Home / News / Bitcoin / Tidak Bisa Menarik Dana Di SurBitcoin
Tidak Bisa Menarik Dana di SurBitcoin

Tidak Bisa Menarik Dana Di SurBitcoin

Tidak Bisa Menarik Dana, Banyak Pengguna exchanger SurBitcoin Frustasi

Tidak Bisa Menarik Dana. Dilaporkan dari Bitcoinx.io, banyak pengguna exchanger SurBitcoin tidak bisa melakukan penarikan dana. Peristiwa itu terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Seperti yang telah dikabarkan bitcoinx 28 April 2016 kemarin.

SurBitcoin adalah sebuah bursa pertukaran Bitcoin (exchanger) yang berada di Venezuela. Melalui SurBitcoin tersebut, masyarakat yang berada di Venezuela bisa melakukan jual dan beli Bitcoin. Pengguna, bisamenggunakan mata uang lokalnya, Boliviar atau yang disingkat dengan VEF.

Pada SurBitcoin merupakan sebuah exchanger “berlabel putih”. Artinya exchanger tersebut telah bekerjasama dengan sebuah provider BlinkTrade. Label putih ini merupakan istilah yang dipakai dalam sektor keuangan secara tradisional, dimana provider melakukan pembelian produk maupun servis dari pihak ketiga.

Produk tersebut, ditamatkan label sendiri oleh provider itu, lalu menjualnya kembali sebagai produk mereka dengan label baru yang disematkan tersebut. Pelanggan jarang yang mengetahui hal ini. Bahwa produk tersebut aslinya berasal dari sebuah pihak ketiga. Dalam hal ini, SurBitcoin adalah pihak ketiganya.

Pengguna mulai kesulitan tidak bisa menarik dana dari SurBitcoin terjadi mulai bulan Maret hingga April. Meski telah banyak dari pengguna tersebut yang telah mengabarkan keluhan mereka tersebut. Namun, tidak ada tanggapan dari exchanger atas keluhan-keluhan pelanggannya tersebut. Banyak spekulasi yang mengasumsikan penyebabnya karena ada masalah dan situasi ekonomi yang buruk di Venezuela.

Sedangkan ada spekulasi lain yang berasumsi karena SurBitcoin mempunyai masalah yang lebih serius. Ada yang mengatakan bahwa SurBitcoin sedang diselidiki oleh pihak Pemerintah. Sementara Daniel Arraez bahkan dikabarkan telah ditahan untuk menjalani penyelidikan atas aktifitas exchanger tersebut. Penyebabnya, karena exchanger tersebut dianggap ilegal berdasarkan hukum di Venezuela.

komentar atas bitsurfBeberapa orang dari komunitas Bitcoin, menganggap masalah ini cukup sensitif. Hal itu terkait dengan peristiwa beberapa tahun yang lalu yang telah menimpa Mt.Gox. Arturo D’Elia, salah seorang anggota komunitas Bitcoin di Google+ memberikan komentar:

”Ya Tuhan, Mengapa orang-orang masih menyerahkan kendali Bitcoin mereka pada pihak ketiga? Sungguh gila!”

Lalu AvatarX, pendiri komunitas Bitcoin di Google+ tersebut memberikan tanggapan, bahwa situasi di Venezuela saat ini sedang panas. Ia menganggap masalah yang terjadi SurBitcoin karena exchanger tersebut sebagai remittance. Namun pada akhirnya tidak dibuat seperti itu. Ia berharap semoga orang disana bisa menarik uangnya kembali lewat ATM.

Sementara itu, Pendiri BlinkTrade, Rodrigo Souza memberikan komentar tentang masalah SurBitcoin. Ia mengatakan, ”SurBitcoin dikelola dan dioperasikan oleh VK Inversiones (Kevin Charles). Tidak ada dana yang diterima Daniel Arraez. Anda bisa menayakan ini ke SEBIN. Bitcoin 100% legal di Venezuela. SurBitcoin hanya berurusan dengan Bank. Kecuali jika pihak Bank tidak melakukan AML dengan benar. Tidak mungkin kalau SurBitcoin berpartisipasi dalam aktifitas pencucian uang. Banyak rumor yang disebar oleh para pembenci SurBitcoin di Venezuela. Kami biasanya tidak mengomentari mereka. Tolong hentikan menyebarkan desas-desus ini Anda tidak akan membantu siapapun. Jika memang anda inginkan kebenaran, anda harus datang ke SEBIN dan menanyai mereka. SEBIN tidak mirip seperti FBI di USA. SEBIN identik dengan KGB, dari organ lama SSSR.“ kata Rodrigo.

Karena peristiwa Situasi yang menimpa di SurBitcoin ini, membuat volume perdagangan di bursa Bitcoin menurun secara drastis. Selain itu. Hal ini juga menambah beberapa deretan Exchanger yang mengalami masalah dari kurun waktu Maret hingga April ini. Sebelumnya telah banyak juga exchanger Bitcoin yang mengalami masalah, ada yang tutup, maupun terkena serangan di servernya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Exchanger Cryptocurrency Rusia

Exchanger Cryptocurrency Rusia Pertama Siap Berdiri

Exchanger Cryptocurrency Rusia Pertama Siap Berdiri – Setelah Pihak Otoritas Rusia Berencana Batalkan Ancaman Hukuman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *