Home / News / Bitcoin / Pangeran Dubai Ingin Amankan Dokumen Pemerintah Dengan Blockchain
pangeran dubai

Pangeran Dubai Ingin Amankan Dokumen Pemerintah Dengan Blockchain

Anggap Cukup Berpotensi – Pangeran Dubai Ingin Amankan Dokumen Pemerintah Dengan Blockchain

Pangeran Dubai. Pengeran Dubai yang bernama lengkap Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, ingin mengamankan dokumen pemerintah menggunakan Blockchain. Inisiatifnya tersebut disampaikan pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Dubai Future Foundation dan Smart Dubai Office.

Dituliskan di Coindesk, pangeran Dubai ini menganggap blockchain telah cukup berpotensi. Mampu menghasilkan produktifitas ekonomi mencapai 25,1 juta jam per tahun. Sedangkan, produktifitas blockchain tersebut bahkan mampu mengurangi emisi CO2.

Gagasan penggunaan blockchain dalam pengamanan dokumen pemerintah Dubai itu adalah salah satu dari tujuh bagian UAE (United Arab Emirates) dalam membentuk standar smart cities. Pernyataannya di acara itu, pangeran Dubai ini mengatakan bahwa UAE sedang gencar-gencarnya membangun prestasi. Memprediksi masa depan dengan menjaga revolusi industry keempat, diiringi dengan peningkatan efisiensi yang signifikan.

Lebih jauh pangeran Dubai ini menjelaskan bahwa nantinya strategi blockchain tersebut dilandasi atas tiga pilar. Yakni efisiensi pemerintah, penciptaan industri dan juga melahirkan kepemimpinan yang bertaraf internasional.

Pada sektor industri di Dubai, diharapkan penggunaan blockchain nantinya akan mendapat keuntungan. Keuntungan tersebut bisa didapatkan dari adanya proses transisi. Baik untuk industry real estate, perbankan, transportasi, kesehatan, energi alternatif, pariwisata, hingga ecommerce. Peluang-peluang industri swasta baru itu dapat muncul jika proyek pemindahan dokumen ke blockchain dilakukan.

Sementara itu, Global Blockchain Initiative (GBI) yang didirikan pada bulan April lalu kini telah mempun yai 47 anggota. Keseluruhan anggota tersebut terdiri baik dari sektor public dan swasta. Bahkan untuk sektor pariwisata, pihak dari Dubai Future Foundation menegaskan bahwa nantinya akan mempermudah wisatawan. Nantinya, para wisatawan bisa lebih mudah saat menyeberang perbatasan karena telah dilengkapi dengan identifikasi yang berbentuk wallet digital.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *