Home / News / Bitcoin / Sejarah Akan Mencatat Ulang Satoshi Nakamoto
Sejarah Akan Mencatat Ulang

Sejarah Akan Mencatat Ulang Satoshi Nakamoto

Sejarah Akan Mencatat Ulang Satoshi Nakamoto Dengan Nama Craig Wright     

Sejarah Akan Mencatat Ulang. Dengan pengakuan Craig Wright maka sejarah akan mencatat ulang tetang nama Satoshi Nakamoto. Sebelumnya, di banyak publikasi, tulisan, makalah, penelitian, yang sebelumnya menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, akan kembali berulang dengan mulai mencatatkan nama Craig Wright. Pemilik nama samaran tersebut yang lebih dulu dikenal luas, dan menjadi bagian sejarah Bitcoin selama ini.

medan-meetup

Saat ia mempublikasikan papernya pertama kali di komunitas kriptografi. Memang akan nampak bahwa sosok Craig Wright adalah sosok yang tepat. Memenuhi kriteria dan cukup memenuhi karakter yang ditunjukkan oleh nama Satoshi Nakamoto.

Komentar Jon Matonis tentang hal ini, saat ia melakukan pembuktian atas Craig di London, ia meninjaunya dari sisi kriptografi, sosial, dan teknis. Karakter Satoshi dalam komunikasinya selama ini, bisa dikatakan cukup mewakili karakter Satoshi.

Ada persepsi yang berkembang sebelumnya. Bahwa Nama Satoshi Nakamoto adalah bukanlah satu orang. Namun jika itu dibandingkan dengan gaya penulisan, penguasaan materi dan banyak faktor lain, cukup sulit hal itu dilakukan oleh banyak orang yang bisa secara gamblang bisa menjelaskan dan menjawab keseluruhan pertanyaan.

Kita bisa melihat hal ini pada presentasi tentang Lightning Network, yang diperkenalkan oleh Joseph Poon & Thaddeus Dryja. Pada presentasi itu, akan terlihat bagaimana kerumitan menjelaskan hal-hal yang saling terkait. Karena dengan banyak orang, tentu akan mempengaruhi spesifikasi penguasaan materi. Terlihat di dalam presentasi itu, antara Joseph Poon dan Thaddeus saling bergantian untuk menjelaskan berdasarkan penguasaan materi masing-masingnya.

Jika Satoshi Nakamoto adalah orang yang tunggal, maka tentu akan lebih gamblang, dan mengetahui secara pasti atas apa yang ia lakukan dan kerjakan. Sementara di artikel beberapa petunjuk tentang Satoshi nakamoto, dijelaskan juga bahwa Satoshi pernah memberikan sebuah kutipan. Ia menunjukkan kutipan itu sebagai orang yang mungkin bukanlah seorang akademisi. Karena kebanyakan akademisi akan lebih banyak menuliskan ide yang ditemukan segera mungkin, sebelum mereka membangun sistem tersebut.

Sedangkan Satoshi mengambil sebuah langkah yang terbalik. Ia mengatakan:

“Saya benar-benar membuat Bitcoin dengan jalan yang terbalik. Saya harus menuliskan semua kode sebelum saya bisa meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya bisa memecahkan setiap masalah, kemudian saya menuliskannya. Saya berfikir saya akan mampu merilis kode lebih cepat daripada saya menuliskan rincian spesifikasinya”

Perkataan Satoshi di dalam mailinglisnya. Saat itu, ia banyak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Hal Finney.

Andaikan Hal Finney Masih Ada

Bisa dikatakan, Hal Finney adalah orang yang cukup banyak berkomunikasi dengan Satoshi. Dan Satoshi pun, tentu sudah mengetahui Hal Finney dengan latar belakang dan pengalamannya dalam kriptografi.

Hingga akhirnya Satoshi Nakamoto pun mencantumkan kredit Hal Finney di dalam referensi Bitcoin. Namun karena penyakit yang dideritanya makin memburuk, Hal Finney pun akhirnya tidak bisa lagi melanjutkan komunikasinya. Sejak saat itu pula, Satoshi pun mulai berangsur menjauh.

Sedangkan Hal Finney pun pernah membuat sebuah tulisan yang kemudian dipublikasikannya di Bitcointalk. Ia mengatakan bagaimana ia mengenal Bitcoin pertama kali di tahun 2008. Dan saat Satoshi mempublikasikan papernya tersebut, ia memang suka dan melihat ide tentang Bitcoin akan bisa dilakukan. Terlebih, Finney memang menyukai bidang crypto. Termasuk juga dengan misteri dan paradox di dalamnya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *