Home / News / Bitcoin / Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi Bitcoin
Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi

Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi Bitcoin

Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi Bitcoin – Lihat Biaya Termurah Dan Tercepat

Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi. Salah satu produsen Komputer Bitcoin, atau yang dikenal dengan 21 Inc, telah merilis sebuah aplikasi gratis untuk memprediksi biaya transaksi bitcoin. Aplikasi web gratis itu, dapat membantu pengguna untuk memprediksi berapa biaya dibutuhkan yang nantinya dapat dikonfirmasi dalam jangka waktu tertentu.

Aplikasi prediksi biaya transaksi dari 21 Inc tersebut dapat dilihat di bitcoinfees.21.co. Dalam aplikasi tersebut, diterangkan juga kondisi real time, berdasarkan tingkatan biaya saat ini yang ada dalam jaringan bitcoin. Sekaligus, dengan prediksi keterlambatan konfirmasi yang dibutuhkan.

Hitungan biaya transaksi itu, ditentukan dalam satuan satoshi per byte (satoshi/byte). Penghitungan prediksi biaya transaksi itu, didapatkan berdasarkan dari blockchain selama periode tiga jam terakhir. Selain itu, juga berdasar juga dari mempool, pool transaksi pending yang masih belum dikonfirmasi dalam jaringan.

Seperti yang telah kita ketahui, untuk dapat mengirim sebuah transaksi bitcoin, pengguna harus menyertakan juga biaya transaksi sebagai insentif yang diberikan kepada para penambang. Penambang tersebut, bertugas untuk memproses transaksi itu, serta mengamankan kesehatan blockchain Bitcoin.

Pada saat ini, penambang umumnya akan lebih memprioritaskan transaksi yang mempunyai biaya transaksi lebih tinggi. Jika transaksi tersebut mempunyai biaya transaksi tinggi, maka proses konfirmasi transaksi tersebut untuk dapat dicantumkan dalam blockchain dapat berlangsung lebih cepat.

Jadi pada dasarnya, aplikasi prediksi biaya transaksi tersebut adalah prediksi dari kecenderungan biaya transaksi yang telah ada di dalam jaringan saja. Namun, pihak 21 Inc menerangkan bahwa penundaan transaksi tersebut, mampu merepresentasikan tingkat kepercayaan hingga 90%.

Cara Membaca Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi Bitcoin

Lalu bagaimana cara kita melihat berapa biaya transaksi yang umum dan cepat yang telah ada di dalam jaringan Bitcoin? Dalam aplikasi tersebut, satuan biaya transaksinya berdasarkan satoshi per byte. Pada aplikasi web tersebut, ditunjukkan juga transaksi dengan biaya termurah. Yakni, berkisar antara 50-60 satoshi per byte.

Misalnya jika transaksi anda berukuran kurang lebih 200 byte, maka biaya transaksi jika menggunakan 60 satoshi/byte adalah berjumlah 12.000 satoshi. Namun jika anda menginginkan biaya transaksi yang lebih tinggi misalnya 100 satoshi, maka biaya yang dibutuhkan adalah 20.000 satoshi.

Aplikasi Prediksi Biaya Transaksi Bitcoin
Pada gambar, biaya terendah yang dapat dikonfirmasi tercepat membutuhkan biaya 50-60 satoshi per byte.

Delay atau keterlambatan konfirmasi transaksi, secara umum berkisar antara 10 hingga 30 menit. Delay tersebut adalah waktu yang dibutuhkan untuk konfirmasi transaksi, dan dimasukkan kedalam block berikutnya di dalam Blockchain. Pada transaksi yang mempunyai biaya transaksi tinggi, biasanya tidak akan akan membutuhkan waktu yang lama. Transaksi dengan biaya yang tinggi, umumnya akan dimasukkan dalam block berikutnya dalam waktu 5-15 menit saja.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Medan Bitcoin Meetup Part IV

Medan Bitcoin Meetup Part IV – Ulas Cara Investasi Bitcoin

Mau Tahu Cara Investasi dengan Bitcoin? Ikuti “Medan Bitcoin Meetup Part IV” Mengulangi kesuksesan acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *