Home / News / Komunitas Bitcoin / Komik Bitcoin Dirilis
komik bitccoin

Komik Bitcoin Dirilis

Komik Bitcoin – “BITCOIN The Hunt For Satoshi Nakamoto”

Adalah Josep Busquet dan Alex Preukschat yang menulis komik Bitcoin ini. Di tunjang seni grafis oleh Jose Angel Ares Garcia, komik Bitcoin ini telah diumumkan sebelumnya di KTT Coin, London pada tahun 2014 lalu.

medan-meetup

Komik ini mengusung judul pada komiknya “BITCOIN The Hunt For Satoshi Nakamoto”. Judul tersebut tentu memberikan ketertarikan tersendiri berkaitan dengan pencarian tokoh misterius terbesar dalam Bitcoin, yakni Satoshi Nakamoto.

bitcoin comic3

Tim penggarap komik ini telah mengerjakan ini sejak Oktober 2014 lalu. Sedangkan penulis komik sebetulnya sudah mengawali penggarapan sejak tahun 2013. Selanjutnya, mendapatkan respon posistif saat ditunjukkan pada even konferensi CoinSummit Bulan Juli 2014.

Pada November 2014, team penggarap menterjemahkan komik yang aslinya dalam bahasa spanyol ke bahasa inggris dan Polandia. Selanjutnya mempublikasikan keberbagai negara seperti Norwegia dan Jepang. Dan mendapat dukungan dari Bitstamp PLC, Chain Inc, Coinbase Inc. dan juga Xapo Inc.

bitcoin comic2

Garis besar cerita yang diangkat dalam komik Bitcoin memberikan perspektif yang berbeda atas cryptocurrency. Disamping menceritakan untuk mencari sosok Satoshi Nakamoto yang cukup misterius, namun, cerita dalam komik ini tidak mencoba untuk menentukan identitas pendiri Bitcoin ini.

Seperti yang tertulis pada halaman blog situs asli komik bitcoin di bitcoincomic.org, penulis ingin mendedikasikan cerita komiknya pada sosok Hal Finney, yang telah menerima transaksi pertama kali di Bitcoin. Hal Finney adalah yang cukup banyak berkomunikasi dengan Satoshi Nakamoto saat itu. Kemudian karena menderita ALS, membuat Hal Finney tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaannya. Sementara pada waktu bersamaan dengan kondisi itu, Satoshi Nakamoto mengakhiri komunikasinya dengan Hal Finney.

Lebih jauh tentang Sejarah Bitcoin dan Satoshi Nakamoto bisa dibaca disini:

Sejarah Bitcoin: Petunjuk Tentang Satoshi Nakamoto

Komik Bitcoin ini, juga telah mendapat persetujuan dari 100 lebih perintis bitcoin yang ada di seluruh dunia. Kemudian menandatangani buku komik Bitcoin ini untuk dilelang pada acara konferensi yang digelar di tahun 2015, termasuk Nick Szabo, Roger Ver, Patrick Byrne dan Vitalik Butterin.

Sayangnya, komik Bitcoin ini masih hanya tersedia di versi bahasa Inggris, untuk bahasa Indonesianya masih belum ada. Jika ingin mengetahui seperti apa rupa komik Bitcoin ini bisa melihat di situs aslinya di sini >> bitcoincomic.org.

 

Gambar diambil dari Bitcoin Comic

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *