Home / Menambang Bitcoin / Cloud Mining / Waspada Cloud Mining Mencurigakan
Waspada Cloud Mining

Waspada Cloud Mining Mencurigakan

Yang Perlu Diketahui Tentang Cloud Mining

Sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu cloud mining. Banyaknya faktor kesulitan untuk bisa melakukan pertambangan Bitcoin sendiri membuat orang banyak yang akhirnya mulai berfikir praktis. Banyak yang berfikir dengan Cloud Mining, akan menjadi solusi jitu. Agar bisa meraih keuntungan.

medan-meetup

Kenyatannya, sebagian besar penyedia jasa Cloud Mining di situs-situs online yang biasa kita lihat dan ketahui, sebenarnya tidak melakukan pertambangan apapun. Sementara, banyak orang yang tidak perduli dengan hal ini. Cukup banyak orang yang terlalu gampang hanya dengan melihat faktor tawaran ROI dari penyedia jasa pertambangan tersebut.

Lantas bagaimana jika ada perusahaan Cloud Mining tersebut yang ternyata bisa membayar pelanggannya jika mereka tidak melakukan pertambangan apapun? Parahnya banyak juga yang berfikir yang paling penting adalah mereka terbukti membayar. Anggapan seperti ini adalah Salah Besar.

Mari kita lihat lebih jauh. Perusahaan penyedia jasa Cloud Mining sebagian besar membayar pelanggannya yang lama dari kontrak pelanggan baru yang datang bergabung. Secara umum, konsep seperti ini adalah konsep ponzi.

Selanjutnya, kebanyakan dari mereka akan meminta pelanggan untuk terus mengkampanyekan program mereka dengan sistem referal dan lain-lain. Termasuk perusahaan tersebut justru mendapatkan iklan gratis dari para pelanggannya sendiri. Karena pelanggan menginginkan hasil lebih dari tawaran program referal tersebut. Sehingga sistem mereka bisa berjalan lebih lama. Disamping itu, tentu saja, perusahaan tersebut akan menghemat pekerjaan yang semestinya menjadi tanggungan perusahaan dalam hal membangun Public Relationship.

Jadi, sekarang kita mengetahui bahwa, jika ternyata perusahaan penyedia jasa Cloud Mining itu bisa membayar pelangganya, BUKANLAH MENJADI JAMINAN, bahwa mereka benar-benar melakukan pertambangan Bitcoin.

Opini Gavin Andresen

Di forum diskusi Bitcoin Reddit, Gavin memberikan opininya tentang adanya jasa kontrak mining. Dia secara pribadi berpendapat bahwa hampir tidak mungkin dan tidak masuk akal. Gavin beranggapan bahwa kebanyakan dari mereka akan berubah menjadi skema ponzi.

Opini Gavin Andresen Tentang Cloud Mining
Opini Gavin Andresen Tentang Cloud Mining

Gavin Andresen:

No, they make no sense. I suspect many of them will turn out to be Ponzi schemes.

Pendapat Gavin tersebut tentu bukanlah tanpa dasar. Karena pada dasarnya memang cukup sulit juga untuk bisa melakukan pertambangan Bitcoin. Disamping itu, perusahaan penyedia jasa juga pasti menginginkan keuntungan. Jika ternyata pada suatu saat harga Bitcoin jatuh, tentu hal ini akan menjadi masalah besar bagi perusahaan tersebut. Kita pasti sudah mengetahui bahwa harga Bitcoin cukup fluktuatif. Bahkan kadangkala cukup ekstrim.

Ditambah lagi, tingkat kesulitan menambang kian bertambah. Hal-hal ini yang tidak banyak diketahui kebanyakan orang. Karena sudah tertutup dengan keinginan memperoleh keuntungan lebih cepat saja. Berbeda dengan orang yang mungkin sudah pernah melakukan pertambangan sendiri. Menggunakan perangkat sendiri untuk menambang Bitcoin. Orang-orang seperti ini akan mengetahui jelas, permasalahan-permasalahan apa saja yang akan dihadapinya. Tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun atau membeli perangkat tersebut, tingkat kesulitan makin bertambah, pengelolaan perangkat, biaya listrik dan internet, dan hal-hal lainnya. Sehingga pada dasarnya ada resiko yang siap ditanggung untuk menjadi seorang penambang.

Terlebih jika kita pada akhirnya memberikan kepercayaan menambang kepada pihak ketiga penyedia jasa pertambangan. Dengan membeli kontrak pertambangan di salah satu situs penyedia layanan tersebut. Cukup sulit tentunya untuk bisa mengetahui apakah mereka benar-benar melakukan pertambangan itu. Cukup sulit untuk mengetahui bahwa mereka benar-benar memiliki perangkat untuk menambang Bitcoin itu. Dan hampir tidak mungkin juga kita menilik dan mengunjungi lokasi pertambangan perusahaan penyedia tersebut bukan? Apalagi lokasi kita di Indonesia, sedangkan kebanyakan dari penyedia tersebut berada di luar negeri.

Jangan Mudah Percaya Tawaran-tawaran Menggiurkan

Mulailah berfikir dengan cerdas dan cermat. Terlebih jika anda bermaksud dan memutuskan untuk membeli kontrak menambang. Jangan mudah percaya penawaran orang lain. Apalagi jika penawaran itu ada link referal.

Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan dan dijadikan pertimbangan. Anda perlu waspada jika anda melihat beberapa hal ini pada sebuah penyedia jasa pertambangan.

  • Tidak ada alamat penambangan di pool.

Maksudnya adalah, jika pada perusahaan mining tersebut tidak mengijinkan hashrate yang telah anda beli untuk diarahkan langsung ke pool pertambangan yang anda inginkan, maka besar kemungkinan mereka tidak melakukan pertambangan sendiri. Dan hal ini garis besarnya akan berakhir scam. Karena pada dasarnya tidak ada alasan untuk menyembunyikan alamat menambang.

  • Tidak ada foto hardware mining yang relevan.

Jika penyedia layanan cloud mining tersebut benar-benar melakukan pertambangan, tentu mereka mempunyai perangkat menambang yang sebenarnya. Setidaknya, hal itu bisa dilihat dari foto-fot perangkat menambang yang mereka miliki. Dilain sisi, foto inipun pada dasarnya juga bisa dipalsukan. Sehingga, bisa dikatakan, foto pun juga tidak bisa dijadikan sebagai bukti atas kepemilikannya atas hardware menambang itu.

  • initial public offering (IPO)

IPO adalah penjualan saham perdana dari sebuah perusahaan kepada investor. Dalam pembelian kontrak pertambangan, sebuah perusahaan yang tidak membatasi jumlah limit penjualan hashrate dari yang dimilikinya perlu diwaspadai. Kecuali jika cloud mining tersebut dioperasikan sendiri oleh vendor Asic atau vendor lainnya.

  • Program Referal dan Jejaring Sosial

Seperti yang disinggung diatas, program-program referal ini perlu diwaspadai. Terlebih jika ada tawaran profit referal hingga 10% atau mungkin lebih dari itu. Dan juga meminta pelanggan untuk mensosialisasikan di jejaring sosial. Pada dasarnya, perusahaan tentu akan sangat kesulitan untuk bisa membayarnya. Program-program semacam ini sebagian besar dipakai sebagai strategi marketing agar operasinya bisa berjalan lebih lama. Kebanyakan konsep ponzi lebih banyak menggunakan program semacam ini.

  • Tidak ada Endorsement dari vendor Asic atau vendor perangkat pertambangan lain

Endorsement adalah pengalihan hak kepada orang lain atas surat-surat berharga yang bisa dialihkan atau (negotiable instrument). Dalam hal pertambangan Bitcoin, Endorsement ini ini adalah dukungan dari pihak vendor perangkat pertambangan. Biasanya pihak vendor akan cukup mengapresiasi para pelanggan aktif mereka. Dan membuatkan semacam iklan gratis untuk membantu pertumbuhan bisnis pelanggannya. Sementara jika perusahaan mining tersebut tidak mendapat dukungan dari vendor maka perlu diwaspadai juga bahwa perusahaan tersebut tidak benar-benar memiliki perangkat menambang.

  • Tidak ada Solusi Alternatif

Jika pada akhirnya anda memutuskan kontrak sementara anda tidak bisa menjual kontrak tersebut, maka anda tidak akan bisa mendapat uang anda kembali. Hal semacam ini sudah umum dan dipakai dalam skema ponzi agar bisa berjalan lebih lama.

  • Operator Anonymous

Jika operator situs penyedia bersembunyi dibalik privatisasi Whois (WhoisGuard), atau tidak memberikan identitasnya maka perlu diwaspadai.

  • Program Bonus dan tawaran Garansi Keuntungan

Jika ada sebuah situs yang memberikan garansi prosentase profit besar, maka perlu diwaspadai. Anda bisa mengabaikan hal lainnya jika anda menemukan poin ini. Apalagi jika tawaran garansi tersebut hingga lebih dari 10 sampai 20 persen, atau mungkin lebih dari itu. Pada dasarnya tidak ada jumlah profit yang bisa secara konstan atau tetap.

Beberapa Situs Cloud Mining yang Sudah Kolap

Di komunitas Bitcoin Bitcointalk, disebutkan pembahasan tentang beberapa perusahaan penyedia layanan cloud mining yang sudah kolap. Beberapa situs tersebut adalah:

PBmining.com
Lunaminer.com
coinsoncloud.eu
Cryptomine.io
hashie.co (“gen1”)
bitcoinlabmining.com
ltcgear
hashprofit.com
minethatcloud.com
CoIntellect.com
terabox.me
chabatmining.com
Ecrypto.co.in
GenerateBTC.com

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

43 comments

  1. mantap dan sangat membantu, terus kan gan posting info2 yg super sperti ini…

    • Terimakasih, jika menemukan beberapa mining pool yang mencurigakan dengan indikasi2 yang kuat mungkin bisa diinformasikan kepada edukasi Bitcoin. Agar bisa ditulis di Scam Alert. 🙂

  2. Bagaimana dengan hashocean dan cldmine termasuk skema ponzi atau tidak?

    • bagaimana mengenai hashocean??
      dari hashocean minta btc lagi 0,005 guna verifikasi akun,sampai sekarang tenggang waktu nya diperpanjang terus…malah saat ini harus menunggu sampai tanggal 1/18/2017.mhn penjelasan nya, dan terima kasih

  3. Jika melihat komentar Gavin, sudah bisa diambil kesimpulan sebenarnya. Bahwa pada dasarnya tidak masuk akal. Karena tingkat kesulitan akan selalu bertambah, belum lagi biaya operasional, perawatan perangkat, biaya listrik, koneksi, biaya referal, pembagian hasil. ngaturnya bagaimana? apakah memungkinkan?

    Itu yang sebenarnya manjadi landasan komentar Gavin.

    Jika EB harus menjawab, dari keduanya yang mas witra tanyakan sama saja.

    Hanya saja, untuk saat ini masih belum terlihat. Karena dana investor yang masuk, masih mencukupi untuk jatah investor yang menarik profit. Ketika suatu saat sudah mulai tidak mencukupi karena investor baru yang masuk kurang, maka dimulailah skenario.

  4. Bookmarked dulu. Saya benar-benar belum mengerti dari mana bitcoin itu.

  5. Ass. Sekedar info saja. Untuk membuktikan masalah bitcoin mining sy melakukan mining sendiri di rumah. Dengan i7 8GB VGA 2GB sy mining dgn PC laptop ini. Sy coba menggunakan bitcoin mining software, minergate, awesome miner, dan crypto glance. 24×7 seminggu laptop sy mining. Hasilnya 0,00724xxx BTC. Ternyata bisa. Sy meminta teman untuk mencoba mining device Antminer S7 Hash Rate: 4.86 TH/s
    Power Consumption: 1210 W dan hasil miningnya pun lumayan. 0,4551xx BTC 24×14 hari. Tp ya listriknya emang mahal kl mining sendiri selain harga hardwarenya jg gak murah. Oleh krn itulah ada yg namanya cloud mining. Kita mining di cloud mining server dan nanti hasilnya dipotong untuk biaya sewa alat2 mining plus infrastrukturnya. For your information Antminer itu bisa bersuhu sampai 90 derajat Celsius kl lagi mining. So it needs a very good Air Conditioning system. (butuh AC yg bagus). Semua hal yg rumit itu dihandle sama cloud mining. Termasuk internet connection yg minimal 50MB/s. Sudah pasti harus pake fiber optic (FO). Lagi-lagi masalah infrastruktur. Kalo kita mining di cloud mining server semua hal itu sudah dihandle sama cloud mining. Kita cuma tinggal duduk manis. Kita sewa semua infrastruktur mining mereka yang kita bayar dengan Kh/s. So please bagi yang tidak mengerti cloud mining system gak usah menshare sesuatu yg tidak bisa dipertanggung jawabkan. Terima kasih.
    PS : semua yg sy tulis berdasarkan bukti empiris yg sudah saya lakukan sendiri.

    • Wassalam, menambang bitcoin memang masih bisa dilakukan dengan CPU, laptop, desktop juga bisa. Namun jika sebuah laptop bisa dilakukan untuk menambang sampai selama seminggu cukup tidak mungkin 😀 apalagi jika bisa menghasilkan 0.00724xxx BTC pada kondisi saat ini. Kemungkinan dalam beberapa jam saja suhu pc sudah mencapai 80 derajat celcius lebih bahkan. Apalagi jika tingkat kesulitannya sudah tinggi, mungkin dalam 20-30 menit juga sudah bisa bikin lepi jebol, kalau terus-terusan dipaksakan.

      tentang daya listrik dan suhu memang benar pasti akan membutuhkan pendingin yang bisa menunjang. Dan jelas itu akan menambah biaya operasional bagi penambang. Terlebih jika pertambangan itu adalah pertambangan besar. Dan oleh karena itu pula sebenarnya bisa diambil sebuah persepsi yang logis. Bahwa pertambangan Bitcoin saat ini memang sudah menjadi cukup sulit. Apalagi banyak beredar sekarang, tawaran-tawaran cloud mining yang terlalu menunjukkan iming-iming tersebut. Dan itu cukup kontraproduktif dengan realita pertambangan yang ada, banyak kesulitan yang dihadapi.

      Cloud mining kebanyakan adalah perusahaan, dan perusahaan jelas ingin mengeruk keuntungan dari upayanya itu. Jika hal itu dilakukan tanpa ada penjelasan yang logis jelaslah itu lebih banyak mencurigakan. Terlepas apakah ada cloud mining memang ada, dan memang tujuan cloud mining agar ada kesempatan untuk bisa melakukan pertambangan dibalik susahnya menambang sendiri. memang benar itu, tp apakah semua cloud mining itu bisa dan dapat dipercaya apakah mereka benar-benar melakukan pertambangan sendiri itu yang menjadi tanda tanya.

      logikanya, kalau mereka bisa mengeruk keuntungan dari pertambangan yang bisa dilakukan sendiri, mengapa tidak dilakukan saja sendiri tanpa ada embel-embel menarik investor baru agar join dalam cloud mining miliknya?

      Tentang semua infrastruktur yang disiapkan oleh pihak cloud mining memang semua mengatakan begitu. Dan semua yang ditulis inipun juga berdasarkan bukti yang lebih empiris yang dilakukan sendiri juga. hehehe

    • minta kontaknya gan, WA klo ada gan, mau tnya2 tentng crypto glance, ini no ane 0896.0207.5839
      d tunggu gan confrimnya

  6. hashocean juga buatin review

  7. kalau genesis gimana?

  8. kli hashnest gimana gan? ijin shadre ya gan… thank’s…

  9. klo hashnest gimana gan? bisa buatin review hashnest? ijin share ya gan… thank’s…

  10. Jadi intinya Cloud Mining cuman mitos ya??? perusahaan Cloud Mining ujung2nya pakek Trik “PONZI”. Tapi gk ada bukti kuat juga sih… yaa kalo menurut ane pribadi sih lebih hati2 aja. Kalo untuk hashocean menurut ane mencurigakan banget, soalnya disitus nya gk ada sama sekali metode pembayaran melalui Bank Transfer atau Kartu Kredit. Kalau untuk Hashflare.io keliatannya sih lebih meyakinkan. Tapi tetap saja Tidak ada tempat Aman apalagi di dunia Maya. Yaudahlah mending yang pasti – pasti aja daripada ikutan cloud Mining mending jual bala2 aja 😀

    • secara pribadi sy lebih suka dengan kata Mitos untuk cloud mining ini. Namun ada beberapa cloud mining yang lebih bisa dipercaya dengan beberapa kriteria yang terpenuhi, misalkan saja jika perusahaan tersebut ada endorsement vendor ASIC, atau memang dari vendor itu sendiri yang juga menyediakan layanan cloud mining. Hal itu bisa dilakukan oleh perusahaan vendor tersebut sebagai langkah pemasaran, karena tidak sepenuhnya produk ASIC mereka terjual seluruhnya di pasaran. Jadi dengan memfungsikannya di cloud mining, tentu perusahaan itu dapat berkembang.

  11. Udah deh mining yang jelas2 ja. Wlo modal agak besar dan agak lama balik modal yang penting aman http[//bitclub.network/dragonteam] data hasil miningnya jelas. Hash terbesar no 7 didunia. http://Www.blockchain.info
    Buat yang belum daftar, daftar sekarang juga di http:[//bitclub.network/dragonteam] , klo belum cukup modal. Cukup 99 usd ja dulu buat aktivasi akun akun sudah bisa jadi hak milik anda untuk selamanya dan Sudah bisa daftarin member baru dan dapat bonus sponsor. Klo sudah ada modal baru beli paket mining nya. Tunggu apa lagi

  12. Pusing saya bos ….iku grow uang raib 1500000

  13. kalau e-dinar bagaimana ya

  14. tanya ttg Hashflare ….
    apakah sudah jdi scam.?

  15. Kalau bitmagnet.biz
    Sama bitstability.net gimana?

  16. boleh minta tolong review minecloud.io ?

  17. Quote
    logikanya, kalau mereka bisa mengeruk keuntungan dari pertambangan yang bisa dilakukan sendiri, mengapa tidak dilakukan saja sendiri tanpa ada embel-embel menarik investor baru agar join dalam cloud mining miliknya?
    unquote

    saya lebih suka dengan komen diatas, itu sudah jadi parameter buat kita nentukan mining itu betul atau tidak?

    Sebaiknya main trade aja di vip.bitcoin, untuk yang belajar maen lah kecil-kecilan. Beli murah jual saat mahal. Di monitor kita sendiri.

    Yang mau sharring yukk wa 085214940875

    • yang jelas mereka punya agenda tersendiri mau go publik seperti itu
      saya cloud di hashnest dan genesis
      mau apapun agendanya terserah yang penting saya dapat profit

  18. Bagaimana dengan nanohash.net ?

  19. Mas saya pengen buat penambangan bitcoin, ada referensi vendor alat yang bagus dan masih jadi primadona tahun ini apa? Makasih

  20. KALIAN TAU BITFURY GAK? jangn provokatif donk ga semua cloud miner abal-abal hashing24 & genesis-mining itu perusahaan bagus dan bisa dibuktikan mereka membayar & bukan ponzi, cloud mining emg ada & masuk akal, krn ini utk investor yg ga mau ribet masalah infrastruktur & hardware. ok please jgn bikin review yg provokatif, silahkan dtg ke Islandia aja

  21. Kalau hashcontracts bagaimana.?

  22. Lebih nambang sendiri, atau paling tidak invest nambang ya di negara sendiri, jadi mudah mau ngeceknya.
    Dan penambangan yg bagus, lebih baik disertai perjanjian tertulis di hadapan Notaris serta perusahaan tersebut sdh berbadan hukum CV atau PT.

    Salah satu yg pernah memberi tawaran saya ada dari Medan.
    Nama Perusahaan : CV. Medan Crypto Technology
    Alamat : MCT District Centre, Jln. Darussalam No.88 Medan

    Dari mereka kita bisa alat mining atau titip modal mining disitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *