Home / News / Bitcoin / Rusia Ingin Cryptocurrency Nasional Sendiri
Cryptocurrency Nasional Rusia

Rusia Ingin Cryptocurrency Nasional Sendiri

Rusia Ingin Menggunakan Cryptocurrency Nasional Rusia – Dan Upaya Menyingkirkan Cryptocurrency Lainnya

Cryptocurrency Nasional Rusia. Diberitakan di media kommersant.ru, bahwa Rusia berencana memperkenalkan cryptocurrency nasional sendiri. Lebih lanjut dalam perencanaan itu, termasuk juga bagaimana mengatur lisensi, aturan bursa pertukaran mata uang, dan meregulasikan peraturan yang bisa meminimalisir anonimitas dalam transaksi pembayarannya.

medan-meetup

Rencana tentang cryptocurrency nasional tersebut, nantinya juga berusaha untuk menyingkirkan cryptocurrency lain di Rusia. Sementara, untuk meminimalkan resiko penggunaan cryptocurrency, ada skema yang dilakukan agar bisa melindungi hak-hak konsumen. Dengan upaya mengurangi biaya transaksi, namun dengan akses yang lebih baik.

Paul Livadniy, Wakil Direktur di Rosfinmonitoring (The Federal Financial Monitoring Service of the Russian Federation) mengatakan, bahwa saat ini pihaknya masih melakukan upaya konsolidasi dengan pemangku kebijakan lainnya di Rusia. Ide tentang rencana cryptocurrency nasional itu akan dibahas dengan perwakilan perbankan di Rusia dengan Menteri Keuangan dan Bank Sentral Rusia.

Beberapa hal terkait dengan perencanaan tersebut, mempertimbangkan juga pembebasan emisi. Nantinya, bukan hanya komputer yang bisa menghasilkan algoritma tertentu saja seperti pada Bitcoin yang tanpa ada tanggung jawab hukum yang menanganinya. Peran itu diambil alih fungsinya oleh pemangku kebijakan seperti Lembaga Keuangan. Begitupun halnya tentang bagaimana bisa meminimalisir anonimitas pengguna saat melakukan transaksi. Akan ada aturan khusus yang diberlakukan.

Rosfinmonitoring menganggap Ide tentang cryptocurrency nasional rusia sebenarnya tidak begitu menarik, namun pihak di Rusia lebih tertarik dengan pemanfaatan teknologi Blockchain. Karena dengan teknologi ini, akan memungkinkan untuk merekam semua operasi di dalam blockchain dengan sumber daya komputasi di seluruh dunia.

Stanislav Protasov, co-founder Acronis Rusia menerangkan, “Teknologi Blockchain juga dipakai di cryptocurrency seperti Bitcoin. Sehingga bisa menjadi alat pembayaran berbasis teknologi Blockchain. Selain itu, teknologi ini juga bisa digunakan untuk perbankan, farmasi, asuransi, dan apapun yang anda perlukan agar bisa melakukan transaksi sesama anggota di dalam jaringan,” terangnya.

Sebelumnya, German Gref, pimpinan Bank Sberbank Rusia juga melihat Blockchain mampu merevolusi semua industri tanpa kecuali. Mulai dari pertanian, dan berujung pada perbankan. Sementara Kepala pimpinan e-business Alfa Bank Rusia, Vladimir Urbanskiy pernah mengatakan, “Untuk mengenalkan transaksi keuangan yang berbasis sistem Blockchain adalah mustahil, karena tidak diregulasikan”, katanya.

Vladimir Urbanskiy menuturkan, “Jika implementasi cryptocurrency Blockchain memungkinkan untuk memperkenalkan sistem transaksi keuangan yang khusus, maka akan secara signifikan bisa mengurangi biaya penyimpanan data. Lebih banyak bertaruh untuk transaksi yang lebih murah dengan membuat sistem mata uang elektronik,” tuturnya.

Senada dengan pendapat diatas, Peter Darakhvelidze dari WebMoney Transfer Rusia mengungkapkan, “Implementasi dibidang transfer elektronik dengan teknologi Blockchain akan membantu meminimalkan biaya untuk penyimpanan data, hasilnya akan bisa mengurangi biaya itu secara signifikan,” ungkapnya.

Terkait dengan sikap ambigu yang diambil oleh pemangku kebijakan di Rusia tentang penanganan cryptocurrency, Bank Sentral Rusia tidak banyak memberikan komentar. Alexander Galitskiy dari Almaz Capital Partners di Rusia mengomentari hal tersebut. Ia menerangkan, “Setiap larangan, adalah pertanda buruk dalam dunia cryptocurrency terkait pada kerjasama internasional yang berbeda. Kita harus menemukan cara untuk mengadopsi berbagai perkembangan dunia agar memberikan kesempatan, dan bisa diwujudkan di Rusia. Relasi paralel dapat membangun cryptocurrency bisa lebih kompatibel dengan pasar dunia, dan dunia tidak akan mau datang pada satu cryptocurrency tunggal seperti itu,” terangnya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *