panel  “Payments Panoramadi Calgary Kanada. Namun, ada sejumlah sumber yang dekat dengan Bank of Canada, menyatakan bahwa pada saat ini, asosiasi pembayaran Kanada (Canadian Payments Association) masih tidak berencana untuk menerbitkan mata uang digital Fiat.

Meski begitu, salah satu peserta di event tersebut mengambil foto sebuah slide saat acara berlangsung. Pada slide tersebut, menguraikan tentang proses CAD-Coin. Pengambil foto di even tersebut adalah Kyle Kemper, Direktur Eksekutif Aliansi Bitcoin Kanada (Bitcoin Alliance of Canada).  Ia lalu mengunggah foto pada even yang tertutup untuk media tersebut di akun twitternya.

Di dalam even panel diskusi tersebut, dihadiri oleh lima bank besar Kanada, seperti Bank of Montreal, Canadian Imperial Bank of Commerce (CIBC), RBC, Toronto-Dominion Bank, dan juga Scotiabank. Kelima bank besar Kanada tersebut, adalah anggota di konsorsium R3.

Sementara itu, Senior Deputy Bank of Canada, Carolyn Wilkins memberikan pernyataan di Forbes. Ia mengatakan “Salah satu dari banyak proyek penelitian fintech, dibahas lebih awal di pekan ini melalui panel di konferensi Payments Panorama. Untuk membangun sebuah konsep pembuktian sistem pembayaran antar bank dengan menggunakan ledger terdistribusi, yang berhubungan dengan sistem Payments Canada, R3, dan juga Canadian Bank.” katanya.

”Percobaan yang kami lakukan dengan DLT, salah satunya seperti ini, terbatas untuk sistem pembayaran antar Bank. Tujuan perbankan di proyek ini, semata-mata untuk dapat lebih memahami teknologi. Pada kerangka lainnya masih perlu diselidiki, dan akan ada banyak rintangan yang harus diatasi terlebih dahulu sebelum sistem itu benar-benar siap untuk digunakan secara perdana. Tidak satupun percobaan kami untuk mengembangkan e-money agar digunakan oleh masyarakat umum. Hal ini masih berupa pertanyaan-pertanyaan konseptual penelitan saja, dan juga masih diselidiki oleh banyak bank sentral lain,” tambahnya.

Tentang hal ini, di media cryptocoinsnews kemarin memberikan gambaran, karena nantinya mata uang digital ini digawangi oleh bank sentral, maka registri dan juga Blockchain nantinya akan dimiliki dan dikendalikan juga oleh bank sentral. Sehingga bank sentral mempunyai kewenangan mutlak atas CAD-Coin. Seperti untuk menghancurkannya jika mata uang digital ini telah diubah kembali menjadi sebuah agunan tunai.

Beberapa pekan yang lalu, Janet Yellen juga tidak terbantahkan telah mengemukakan pendapatnya dan menyebutkan kata tentang Blockchain dan Bitcoin. Saat itu, Janet Yellen bersama 90 perwakilan bank sentral, maupun IMF bersama-sama dalam agenda rapat tahunan The Federal Reserve. Pada momen tersebut, Janet Yellen berusaha mendorong agar Bank Sentral mempercepat proses penelitian tentang Blockchain.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *