Home / News / Bitcoin / Hacker Robinhood Beraksi
Hacker Robinhood

Hacker Robinhood Beraksi

Hacker Robinhood Beraksi – Berhasil Sikat 10.000 Euro Dalam Bentuk Bitcoin

Hacker Robinhood. Dikabarkan dari arstechnica.co.uk, bahwa seorang hacker robinhod yang menggunakan nama samaran Phineas Phisher, telah berhasil menyikat 10.000 Euro dalam bentuk Bitcoin. Ia berhasil memperoleh jumlah tersebut setelah berhasil membobol sebuah bank dalam aksinya. Kemudian mendonasikan hasil aksinya itu untuk membantu di wilayah Rojova – Suriah Utara.

medan-meetup

Phineas Phisher yang juga memakai nama samaran Hack Back, si Hacker Robinhood, disebutkan bahwa ialah yang sebelumnya telah menyerang @GammaGroupPR dan Hacking Team. Bahkan setelah berhasil menyikat sejumlah 10.000 Euro tersebut, ia bahkan berencana untuk melakukannya lagi dengan jumlah yang lebih besar lagi. Terkait nama Bank yang berhasil dibobol tersebut, ia tidak mau menyebutkan. Ia berharap untuk melakukannya lagi dengan jumlah yang berlipat lebih banyak.

Rojova adalah sebuah daerah otonom yang berada di Suriah Utara. Daerah ini, disebut sebagai sebuah daerah dengan proyek revolusioner yang bisa menginsiparasi dunia. Proyek tersebut didirikan oleh anggota komite ekonomi Rojava. Letak Rojava berdekatan dengan Turki. Dan wilayah Turki ini, dianggap menjadi surga organisasi teroris yang kabarnya dibina oleh Departemen Luar Negeri AS, seperti yang tertulis di media tersebut.

Wilayah Rojava masih tidak terpengaruh oleh wilayah yang banyak teroris tersebut. Letak geografisnya, Rojova berada membentang di bagian utara Turki. Di bagian timur berbatasan dengan wilayah Kurdistan Irak, sementara di bagian selatan dan barat dibatasi oleh garis depan yang banyak terdapat ISIS. Garis ekonomi di Rojava adalah dari hasil pertanian.

Dikabarkan di situs proyek yang didirikan oleh komite ekonomi Rojava, Semenjak di bawah rezim Assad, wilayah Rojava dikenal sebagai keranjang roti untuk Suriah. Negara Suriah menghasilkan gandum yang besar, kurang lebih mencapai 90 persen dari hasil pertaniannya. Dan sejak revolusi di sana mulai berjalan, para petani lantas mulai melakukan diversifikasi pertanian. Orang disana pun tidak lagi kelaparan lantaran bisa mengandalkan gandum kembali dari hasil pertanian tersebut.

Sedangkan, karena masih berada di lokasi perang dan embargo, Rojava masih membutuhkan banyak bantuan untuk pertaniannya. Terlebih untuk kebutuhan pupuk tanaman gandum. Disebutkan di situs proyek Rojava tersebut, pada tahun ini, hanya 10% pupuk saja yang bisa diperoleh dari import. Para ahli memprediksi bahwa di tahun ini, wilayah di Timur Tengah akan dilanda kekeringan. Sehingga kemungkinan hasil pertaniannya akan merosot. Dan Rojava akan menghadapi bahaya kelaparan yang besar.

Latar belakang didirikan proyek tersebutlah yang mendasari aksi hacker Robinhood ini. Ia ingin dunia melihat apa yang terjadi di Rojava. Dan mendonasikan hasil aksinya itu pada proyek untuk membantu wilayah Rojava tersebut. Ia pun bahkan mempublish address pengiriman donasi yang dilakukan dalam bentuk Bitcoin tersebut.

Pada address bitcoin proyek bantuan untuk Rojava bisa dilihat secara publik. Saat ini proyek bantuan tersebut telah berhasil mengumpulkan 61.62325763 BTC. Sedangkan, di situs tersebut juga menyebutkan bahwa telah menerima donasi dari Hack Back sebesar 10.000 Euro. Dan donasi Hack Back itupun bisa dilihat secara publik di exploler Bitcoin. Hack back mengirim donasinya tersebut pada tanggal 5 Mei 2016.

hack Back
Sehari yang lalu, Hacker Robinhood ini juga menulis tentang aksi-aksinya tersebut di reddit. Ia menuliskan:

That’s a fair point. Part of it is that by being this public and openly thumbing my nose at the authorities, it helps break the spell that the surveillance state is all-seeing. After my hacks of Gamma Group and Hacking Team, the media didn’t report “these are the capabilities they have, and here’s how you can protect yourself”. They spun it as “look at this big scary magic all-powerful spy software governments have”. So an action that was supposed to be positive and empowering actually helped to scare people into submission. You can fight back and get away with it, and I’m proof of that.
The other part (and yes I realize this directly contradicts the first) is that with the shit I’m doing, I fully expect to be dead or in prison within a few years. This way hopefully I’ll at least be known and remembered for something decent, and have some support, rather than just rotting in jail alone as another piece of shit carder/criminal.
But yes I am somewhat self-aware, I’m sure ego affects my judgement to some degree…

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

One comment

  1. When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
    checkbox and now each time a comment is added I get
    several e-mails with the same comment. Is there any way
    you can remove me from that service? Appreciate it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *