Home / SCAM ALERT / LightMiner ASIC Miner Ethereum Diragukan
LightMiner Cukup Diragukan

LightMiner ASIC Miner Ethereum Diragukan

Penuh Kejanggalan LightMiner ASIC Miner Ethereum Cukup Diragukan Kebenarannya

LightMiner Diragukan. Bulan April yang lalu, ada sebuah perusahaan yang mengaku membuat ASIC miner untuk Ethereum. Perusahaan tersebut bernama LightMiner Ltd, mengaku dari Guangzhou China, berdiri sejak 2015.

Bahkan, di situsnya, sudah ada 4 produk Asic yang telah dibuatnya, yakni LightMiner Z01, Z02, Z03, dan juga LightMiner ETH01. Pada LightMiner Z01, adalah sebuah lightweight USB. Sementara di LightMiner Z02 dengan hashrate 200MHs, dan daya konsumsi listrik sekitar 450W.

Cukup Diragukan

Sejumlah komunitas ether, keberadaan produk LightMiner cukup diragukan. Di forum Ethereum Reddit, banyak yang telah mencurigai produk ini adalah produk scam semata. Ada banyak kejanggalan terutama Altcoin Ethereum resisten terhadap perangkat ASIC.

Selain itu, pada situsnya (lightminers.com) tidak menjelaskan detail spesifikasi di masing-masing produknya. Terlebih bagaimana Asic ini akan mampu dan bisa berjalan pada PoW Ethereum, jika memang ini adalah produk pertama Asic yang bisa digunakan untuk Ethereum.

Selain itu, di forum Ethereum.org juga banyak yang menyangsikan kebenaran seluruh produk LightMiner. Misalnya bagaimana jika pada rate 25MH/s saja, akan membutuhkan bandwidth VRAM kurang lebih 200+ Gigabyte per detik. Maka pada produk Z02, akan membutuhkan kurang lebih 1,6TB/detik.

Selain itu, cukup tidak mungkin dalam satu USB stick dapat menampung 6 memory chip, karena akan membutuhkan controller memory dan chip computing. Sedangkan, setiap chip GDDR5 membutuhkan kurang lebih 1 watt. Jika pastinya karena ada 6 memory chip, maka tidak mungkin daya ini melalui port USB.

Bahkan, gambar chip ETH01 yang dipakai di situs produk ini menggunakan gambar chip LiveWire dari wikimedia. Kita bahkan bisa melihat dua gambar ini cukup mirip. Begitupun juga beberapa foto officer yang ada di situs banyak mengambil dari situs lainnya. Misalnya saja mengambil dari beberapa situs berikut:

http://www.oz-chill.com/wp-content/uploads/2014/02/China-Office-C.png
https://www.shopify.com/blog/5103612-5-tips-to-help-entrepreneurs-work-from-home
http://www.reuters.com/article/us-china-pmi-hsbc-idUSTRE7AM08P20111123
http://www.ebay.com/itm/LKETC-Litecoin-USB-Miner-180-270KH-s-with-8GB-Flash-Drive-Scrypt-ASIC-DOGE-/291743786749?hash=item43ed48e6fd

Sehingga keseluruhannya, produk LightMiner yang mengaku Asic Ethereum ini adalah produk yang sangat janggal.

Bitconnect

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

One comment

  1. yes it like a scam one, thanks for info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *