Home / News / Bitcoin / Mark Karpeles Dibebaskan Dengan Jaminan
Mark Karpeles - MtGox

Mark Karpeles Dibebaskan Dengan Jaminan

Mark Karpeles Dibebaskan Dengan Jaminan – Membayar 10 Juta Yuan

Mark Karpeles – MtGox. CEO MtGox, Mark Karpeles telah dibebaskan dengan jaminan. Kabarnya, Mark Karpeles telah membayar jaminan pembebasan bersyarat sebesar 10 juta Yuan, atau kurang lebih sekitar 1.2 Miliar Rupiah.

Informasi tersebut didapatkan dari salah satu media di Jepang, news24.jp. Dituliskan disana, bahwa Mark Karpeles dibebaskan selama 10 bulan dengan jaminan. Mark Karpeles ini, ditahan dengan tuduhan penggelapan dana di MtGox pada awal bulan September 2015 lalu.

Mark Karpeles atas kasus tersebut pernah ditangkap dua kali dalam penyidikan yang terkait dengan dugaan penggelapan dana MtGox. Di sejumlah media lokal di Jepang, diduga Karpeles telah menggelapkan dana sebesar 321 juta Yuan.

Mt Gox sendiri, mengajukan perlindungan kebangkrutan kepada pemerintah Jepang pada tanggal 28 Pebruari 2014 yang lalu. Saat itu, MtGox mengaku telah kehilangan 850 ribu Bitcoin. Nilai itu kurang lebih sebesar 500 juta dolar AS pada saat itu. Dari keseluruhan jumlah Bitcoin yang hilang itu, 750 ribu Bitcoin adalah milik pengguna MtGox, dan selebihnya sebesar 100 ribu Bitcoin adalah aset milik perusahaan.

Karpeles pada waktu itu, menerangkan bahwa Mt Gox ada permasalahan dengan sistem keamanannya. Sehingga peretas dapat masuk kedalam situs Mt Gox dan mencuri Bitcoin. Atas kerugian dana pengguna, Mark Karpeles mengatakan bersedia untuk untuk mengembalikan dana pelanggannya.

MtGox adalah salah satu perusahaan penukaran Bitcoin terbesar di dunia waktu itu. Transaksi yang berjalan hampir mencapai 80% transaksi Bitcoin di seluruh dunia. Pasca insiden tersebut, bursa Bitcoin menjadi jatuh secara drastis.

Setelah kasus yang menimpa MtGox ini, membuat banyak bursa Bitcoin (exchanger) lain telah banyak mengambil pelajaran. Terutama yang berurusan dengan keamanan di dalam sistemnya. Pasca itu, banyak penyedia wallet dan bursa Bitcoin yang telah melengkapi fitur keamanan tambahan. Pihak Legislator Jepang juga beberapa waktu lalu telah mengesahkan undang-undang baru.

Undang-undang baru itu berupaya untuk memberikan aturan yang jelas kepada perusahaan bursa mata uang digital. Aturan ini, berada dibawah aturan Anti Money Laundering (AML), dan juga Know Your Customer (KYC).

Bitconnect

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

bursa Bitcoin

Bursa Bitcoin BTCC

Bursa Bitcoin BTCC Tanggapi Pernyataan Bank Sentral China Bursa Bitcoin. Tak lama setelah Bank Sentral …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *