Home / Tentang BItcoin / Dompet Bitcoin / PENGERTIAN DOMPET BITCOIN
PENGERTIAN DOMPET BITCOIN

PENGERTIAN DOMPET BITCOIN

Apa Itu Dompet Bitcoin

PENGERTIAN DOMPET BITCOIN. Wallet Bitcoin, adalah tempat (dompet) penyimpanan Bitcoin. Seseorang, tidak akan bisa memiliki Bitcoin tanpa mempunyai tempat penyimpanan Bitcoin (Dompet Bitcoin / Wallet Bitcoin). Fungsi wallet Bitcoin ini adalah untuk menyimpan beberapa keypair kriptografi, atau lebih biasa dikenal dengan sebutan “Bitcoin Address” (alamat Bitcoin).

Sifat Wallet Bitcoin berbeda dengan dompet konvensional yang biasa kita kenal, yang fungsinya mampu menyimpan sejumlah uang. Sementara, Wallet Bitcoin memiliki fungsi yang berbeda, karena dompet Bitcoin akan mengorganisasikan sejumlah alamat Bitcoin (Bitcoin address) yang dimiliki oleh si pengguna.

Sementara itu jumlah dana yang dimiliki pengguna dapat diakses dengan melakukan permintaan data jumlah dana yang terdapat pada alamat-alamat Bitcoin yang dimiliki dan menjumlahkannya.

Di dalam Bitcoin, seorang pengguna Bitcoin, bisa memiliki banyak alamat bitcoin. Dengan alamat bitcoin (Bitcoin Address) inilah, pengguna Bitcoin bisa saling bertransaksi, baik mengirim maupun menerima Bitcoin dari pengguna lainnya.

Untuk bisa membelanjakan Bitcoin, pemilik membutuhkan baris kode khusus bernama “private key”. Baris kode ini disimpan di dalam “wallet” atau dompet digital. Ketika akan dipakai, barulah pemilik mengakses kode tersebut dan menggunakannya untuk transaksi. Ada dua hal yang perlu diketahui, yakni tentang Private Key, dan Public Key dalam wallet Bitcoin.

Private Keys
Private Key (kunci rahasia), hanya diketahui oleh pemilik alamat Bitcoin. Sifatnya, private key berfungsi layaknya sebagai nomor PIN dalam sebuah rekening Bank. Secara garis besar, Private Key inilah sebagai kunci pengaman pengguna bitcoin. Private key bisa disimpan di komputer maupun dicetak dengan printer. Jika Private Key ini diketahui orang lain, maka besar kemungkinan akan bisa dicuri oleh orang lain

Contoh Private Key:
5KJvsngHeMpm884wtkJNzQGaCErckhHJBGFsvd3VyK5qMZXj3hS

Public Keys
Public Key, lebih tercermin pada alamat bitcoin (Bitcoin Address). Public Key didalam Bitcoin, memiliki fungsi untuk mengidentifikasi alamat pengirim dan penerima Bitcoin. Sehingga bitcoin akan bisa didistribusikan kepada orang lain.

Contoh Alamat Bitcoin:
1rYK1YzEGa59pI314159KUF2Za4jAYYTd

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Profit pool mining bitcoin

Berapa Besar Profit Pool Mining Bitcoin?

Berapa Besar Profit Pool Mining Bitcoin? Profit Pool Mining Bitcoin. Sebagian besar pengguna bitcoin pasti …

One comment

  1. cara mendapatkan public pada wallet nxt gmana gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *