Home / News / Bitcoin / IRS Minta Coinbase Laporkan Transaksi Bitcoin
IRS Minta Coinbase

IRS Minta Coinbase Laporkan Transaksi Bitcoin

IRS Minta Coinbase Laporkan Transaksi Perdagangan Bitcoin – Mulai 2013 Hingga 2015

IRS Minta Coinbase. Pemahaman adanya anggapan bahwa ekonomi Bitcoin yang murni dapat berjalan secara independen tanpa harus dikekang dari pihak lembaga keuangan manapun sepertinya perlahan mulai terkikis. Internal Revenue Service (IRS) saat ini lebih getol berusaha menjerat pengguna yang melanggar hukum di Negara Amerika Serikat.

Seperti yang telah banyak diketahui oleh mayoritas komunitas, bahwa Bitcoin tidak tergantung pada otoritas manapun. Hal tersebutlah yang menjadi pembeda mutlak dengan mata uang yang ada sekarang pada umumnya.

Sementara itu, pihak IRS sendiri bahkan berusaha untuk dapat menarik pajak pengguna di Negara tersebut atas semua transaksi yang terjadi. Sedangkan pihak IRS sendiri telah cukup mengenal baik ekosistem Bitcoin selama ini.

IRS bahkan telah cukup memahami bagaimana ekosistem pertambangan Bitcoin, bagaimana sistem perdagangan Bitcoin di marketplace, maupun bagaimana transaksi keuangan dengan bitcoin di berbagai jasa dan layanan hingga merchant. Dalam hal ini, satu-satunya alasan pihak IRS adalah berusaha meminimalisir pengemplang pajak yang berusaha menggunakan instrumen Bitcoin.

Terkait antara pihak IRS dan Coinbase, artinya diharapkan bahwa tiap-tiap pengguna untuk menghitung dan melaporkan sendiri pajak perdagangan Bitcoin mereka sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Coinbase sendiri memberikan alat bantu penghitungan pajak tersebut. Namun tegas pihak Coinbase yang terlontar di Reddit menjelaskan bahwa bantuan penghitungan pajak tersebut tidak mutlak harus sesuai dengan laporan pengajuan pajak yang akan diajukan.

Berdasarkan dokumen yang berisikan permintaan pihak IRS kepada Coinbase, adalah berusaha agar pihak Coinbase langsung melaporkan detail transaksi itu secara langsung kepada IRS. Karena tentu selama ini, laporan transaksi perdangangan tersebut tidak dilaporkan langsung. Jadi pihak IRS juga berusaha menekan Coinbase untuk meminta laporan langsung transaksi penggunanya.

Tentu saja, pihak IRS sendiri membutuhkan bagaimana instrumen yang akan digunakan untuk dapat mengenali identitas pengguna Bitcoin di Coinbase. Jadi secara otomatis, jika Coinbase menyetujui permintaan tersebut, maka keseluruhan informasi identitas penggunanya juga akan diberikan kepada pihak IRS.

Lebih spesifik, pihak Coinbase sendiri diminta untuk memberikan laporan transaksi mereka mulai dari tahun 2013 hingga 2015. Jadi jika pengguna dari Amerika yang mempunyai akun di Coinbase, haruslah menyiapkan laporan pajak pendapatannya selama periode tahun 2013 hingga 2015 tersebut. Bagaimana jika pengguna tidak melaporkannya? Maka tentu pengguna tersebut harus siap menanggung resikonya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *