Home / News / Bitcoin / Parlemen Eropa Jadi Tuan Rumah Konferensi Blockchain
Parlemen Eropa Menjadi Tuan Rumah Konferensi Blockchain

Parlemen Eropa Jadi Tuan Rumah Konferensi Blockchain

Parlemen Eropa Menjadi Tuan Rumah Konferensi Mata Uang Digital dan Teknologi Blockchain

Parlemen Eropa Menjadi Tuan Rumah. Dikabarkan dari media Finextra pada 15 April kemarin, Parlemen Eropa akan menjadi tuan rumah konferensi mata uang digital dan Blockchain. Konverensi ini akan berlangsung selama empat hari di Brussels – Belgia pada tanggal 18 hingga 21 April 2016 mendatang.

Di konferensi ini, secara khusus akan membahas tentang pesatnya perkembangan distribusi ledger. Tujuan Parlemen Eropa menjadi tuan rumah pada konferensi mata uang digital dan Blockchain ini adalah untuk memberikan edukasi Members of the European Parliament (MEPs) terkait dengan hal tersebut.

Selain konferensi, pekan depan juga digelar pameran non komersial dengan mempertemukan perwakilan dari Bank Dunia, IMF, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), United Nations dan Europol, Bank for International Settlements, bank sentral, perusahaan, akademisi, dan juga startup.

Sementara pada konferensi nantinya, akan berlangsung diskusi roundtable, dan juga presentasi dari beberapa peserta. Akan memberikan presentasi pada konferensi tersebut, IMF, Nasdaq, dan juga dari Blockchain.info.

Bisa dikatakan, gempita tentang Bitcoin sedikit mereda. Sedangkan kepopuleran teknologi yang melingkupinya, distribusi ledger (Blockchain) makin populer, lebih banyak diperbincangkan dan terus tumbuh bersinar. Sementara telah banyak pihak yang melakukan penelitian, pengembangan, melihat potensi, dan berusaha mengolahnya sebagai pemanfaatan teknologi yang bisa diaplikasikan dalam banyak bidang. Oleh karena itulah, diharapkan nantinya MEPs akan bisa melihat dan mengetahui lebih mendalan tentang hal tersebut.

Panitia konverensi dari MEPs, Syed Kamal berkata, “Saya senang bisa menjadi tuan rumah pada pameran Blockchain dan virtual currency di Parlemen Eropa ini. Legislator internasional saat ini sedang melihat area ini, dan bagaimana melindungi konsumen, sekaligus bisa merangsang inovasi,” ujarnya.

Konferensi ini digelar dengan bekerjasama dengan Edcab (European Digital Currency & Blockchain Technology Forum). Edcab adalah sebuah platform idependen kebijakan publik mata uang virtual dan teknologi distribusi ledger, berkedudukan di Brussel – Belgia.

Disebutkan juga di Finextra, Sian Jones selaku founder Edcab dalam komentarnya berkata, “Untuk menghasilkan kebijakan yang kuat dan komprehensif dalam kerangka kebijakan, kolabarasi berdasarkan pada pemahaman mendalam tentang teknologi dan debat terbuka sangat penting. Pendirian Edcab memberi signal kepada pera pelaku industri untuk bisa berkomitmen dan bekerjasama dengan pemangku kebijakan secara jangka panjang. Agar bisa mencapai hasil positif di sektor maupun warga eropa yang dilayaninya.”

Agenda Eropa Tentang Cryptocurrency Meningkat

Dewan Uni Eropa menempatkan mata uang virtual di urutan agenda teratas, yang ditargetkan bisa diadakan pertemuan sejak bulan Pebruari lalu. Lebih lanjut, akan diajukan di badan legislatif pada akhir Juni 2016 mendatang.

Sementara itu, Parlemen Eropa juga tengah mempersiapkan juga laporan inisatifnya tentang mata uang virtual, dengan Komite urusan Ekonomi dan Moneter 25 April 2016 nanti. Berlanjut, di Komite Pasar Internal dan Perlindungan Konsumen, juga tengah mempertimbangkan masalah ini di akhir bulan April ini. Tidak itu saja, Komisi Eropa, juga mempertimbangkan adanya regulasi pada mata uang virtual. Dengan sebuah rencana proaktif, untuk memerangi pendanaan aksi teroris. Dijadwalkan agenda ini bisa terlaksana pada akhir bulan Juni 2016.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal – Mempermudah Transaksi Para Pelanggan Coinbase. Marketplace dan platform wallet Bitcoin, Coinbase, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *