Home / News / Bitcoin / Mengapa Anda Perlu Market Cryptocurrency Desentralisasi
Market Cryptocurrency Desentralisasi

Mengapa Anda Perlu Market Cryptocurrency Desentralisasi

Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Market Cryptocurrency Desentralisasi

Market Cryptocurrency Desentralisasi. Market Bursa Cryptocurrency, seringkali mengalami masalah terkait dengan keamanan sistem mereka. Bitcoin dan cryptocurrency lain dengan desentralisasinya, menjadi bertolak belakang dengan keberadaan Bitcoin Market pihak ketiga ini.

Sebut saja mulai dari pertama kali tragedi yang menimpa MtGox, dan beberapa bursa cryptocurrency lain yang menyusul karena kerentanan sistem keamanannya. Beberapa saat yang lalu, Bitfinex juga mengalami masalah serupa.

Pada situsnya, Bitfinex menuliskan tentang kebenaran bahwa telah ada pelanggaran keamanan di sistemnya. Bursa cryptocurrency tersebut, akhirnya saat ini menghentikan semua perdagangannya, menghentikan juga seluruh deposit, dan penarikan dana di Bitfinex.

Bursa cryptocurrency yang bertindak sebagai intermediaries, memang telah banyak membantu dan memudahkan pengguna cryptocurrency selama ini. Namun disamping hal itu, sekaligus menjadi sumber persoalan bagi penggunanya sendiri. Menggunakan jasa mereka, artinya pengguna juga mempercayakan kepemilikan cryptocurrency mereka kepada pihak ketiga tersebut.

Bitcoin seharusnya telah memberikan banyak pelajaran berharga, mengapa hingga perlu ada sebuah desentralisasi. “The Middle Man” acapkali menjadi sumber persoalan tersendiri, rawan penipuan, sistem yang rentan, dan mudah untuk ditembus penyerang. Namun kenyataan seperti ini nampaknya masih banyak belum dipahami oleh pengguna cryptocurrency.

Di dalam ekosistem Bitcoin sendiri, telah banyak bursa Bitcoin dan cryptocurrency desentralisasi. Sebut saja Local Bitcoin, dan Bitsquare. Keduanya berusaha mengembalikan fungsi utama desentralisasi cryptocurrency. Untuk perdagangan cryptocurrency dengan berbagai kebutuhan yang ada, juga telah ada sebuah market terbuka yang diusung oleh OpenBazaar.

Pola market cryptocurrency berbasis peer to peer ini kemudian mulai marak, dan mulai banyak bermunculan. Mulai dari Coiffeine, dan juga EtherEx. Tentu saja karena semua bentuk market yang tidak bersifat desentralisasi akan selalu menghadapi masalah utama, berkaitan dengan resiko tinggi yang harus ditanggung penggunanya jika ternyata ada penipuan, maupun resiko jika telah terjadi serangan ke dalam sistem market tersebut. Dengan market yang bersifat desentralisasi, pengguna dapat mengurangi terjadi penipuan hingga “nol”. Semua transaksi pertukaran Bitcoin dan cryptocurrency lain juga bisa berjalan langsung.

Telah Menjadi Ketergantungan

Meski telah banyak market cryptocurrency desentralisasi, namun masih banyak pengguna yang masih cukup bergantung kepada market non desentralisasi. Dan hal ini telah menjadi ketergantungan yang cukup besar. Meski mereka menyadari bahwa peluang terjadi pelanggaran akan selalu ada dan peluangnya justru lebih besar.

Memang benar, bahwa keberadaan market desentralisasi ini masih tidaklah sempurna. Namun dengan keberadaan market desentralisasi itu sudah sepatutnya pantas untuk diperhitungkan sebagai satu-satunya alternatif untuk keluar dan meminimalisir resiko yang harus ditanggung oleh pengguna.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Resiko Geopolitik

Bagaimana Bitcoin Mampu Bertahan Terhadap Resiko Geopolitik

Bagaimana Bitcoin Mampu Bertahan Terhadap Resiko Geopolitik – Justru Lebih Tahan Terhadap Berbagai Kondisi Politis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *