Home / News / Bitcoin / Badan Paten Rusia Menolak Paten Aplikasi Bitcoin
Badan Paten Rusia Menolak Paten Aplikasi M-Group

Badan Paten Rusia Menolak Paten Aplikasi Bitcoin

Badan Paten Rusia Menolak Berikan Paten Aplikasi Bitcoin M-Group

Badan Paten Rusia. Federal Service for Intellectual Property (ROSPATENT), adalah sebuah badan nasional yang berwenang memberikan paten di Rusia. Rospaten memberikan penolakan dari pengajuan paten aplikasi Bitcoin yang diajukan oleh sebuah perusahaan pada tanggal 21 maret 2016 lalu.

medan-meetup

Perusahaan yang dimaksud tersebut adalah M-Group. Sebuah perusahaan asal Rusia itulah yang mengajukan hak paten aplikasi Bitcoin. Pengajuan paten ini ditengah situasi pelarangan penggunaan Bitcoin yang memanas di Rusia.

Penolakan paten ini termuat di sebuah situs rusia Rapsinews . Menurut Rospatent, penggunaan kata “Bitcoin” pada pengajuan peten aplikasi M-Group merujuk pada klasifikasi Nice ke 38 dan 36. Pada Nice Klasifikasi tersebut, terkait dengan sebuah sistem pembayaran elektronik yang menggunakan sistem telekomunikasi.

Dasar Penolakan

Rospatent menolak, karena menganggap pengajuan klaim paten aplikasi tersebut bertentangan dengan klasifikasi ke 36 dan ke 38 tersebut. Pengajuan paten atas aplikasi itu dinyatakan tidak termasuk sebagai sebuah layanan yang dipayungi hukum. Sehingga dianggap bisa menyesatkan konsumen, sesuai dengan ayat 3 pasal 1483 aturan hukum perdata di Rusia.

Badan paten Rusia tersebut menyebutkan bahwa aplikasi sistem pembayaran elektronik yang diajukan M-Group menggunakan kata “Bitcoin“. Nama itu adalah nama yang sama dengan nama mata uang virtual Bitcoin. Pihak Rospatent juga telah mengetahui bahwa Bitcoin dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto. Dan mengetahui nama itu telah ada sebelum pengajuan klaim aplikasi dari pihak M-Group.

M-Group, mengajukan paten aplikasinya mengacu pada beberapa merek dagang yang telah mendapat perlindungan hukum, dan juga sesuai klasifikasi ke 36 dan 38. Seperti pada WebMoney, Yandex-Money, maupun Qiwi-Wallet.

Dalam pengajuannya, M-Group memberikan catatan bahwa Bitcoin adalah sebagai mata uang digital. Secara umum, mata uang digital tersebut tidak pernah terdaftar. Bahkan tidak pernah terdaftar pada International Organization for Standardization (ISO 4217). Terlebih, tidak juga terdaftar di National Classification Rates (RCC).

Selain itu pihak M-Group juga memberikan catatan dari penggunaan kata “Bitcoin” dalam ajuan paten aplikasinya. M-group beranggapan bahwa tidak pernah ada dalam kamus, buku referensi, ensiklopedia, maupun sumber informasi lain yang pernah ada dan bisa dipercaya.

Sedangkan informasi terkait yang menjelaskan bahwa Bitcoin telah dikembangkan tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto tersebut, adalah informasi yang banyak beredar di Internet. Dan tidak pernah ada laporan benar-benar telah dikonfirmasi selain sumber dari internet tersebut.

Menariknya, dari adanya penolakan pengajuan paten ini, bahwa Rospatent sebagai pihak berwenang di Rusia, telah mengetahui bahwa istilah Bitcoin dianggap sebagai umum yang juga dipakai dalam bidang keuangan dan ekonomi. Sempat disinggung sebelumnya, bahwa situasi yang berhubungan dengan Bitcoin di Rusia bisa dikatakan sedang memanas. Terlebih setelah adanya revisi pengajuan amandemen pelarangan Bitcoin oleh Departemen Keuangan Rusia.

Pada revisi pengajuan amandemen tersebut, disebutkan adanya ancaman kurungan penjara pagi pada beberapa klasifikasi penggunaan Bitcoin. Ancaman hukuman penjara tersebut adalah mulai dari 4-7 tahun penjara. Revisi usulan tersebut, dianggap lebih berat daripada usulan amandemen sebelumnya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *