Home / Tentang BItcoin / Dompet Bitcoin / Macam dan Bentuk Dompet Bitcoin
Macam dan Bentuk Dompet Bitcoin

Macam dan Bentuk Dompet Bitcoin

Macam dan Bentuk Dompet Bitcoin. Bisa dikatakan, membuat Dompet Bitcoin, adalah langkah pertama untuk bisa langsung berinteraksi dengan Bitcoin. Seperti pada pembahasan sebelumnya tentang pengertian Dompet Bitcoin, bahwa dompet Bitcoin berfungsi sebagai tempat penyimpanan Bitcoin, dan selanjutnya dengan alamat Bitcoin, pengguna bisa bertransaksi menggunakan Bitcoin.

medan-meetup

Pertama-tama Anda perlu memiliki Bitcoin Wallet. Bitcoin Wallet ada 5 macam: Desktop Wallet, Mobile Wallet, Online Wallet, Hardware Wallet, dan Paper Wallet. Berikut dibawah ini adalah pengertian masing-masing wallet tersebut.

Desktop Wallets
Dompet Bitcoin ini, menggunakan perangkat lunak (software) wallet yang harus diinstall di komputer Anda sendiri. Dengan perangkat lunak ini, penggunak memegang kontrol penuh atas dompet Bitcoinnya sendiri. Perangkat lunak dompet Bitcoin ini sudah tersedia dalam berbagai macam platform, seperti Windows, Linux, dan mac. Berikut macam-macam perangkat lunak yang bisa digunakan di komputer anda.
Bitcoin-QT
Bitcoin-QT ini adalah software original Bitcoin
Multibit
Armory
Electrum

Mobile wallets
Mobile Wallet ini, adalah aplikasi yang bisa didownload di ponsel, sehingga dapat dipergunakan dimana saja menggunakan ponsel atau smartphone.
Bitcoin Wallet (Android)
Bitcoin Wallet (Blackberry)
Blockchain for the iPhone (hybrid mobile+web wallet)
Paytune (IOS) (hybrid mobile+web wallet)
Coinbase iPhone & Android (hybrid mobile+web wallet)

Online Wallets
wallet yang tersimpan di server pihak ketiga, yaitu perusahaan yang menyediakan jasa penyimpanan bitcoin. Menggunakan web wallet artinya mempercayakan bitcoin kepada pihak lain.
Coinbase
Circle
Strongcoin
Blockchain
Xapo
BIPS

Hardware Wallets
Dompet Bitcoin yang ini, adalah dompet Bitcoin dengan bentuk perangkat keras yang difungsikan sama seperti dompet Bitcoin pada umumnya. Perangkat keras ini, dibuat oleh perusahaan tertentu, dan hingga saat ini terdapat banyak macam perangkat yang sudah tersedia dipasaran. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat keras dompet Bitcoin:
Trezor hardware wallet
Ledger USB wallet
KeepKey

keepkey wallet
KeepKey, salah satu Hardware Wallet

 

 

 

 
Paper Wallets
Dompet Bitcoin dalam bentuk ini, adalah dompet Bitcoin yang tercetak di kertas atau media fisik lainnya, termasuk juga dalam bentuk kartu. Paper wallet lebih aman terhadap pencurian digital seperti hacking, namun, karena bentuk fisiknya tersebut, membuat paper wallet lebih rentan terhadap gangguan fisik.

paper wallet
Contoh bentuk Paper Wallet

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

One comment

  1. hi there! , I like a person’s creating a lot! portion all of us communicate added relating to your publish for Google? I will need a pro with this place to unravel the trouble Bitcoin Wallet Paper. It’s possible that is an individual! Waiting for help you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *