Home / News / Bitcoin / Exchanger Cryptocurrency Rusia Pertama Siap Berdiri
Exchanger Cryptocurrency Rusia

Exchanger Cryptocurrency Rusia Pertama Siap Berdiri

Exchanger Cryptocurrency Rusia Pertama Siap Berdiri – Setelah Pihak Otoritas Rusia Berencana Batalkan Ancaman Hukuman Penggunaan Bitcoin

Exchanger Cryptocurrency Rusia. BTC24pro adalah sebuah nama kelompok pertukaran mata uang kripto di Rusia. Mereka sebelumnya muncul dan menjual Bitcoin secara personal di Local Bitcoin saja. Berlokasi di sepanjang jalan Novy Arbat 8, kini kelompok penjual Bitcoin tersebut berencana untuk melegalkan aktifitasnya, dan mendapat legitimasi hukum di Rusia.

Diberitakan di forklog.com, mereka sebelumnya beroperasi 24 jam via Local Bitcoin. Pelanggan selama ini dapat melakukan jual beli Bitcoin secara tunai maupun non tunai. Selain itu, BTC24pro juga memberikan bonus 4% jika pelanggan dari BTC-e di siang hari, hingga 10% untuk malam hari.

Langkah yang diambil oleh sekelompok penjual Bitcoin dan cryptocurrency BTC24pro untuk melegalkan aktifitasnya ini, akan menjadi Exchanger cryptocurrency Rusia pertama. Seperti yang banyak telah diketahui, Rusia menjadi negara yang selama ini gencar berusaha untuk melarang aktifitas Bitcoin.

Kenyataan itu kemudian berangsur berubah. Pihak otoritas disana, terutama setelah Bank Sentral Rusia pada 29 Juni hingga 1 Juli lalu telah berusaha membentuk sebuah konsorsium blockchain sendiri di negeri benua merah tersebut. Melalui konsorsium itu, Bank Sentral Rusia berusaha untuk mempelajari, mengembangkan, dan mengaplikasikan secara nyata untuk industri keuangan.

Baca Juga: Rusia Bentuk Konsorsium Blockchain Sendiri

Sejumlah bank dan perusahaan telah bergabung di dalam konsorsium itu. Beberapa diantaranya seperti QIWI, B&N Bank, Khanty Mansyiysk Otkritie Bank, MDM Bank, Accenture, dan juga Tinkoff Bank. Bahkan pada 8 April sebelumnya, Bank Sentral Rusia juga telah membentuk tim khusus untuk mempelajari Blockchain.

Meski pada saat itu masih banyak perbedaan pendapat tentang cryptocurrency di Rusia, namun Blokchain yang menjadi tulang punggung Bitcoin ini memang telah banyak menyita perhatian. Terlebih, banyak telah diketahui manfaatnya untuk berbagai bidang, termasuk juga untuk industri jasa keuangan.

Rusia Berencana Batalkan Ancaman Penggunaan Bitcoin

Salah satu alasan yang melandasi BTC24pro untuk melegalkan aktifitasnya menjadi exchanger yang resmi ini adalah karena adanya upaya untuk membatalkan rancangan amandemen pelarangan Bitcoin di Rusia.

Dikabarkan dari media INTERFAX.RU, disebutkan bahwa kini Pemerintah Rusia berusaha untuk membatalkan ancaman pidana penggunaan mata uang “pengganti”, selain Rubel. Informasi yang termuat di Interfax tersebut, dianggap cukup valid mengingat media tersebut cukup dekat dengan lembaga keuangan dan ekonomi Pemerintah Rusia.

Kabarnya, pada saat ini, pihak Kementerian Keuangan, Bank Sentral, dan Biro Pemerintah lain di Rusia juga banyak yang mendukung hal ini. Departemen Keuangan Rusia yang sebelumnya cukup agresif untuk mendorong larangan, juga telah berusaha mengakomodir.

Sedangkan Wakil Menteri Keuangan Rusia, Alexei Moiseev pada bulan Juli pernah menyarankan agar cryptocurrency bisa diatur sebagai sebuah mata uang asing. Selain itu, agar juga dapat melihat potensi Blockchain yang lebih besar.

Melunaknya pemangku kebijakan di Rusia tentang cryptocurrency tersebut, bisa jadi memang menunjukkan fakta yang sebenarnya. Bahwa saat ini, Rusia mulai lebih ramah tentang cryptocurrency. Oleh karena itu jugalah mengapa BTC24pro berencana untuk melegalkan aktifitasnya. Jika mereka berhasil mengantongi ijin resmi dari pihak berwenang, maka tentu akan menjadi exchanger cryptocurrency Rusia pertama.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Resiko Geopolitik

Bagaimana Bitcoin Mampu Bertahan Terhadap Resiko Geopolitik

Bagaimana Bitcoin Mampu Bertahan Terhadap Resiko Geopolitik – Justru Lebih Tahan Terhadap Berbagai Kondisi Politis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *