Home / News / Jurnal Bitcoin / Tiga Teknologi Masa Depan ID
tiga teknologi

Tiga Teknologi Masa Depan ID

Tiga Teknologi Masa Depan ID – Jadi Cara Elegan Transaksi Digital Yang Lebih Aman

Tiga Teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi tak dipungkiri membawa dampak tersendiri. Salah satunya yang bersifat negatif adalah dengan meningkatnya penipuan berbasis online. Namun meski demikian, meningkatnya perkembangan teknologi juga membawa pengaruh positif juga. Terutama bagaimana teknologi dapat melindungi identitas digital pemiliknya.

Penipuan online ini menggunakan modus dengan berpura-pura menjadi orang lain untuk mencuri dari orang lain. Nachiketa Mitra, wakil Presiden dari Cognizant menuliskan di paymentssource.com tentang hal ini.

Menurutnya, dalam setiap menit telah ada setidaknya $35.000 yang telah berhasil dicuri menggunakan cara tersebut. Kisaran tersebut juga tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Pencurian online cara ini, berjumlah lebih banyak daripada yang bersifat fisik, misalnya dengan mencuri domain.

Nachiketa Mitra melihat ada peningkatan keamanan dalam transaksi pada kartu elektronik saat ini. Standar baru kartu pembayaran yang menggunakan chip built-in (EMV) telah dapat mengotentikasi transaksi. Hal tersebut diyakininya menjadi salah satu penyebab kian meningkatnya pencurian secara online.

Di Inggris, kartu EMV telah digunakan sejak tahun 2005. Pasca itu, ada penurunan penipuan yang cukup signifikan. Namun disamping itu, hal terbalik dengan meningkatnya penipuan pada yang berbasis web dan juga pembayaran via mobile. Bahkan ada juga peningkatan akun palsu. Dalam hal ini para penipu berusaha mengalihkan daya upayanya pada dunia digital, dan mulai meninggalkan upaya-upaya fisik.

emv
Ada penurunan sejak EMV mulai digunakan.
makin kompleks
Makin kompleks, para penipu mulai beralih secara online

Ada tiga perkembangan teknologi yang saat ini dapat membantu meminimalisir hal ini. Tiga teknologi itu menurut Nachiketa Mitra adalah Biometrik, Blockchain, dan Analytic Social. Ketiganya, dapat bermanfaat untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam proses pembayaran digital.

Biometrik

Teknologi ini menjadi kian dikembangkan karena ID pengguna dan password cukup potensial untuk dicuri ataupun ditembus. Sehingga perusahaan juga banyak yang beralih kea rah biometric ini. Teknologi biometric ini mengotentikasi pengguna menggunakan sidik jari, retina, suara, hingga pengenalan wajah penggunanya.

Teknologi ini diyakini akan aman karena dengan biometric ini, pengguna saat mengotentikasi harus berhadapan langsung dengan perangkat. Sehingga pencuri pun saat berupaya hack server pusat menjadi kesulitan. Salah satu perusahaan bernama The Fido Alliance, bahkan sedang mengembangkan standar kompatibilitas perangkat otentikasi berbasis Biometrik ini.

Analytics Social

Saat kita berinteraksi dengan orang lain secara online, tentu kita akan meninggalkan rekam jejak digital. Baik jejak klik, komentar, geotag, apa yang kita suka, dan banyak hal lainnya. Secara keseluruhan, ada pola yang mampu menceritakan siapa pengguna tersebut. Sehingga ada analisis kognitif yang dipelajari oleh perangkat berdasarkan pola-pola tersebut.

Jika kemudian perilaku interaksi sosial itu berkaitan dengan informasi pribadi, maka juga akan menimbulkan otentikasi penggunanya berdasarkan dari rekam jejak sosial tersebut.Dari rekam jejak interaksi sosial itu, dapat digunakan untuk memverifikasi identitas penggunanya.

Blockchain

Blockhain adalah sebuah database peer to peer. Ledger public ini dapat mencatat keseluruhan transaksi dan mendistribusikannya kepada banyak orang. Otentikasi satu orang dengan orang lainnya dilakukan secara universal melalui identifier yang dapat dijamin keabsahannya.

Blockhain bahkan memberikan control penuh penggunanya atas informasi mereka. Selain itu, setiap transaksi yang berlangsung juga mempunyai penanda masing-masing. Sehingga validasi ini dapat berlangsung secara real time. Karena sifatnya yang tidak terpusat, dapat meminimalisir terjadinya penipuan, dan juga menutup celah-celah terjadinya penipuan.

Tiga teknologi diatas, menjadi masa depan pembayaran digital yang aman. Dapat melindungi identitas pengguna dengan versi digital yang lebih aman, dan menutup celah-celah penipuan secara online. Sehingga transaksi online yang dilakukan secara online juga akan dapat berjalan dengan aman dan elegan.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Bagaimana Blockchain Mampu Sebagai Peyimpan Aset Dan Komoditas Pengantar: Sebelum kita memutuskan untuk membeli beberapa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *