Home / News / Bitcoin / Salah Kirim Transaksi Dengan Fee Besar

Salah Kirim Transaksi Dengan Fee Besar

Salah Kirim Transaksi Dengan Fee Besar – Nilai Fee Hingga 2,5 BTC.

Salah Kirim Transaksi. Salah seorang pengguna bitcoin, melakukan kesalahan saat melakukan transaksi pengiriman sejumlah bitcoin. Seseorang dengan nama Voiceeeeee, menyampaikan permasalahannya di forum bitcointalk. Akunya, dana itu adalah dana tabungan untuk kebutuhan kuliahnya.

medan-meetup

Saat itu, Voiceeeeee berniat mengirim total 0.24701244 BTC pada dua output address, pada tanggal 8 Maret lalu. Pada detail transaksi itu, ukuran transaksi sebesar 2051 bytes, dan dicantumkan nilai fee per byte sebesar 121.891,76 satoshi. Sehingga tentu saja, benar bahwa total fee itu mencapai total 2,5 BTC.

detail transaksi
Detail transaksi Voiceeeeee, fee pada transaksi senilai 2,5 BTC

Maka, dengan fee yang cukup besar tersebut, transaksi pun memang mampu terproses dengan waktu yang relative lebih cepat. Namun Voiceeeee nampak baru menyadari kesalahan yang telah dibuatnya itu, dan segera memposting di forum untuk meminta bantuan.

Ketika keluhannya itu disampaikan di forum Bitcointalk tak lama setelah mengetahui kesalahannya, ia banyak mendapat saran dari anggota forum lain yang membantu memecahkan permasalahan itu. Salah seorang dengan nama xhomerx10, lantas berusaha membantu dengan membuat sebuah tiket support ke pihak Bitmain. Penelusuran bagaimana dapat menyimpulkan bahwa transaksi tersebut berelasi dengan Bitmain, tentu saja hal ini dapat dengan mudah ditelusuri.

Baca Juga: Cara Membaca Detail Transaksi

Kita tentu masih ingat, bahwa semua transaksi di dalam bitcoin, disimpan di dalam block-block baru yang dihasilkan setiap rata-rata waktu 10 menit oleh para penambang. Sehingga, penambang selanjutnya yang memproses block baru valid itu, akan memperoleh reward block dan sekaligus semua fee transaksi yang ada di dalam block baru itu.

Dalam hal ini, transaksi dengan ID 4d45a14ee73…….. dimasukkan di dalam block dengan nomor #456363. Sedangkan pada block baru itu, berhasil di relay oleh AntPool, sebuah pool besutan dari Bitmain. Karena blockchain bersifat open ledger dan dapat diakses detailnya oleh publik, maka detail block pun dapat ditelusuri.

detail block
Block yang berisi transaksi Voiceeeeee, dihasilkan oleh Antpool.

Usaha yang dilakukan oleh Xhomerx10 dengan mengirimkan tiket support ke pihak Bitmain, adalah untuk menceritakan detail dan kronologis permasalahan karena kesalahan transaksi tersebut. Alhasil, pihak Bitmain pun segera mengkoordinasi dengan pool besutannya, AntPool. Menurut pihak Bitmain, kesalahan transaksi itu adalah murni kesalahan pengguna sendiri.

Pihak Bitmain, menjelaskan tentang reward fee yang diperoleh dari block baru bernomor #456363, telah didistribusikan sepenuhnya kepada para peserta penambangan di pool AntPool. Tentu saja, dengan tipikal pola pool yang menggunakan PPS  dan PPLNS, maka hasil reward pun segera mungkin didistribusikan kepada seluruh peserta penambangan.

tanggapan Bitmain
Tanggapan dari pihak Bitmain

Pada kasuistis salah kirim transaksi seperti ini, jika kesalahan itu karena kesalahan pengguna sendiri , tidaklah mungkin lagi untuk mencoba mendapatkan kembali fee transaksi itu. Pihak Bitmain pun merasa cukup menyayangkan hal itu sampai bias terjadi.

Nasib mujur Voiceeeeee  dalam peristiwa ini. Meski Bitmain menyadari bahwa kesalahan transaksi itu adalah kesalahan pengirim sendiri, namun pihak Bitmain, memutuskan untuk menggantinya. Hasilnya, pada tanggal 14 Maret lalu, pada Address milik Voiceeeee, berhasil menerima kembali 2,5 BTC.

Pengiriman kembali 2,5 BTC
Voiceeeeee menerima 2,5 BTC dari Address 1L75eRMgeCwAxEjD1oWXjLgud9jxwxm34u

Jika ditelusuri lebih jauh, Address pengirim itu, adalah, 1L75eRMgeCwAxEjD1oWXjLgud9jxwxm34u. Sementara pada address itu, recent transaksinya banyak berkaitan dengan transaksi coinbase (penciptaan unit bitcoin baru). Jadi cukup kuat dugaan bahwa address itu adalah address milik Antpool dari Bitmain, yang sebelumnya berniat untuk mengganti kesalahan transaksi itu.

Address AntPool
Address ini sering menerima transaksi coinbase (transaksi untuk pemberian reward block baru yang ditandai dengan tanpa ada input).

Dari peristiwa salah kirim transaksi ini, kita tentu dapat mengambil banyak hal, agar kedepan, saat melakukan transaksi bitcoin haruslah penuh dengan ketelitian, agar tidak mengulangi kesalahan yang terjadi. Berkaca dari apa yang menimpa Voiceeeeee, masih bernasib baik kalau ternyata pihak Bitmain mau mengganti kesalahan yang tidak dibuat oleh pihaknya maupun Antpool. Bagaimana jika pool tidak mau mengganti? Tentu kita sendiri yang harus menanggung akibat atas kesalahan yang kita buat sendiri.

Sementara di sisi lain, kita dapat melihat sendiri manfaat dari begitu transparan pencatatan transaksi bitcoin ini. Sehingga, apa yang dilakukan Xhomerx10 dan yang lain, mampu untuk mencoba membantu menyelesaikan masalah. Itu semua mudah dilakukan, karena pencatatan transaksi di dalam blockchain memang cukup transparan, detail, dan tidak dapat dimanipulasi. Begitupun juga pada peristiwa ini, pihak Bitmain dan Antpool, dapat juga menelusuri detail transaksi yang terjadi. Ketika memang melihat detail transaksi dengan fee 2,5 BTC tersebut.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *