Home / News / Bitcoin / Voldermort Bantu Pecahkan Permasalahan Bitcoin
Voldermort

Voldermort Bantu Pecahkan Permasalahan Bitcoin

Voldermort Bantu Pecahkan Permasalahan Besar Bitcoin Dengan Mimblewimble

Voldermort. Tentu saja, nama Voldermort ini bukanlah tokoh dalam novel Harry Potter sebenarnya. Voldermort yang satu ini, adalah pseudonym yang dipakai oleh seorang kriptografer. Ia menggunakan nama Tom Elvis Judusor. Nama tersebut, adalah nama lengkap Voldermort dalam novel Harry Potter di edisi bahasa Perancis.

medan-meetup

Pada tanggal 19 Juli lalu, Voldermort memposting pemikirannya. Menawarkan sebuah solusi alternatif lain, saat banyak developer Bitcoin Core lebih banyak mengarah kepada Lightning Network. Ia memberikan tawaran solusinya itu dengan nama “Mimblewimble”.

Uniknya, istilah Mimblewimble tersebut juga berasal dari kisah di novel Harry Potter. Dalam cerita Harry Potter, Mimblewimble ini adalah sebuah mantra yang digunakan untuk dapat membuat musuh menjadi terdiam. Tidak bisa berkata-kata saat hendak mengucapkan mantra dalam sebuah pertarungan.

Meskipun terkesan hanya banyak menggunakan istilah dari kisah fiktif, namun temuan Voldermort ini sebenarnya cukup penting dan perlu mendapat perhatian mendalam para developer Bitcoin. Terlebih, jika ternyata itu dapat memberikan solusi yang cukup bagus untuk memecahkan permasalahan-permasalahan besar Bitcoin.

Awalnya Mimblewimble tidak banyak yang menanggapi secara serius. Namun ia kemudian ia tetap berusaha memposting juga di channel IRC. Namun setelah itu, banyak diskusi yang lebih serius untuk membahas tentang Mimblewimble temuan Voldermort ini.

Sebenarnya, Mimblewimble menggabungkan beberapa teknik kriptografi lama. Yakni menggabungkan antara One Way Aggregate Signatures (OWAS), dengan Confidential Transaction (transaksi rahasia). Lalu dilanjutkan dengan menggabungkan transaksi antar block dengan memodifikasi versi CoinJoin dari Dr Maxwell.

Menurut Voldemort, OWAS mempunyai fungsi yang cukup bagus untuk menggabungkan transaksi di dalam block. Ujungnya, OWAS ini dapat menghemat kapasitas ukuran block, karena telah banyak transaksi yang digabungkan.

Ukuran Blockchain akan terus bertambah besar. Saat ini, kurang lebih telah terdapat 150 juta transaksi di dalam blockchain. Belum lagi ditambah dengan 4 juta output unspent. Voldermort melihat hal ini akan cukup banyak berguna jika sebegitu banyak transaksi itu dapat di gabungkan.

Sedangkan Confidential Transaction ini adalah sebuah pola lain dari puzzle dalam sebuah transaksi. Puzzle ini dipergunakan untuk membentengi transaksi. Sehingga, hanya pengirim dan penerima saja yang nantinya akan dapat melihat berapa nilai transaksinya.

Sayangnya, penerapan solusi alternatif ini haruslah dengan cara menghapus script Bitcoin yang ada. Penggabungan antara OWAS dan Confidential Transaction agar dapat menggabungkan transaksi antar block, tidak dapat dilakukan menggunakan script secara umum. Voldermort menerangkan bahwa dengan OWAS dan Confdential Transaction tersebut, sudah cukup untuk dapat memvalidasi output transaksi. Lalu bisa juga untuk menggabungkan transaksi.

Karena penerapan Mimblewimble ini membutuhkan banyak perubahan, terutama tentang script Bitcoin, maka kemungkinan besarnya tidak akan support untuk smart contract maupun juga pada channel micropayment. Padahal script Bitcoin selama ini, telah banyak digunakan oleh banyak orang.

Meski demikian, hasil temuan Voldermort ini nampaknya membawa angin segar bagi developer Core Bitcoin. Terutama tentang ide untuk menghemat kapasitas block dan juga temuan transaksi rahasia (Confidential Transaction) untuk meningkatkan keamanan.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *