Home / News / Bitcoin / Perangkat Hacking NSA Dicuri Sekelompok Hacker
Perangkat Hacking NSA

Perangkat Hacking NSA Dicuri Sekelompok Hacker

Perangkat Hacking NSA Dicuri Sekelompok Hacker – Minta 1 Juta Bitcoin

Perangkat Hacking NSA. Perangkat mata-mata pihak NSA (National Security Agency) telah dicuri sekelompok hacker. Kabarnya, akibat kebocoran itu menjadi pukulan terbesar NSA sejak tahun 2013.

Pihak NSA mencurigai sekelompok hacker tersebut bernama Shadow Broker. Hal itu diketahui setelah sepekan terakhir mereka telah memposting perangkat malware yang sama dan digunakan oleh Equation Group. Nama grup itu adalah sebuah nama sandi hacker yang terkait dengan NSA.

Shadow Broker, pada situsnya menyatakan, “Kami telah menemukan berbagai macam perangkat dari Equation Group. Kami menemukan banyak senjata cyber Equation Group. Anda bisa melihat di gambar. Kami memberikan beberapa file Equation Group ini secara gratis.” Namun belakangan, di situsnya tersebut posting itu telah dihapus.

Sekumpulan file yang menjadi harta karun asal NSA itu berukuran kurang lebih 300 megabyte. Bahkan, belakangan kelompok Shadow Broker tersebut akan melelang sekumpulan file itu dengan meminta 1 juta Bitcoin. Namun pada rencana lelangnya, kumpulan file yang dilelang berukuran 173,8 megabyte.

file-shadowbroker
Beberapa file yang berhasil diambil shadowbroker

Perangkat hacking NSA itu merupakan senjata digital yang dirancang untuk dapat mengeksploitasi dan menembus firewall, lalu mengambil alih firewall tersebut. Dapat menembus firewall yang dibuat oleh Cisco maupun Fortinet.

Selain itu, kabarnya pada beberapa file itu juga terdapat sebuah alat implan yang bisa membantu hacker untuk mengambil dan mengubah informasi sistem, jika telah berhasil ditembus. Tidak hanya itu, ada juga beberapa perangkat yang berisi bug Zero day.

Nicholas Weaver, seorang peneliti keamanan komputer di Universitas California menerangkan, “tidak diketahui secara pasti apakah benar bahwa NSA telah di hack. Mungkin saja operator NSA telah keliru saat mengupload satu set perangkat itu pada proxy server yang digunakan agensi itu untuk melakukan infiltrasi,” terangnya.

shadowbroker di Reddit
Posting lelang file shadowbroker di Reddit

Shadow Broker lalu cukup agresif untuk memposting di twitter, reddit, dan juga Github. Kelompook ini berupaya untuk mempromosikan nama mereka di sejumlah situs tersebut. Di Reddit, mereka mematok harga lelang yang cukup tinggi atas hasil upaya mereka.

shadowbroker
Akun twitter shadowbroker melelang file NSA

Nampak dari hal ini, mereka ingin menjadi pusat perhatian, dan mereka berhasil melakukannya. Dari nama yang digunakan kelompok ini, kemungkinan besar diambil dari sebuah game fiksi bernama Mass Effect. Pada game tersebut, Shadow Broker adalah nama sebuah organisasi lelang informasi-informasi yang berharga. Untuk menarik perhatian banyak orang, kelompok ini sengaja membagikan beberapa file itu secara gratis.

Menurut Matt Tait, CEO Capital Alpha Security, “File gratis itu mungkin palsu. Cukup rawan penipuan. Meski mereka mengatakan tujuannya untuk meminta donasi, itu mungkin layak dilakukan oleh hacker,” ujarnya.

Banyak orang yang menyangsikan kebenaran Shadow Broker. Namun dari file-file tersebut, nampak bahwa lelang file hasil curian tersebut adalah benar. Meskipun tidak ada bukti yang bisa menjelaskan secara definitif hal tersebut.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *