Home / News / Bitcoin / Departemen Teknologi dan Informasi Vietnam Memperingatkan Warga
Departemen Teknologi dan Informasi Vietnam

Departemen Teknologi dan Informasi Vietnam Memperingatkan Warga

Departemen Teknologi dan Informasi Keluarkan Pernyataan Tentang Bitcoin

Peringatkan Warga Tentang Bitcoin. Baru-baru ini, Departemen Teknologi dan Informasi Vietnam memberikan press release yang memperingatkan warganya tentang penggunaan atau transaksi jual dan beli Bitcoin. Departemen tersebut, berada dibawah Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam.

Departemen teknologi dan informasi Vietnam tersebut, berfungsi sebagai regulator yang mendukung pengelolaan dan penegakan negara berkaitan dengan E-Commerce dan Teknologi Informasi. Bertanggung jawab kepada Kementerian Perdagangan dan Perindustrian sesuai dengan hukum dan regulasi yang telah diatur di negara Vietnam.

Isi dari press release tersebut adalah, bahwa Departement Teknologi dan Informasi Vietnam memperingatkan warga Vietnam untuk tidak terlibat dalam transaksi mata uang digital. Termasuk didalamnya adalah pembelian atau penjualan Bitcoin sebagai mata uang digital.

Di press releasenya tersebut, disebutkan adanya referensi tentang beberapa negara yang telah memberikan larangan penggunaan Bitcon. Seperti pada negara Rusia dan Thailand. Selain itu, juga memberikan referensi tentang adanya insiden yang menimpa salah satu perusahaan besar di Tokyo Jepang. Perusahaan tersebut adalah Mt.Gox sebagai perusahaan perdagangan Bitcoin besar di Dunia saat itu. Mt.Gox dinyatakan bangkrut pasca insiden tersebut.

Disebutkan juga dalam press release tersebut, tentang sikap Bank Sentral Vietnam. State Bank of Vietnam memberikan pernyataan secara eksplisit bahwa Bitcoin dan mata uang digital lainnya adalah bukan sebagai alat pembayaran yang sah. Sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Vietnam.

Vietnam adalah negara berkembang namun menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Sementara di tahun2014, VBTC didirikan dan menjadi exchanger pertama di Vietnam. Sedangkan di bulan Januari 2016 lalu, Bitcoin Vietnam.co.Ltd dengan Danish Bitcoin Merchant Services Provider Coinify membentuk kemitraan untuk bisa melihat adopsi mata uang digital di dalam negeri Vietnam. Selanjutnya dengan kemitraan tersebut memungkinkan merchant yang ada di Vietnam untuk bisa menerima pembayaran menggunakan Bitcoin maupun mata uang digital, atau mata uang elektronik lainnya.

Garis besarnya, meski tidak disebutkan secara tegas adanya pelarangan Bitcoin di Vietnam melalui regulasi khusus yang dikeluarkan oleh pemangku kebijakan Vietnam, namun transaksi atau pembayaran menggunakan mata uang digital tidak dilindungi oleh hukum.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Medan Bitcoin Meetup Part IV

Medan Bitcoin Meetup Part IV – Ulas Cara Investasi Bitcoin

Mau Tahu Cara Investasi dengan Bitcoin? Ikuti “Medan Bitcoin Meetup Part IV” Mengulangi kesuksesan acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *