Home / News / Jurnal Bitcoin / Perbankan Mulai Main Mata Dengan Bitcoin Dan Blockchain
Perbankan Mulai Main Mata Dengan Bitcoin Dan Blockchain

Perbankan Mulai Main Mata Dengan Bitcoin Dan Blockchain

Perbankan Mulai Main Mata. Tahun 2015 kemarin, pasar Blockchain meningkat tajam, dan di tahun 2016 diproyeksikan akan berlanjut. Cukup banyak perusahaan, perbankan yang mulai melirik dan bahkan sudah berinvestasi. Tahun ini, tuntutan dunia perbankan akan makin besar, termasuk didalamnya adalah penerapan teknologi yang semakin efektif, cepat, dan murah.

Perkembangan teknologi digital, adalah separuh nyawa dari dunia perbankan. Ketika hendak melawan arus dan menolak kodratnya sebagai bagian dari perkembangan teknologi kekinian tentu akan membuatnya tersingkir dan jatuh. Menolak kemajuan teknologi dan menganggap sebagai ancaman keuangan konvensional adalah anggapan yang sempit.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa lembaga keuangan besar yang mulai merangkul Bitcoin dan Blockchain. Mereka beranggapan sudah saatnya lembaga keuangan untuk bergerak maju, selain itu juga bermanfaat bagi sistem database mereka. Beberapa lembaga keuangan tersebut antara lain:

1. BNP PARIBAS
Bank BNP Paribas asal Perancis ini siap untuk menambahkan Bitcoin sebagai salah satu mata uang.

2. SOCIETE GENERALE
Bank ini juga berkedudukan di Perancis, cukup tertarik dengan teknologi bitcoin dan blockchain, hingga mereka mencari karyawan pengembangan IT untuk bidang Bitcoin.

3. CITY BANK
Pihak City Bank mengatakan, bahwa saat ini pihak pemerintah Inggris tengah mempertimbangkan untuk membuat mata uang digital sendiri melalui Freedom of Information Request (FOI).
Menurut Ken Moore, kepala Inovasi Labs Citi, mengatakan kepada International Business Times saat itu, bahwa bank delapan terbesar dunia telah mempelajari teknologi buku blockchain yang didistribusikan untuk beberapa tahun terakhir. Dia juga menambahkkan, bahwa bank telah membangun tiga sistem blockchain dan menguji cryptocurrency mereka sendiri, yakni Citicoin.

4. UBS
Bank investasi UBS membuat sebuah Lab inovasi khusus, dan di lab tersebut akan melakukan eksplorasi teknologi yang berkembang seperti blockchain dan mata uang digital untuk memahami dampak potensial untuk industri.

5. BARCLAYS
Barclays, bank multinasional Inggris mengungkapkan rencana untuk menggunakan teknologi bitcoin.

6. GOLDMAN SACHS
Goldman Sachs menerbitkan laporan tentang mata uang digital tahun lalu yang menyoroti potensi teknologi blockchain.

7. BANCO SANTANDER
Senada juga dengan perbankan raksasa Spanyol satu ini, Banco Santander telah bereksperimen dengan teknologi blockchain.

8. STANDARD CHARTERED
Chief innovation officer di Standard Chartered, Anju Patwardhan, berbagi cerita di LinkedIn tentang pendapatnya pada blockchain bitcoin, menekankan bagaimana itu bisa membantu mengurangi kartu kredit, serta biaya transfer uang.

Bisa jadi, akan lebih banyak perbankan lainnya yang akan mulai bergabung dengan teknologi desentralisasi mata uang digital ini. Beberapa bank lainnya juga sudah mulai melakukan investigasi untuk mengetahui bagaimana aplikasi blockchain ini dapat berguna untuk bisnis perbankan.

Lantas, menanggapi hal tersebut, pihak Microsoft, membantu pihak perbankan dan merealisasikan hal tersebut kedalam bisnis secara nyata. Sementara ekosistem starups juga tumbuh dan mendorong untuk menggunakan layanan diluar industry perbankan.

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Bagaimana Blockchain Mampu Sebagai Peyimpan Aset Dan Komoditas Pengantar: Sebelum kita memutuskan untuk membeli beberapa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *