Home / News / Bitcoin / Kisah Pengakuan Craig Wright Berlanjut
Kisah Pengakuan Craig Wright

Kisah Pengakuan Craig Wright Berlanjut

Kisah Pengakuan Craig Wright Berlanjut – Bisakah Craig Wright Memindah Koinnya

Kisah Pengakuan Craig Wright. Masih berlanjut lagi kisah runtutan pengakuan Wright sebagai Satoshi Nakamoto. Beberapa media pun mulai mengarah kepada komentar Gavin Andresen yang telah mengamini bahwa Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto, penemu Bitcoin.

Pengakuan yang dibuat oleh Wright beberapa waktu lalu, menimbulkan banyak penolakan di komunitas Bitcoin dan juga para antusias Bitcoin. Pembuktian yang dilakukan oleh Craig Wright tidak bisa dipercaya karena tidak bisa dibuktikan secara publik. Ujungnya, banyak komunitas Bitcoin, dan para Bitcoin antusias merasa ada sebuah drama yang turut melibatkan nama Gavin Andresen di dalamnya. Karena, di blog pribadi Gavin ini, ia telah mengamini sosok Wright bisa dipercaya dan diakui sebagai penemu Bitcoin.

Sementara, ada anggapan pula bahwa blog Gavin telah diretas. Sedangkan Gavin sendiri pun cukup yakin dengan pengakuan Craig tersebut. Tidak lama setelah pengakuan tersebut, akses Gavin pada proyek pengembangan Bitcoin Core pun di cabut. Karena anggota pengembang Bitcoin core lainnya merasa akun sosial Gavin Andresen telah di retas.

Jika memang akun sosial Gavin tidak diretas, maka bisa jadi ada sebuah spekulasi lain yang muncul di komunitas Bitcoin juga menganggap bahwa ada sebuah drama yang dilakoni oleh kedua orang tersebut. Yakni antara Gavin Andresen dan juga Craig. Para antusias Bitcoin pun banyak yang menilai masalah ini harus bisa diketahui kebenarannya.

Masih muncul lagi kejanggalan lain yang terkait dengan pengakuan Craig. JP Richardson, pendiri dan pengembang Exodus Bitcoin / Ethereum pun turut angkat bicara tentang hal ini. Ia menulis di Medium.com kemarin, bahwa pada source code yang pernah ditulisnya di tahun 2013 lalu, dijiplak oleh Craig Wright.

Source Code tersebut adalah sebuah code untuk generate address bitcoin menggunakan javascript di versi bitcoinjs-lib circa, pada tahun 2013. Richardson pun menaruh code tersebut di Github pada tanggal yang sama saat ia menuliskan posting code tersebut di procbits.com. Tepatnya, ia mempublis postingan itu pada tanggal 27 Agustus 2013.

Sedangkan, Craig Wright baru mempublikasikan postingan yang sangat mirip beberapa hari yang lalu. Terkait hal ini, Richardson dalam postingnya di Medium.com menuliskan, “Kebetulan sajakah? Mungkin saja. Apakah Craig Wright menjiplak postingan saya? Atau mungkin saja, Akulah Satoshi Nakamoto”, tulisnya.

Publikasi Richardson
Identik – Namun Perbedaan mencolok pada tanggal posting Richardson dan Craig. (Gambar dari Medium.com)

Memecahkan misteri di balik pseudonym Satoshi Nakamoto pada akhirnya berjalan kembali. Terlebih seusai pengakuan yang dilakukan oleh Craig Wright ini. Pembuktian Craig Wright akan menimbulkan reaksi yang berbeda, jika ia bisa memindahkan Bitcoin yang didapatnya pada pertambangan Bitcoin pertama saat itu. Tentu saja, itu akan bisa dilakukan hanya dan hanya jika dilakukan oleh Satoshi Nakamoto.

Pembuktian Craig sebelumnya, adalah sebuah pembuktian yang usang. Di media The Merkle menuliskan, satu cara termudah yang bisa dilakukan Wright untuk bisa membuktikan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto adalah dengan memindahkan sejumlah Bitcoin hasil dari Genesis Blok. Tanpa cara ini, sulit untuk bisa mempercayai bahwa Craig adalah benar-benar Satoshi Nakamoto, dan kisah pengakuan Craig Wright akan terus berlanjut.

Seperti yang diketahui, bahwa Blockchain cukup rapi dalam menyimpan semua transaksi sejak awal hingga sampai saat ini. Dan ini adalah salah-satu keunggulan yang dimiliki teknologi ini. Sejumlah Bitcoin Satoshi Nakamoto dari hasil pertambangan Bitcoin pertama kali itu, memang tidak pernah tersentuh sebelumnya. Hingga saat Satoshi Nakamoto meninggalkan dan menjauh dari Bitcoin, koin itupun tidak pernah berpindah.

Ketika koin itu berpindah, semua orang pun akan bisa mengakses kemana koin itu akan berpindah. Cara ini menjadi sebuah solusi yang semestinya dilakukan oleh Craig untuk bisa menunjukkan kebenaran atas pengakuannya.

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal – Mempermudah Transaksi Para Pelanggan Coinbase. Marketplace dan platform wallet Bitcoin, Coinbase, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *