Home / News / Bitcoin / Craig Wright Meminta Maaf
Craig Wright Meminta Maaf

Craig Wright Meminta Maaf

Tidak Sanggup Memberikan Pembuktian Craig Wright Meminta Maaf

Craig Wright Meminta Maaf. Sebelumnya, Craig Wright bermaksud untuk memberikan pembuktian atas pengakuannya. Setelah banyak para antusias Bitcoin menyangsikan pengakuannya sebagai Satoshi Nakamoto.

Pada posting sebelumnya, Craig Wright mengatakan sanggup untuk memberikan pembuktian yang luar biasa di situsnya. Ia menulis “Extraordinary Claims Require Extraordiary Proof“. Namun, hari ini Craig telah memposting permintaan maaf di situsnya.

I’m Sorry
I believed that I could do this. I believed that I could put the years of anonymity and hiding behind me. But, as the events of this week unfolded and I prepared to publish the proof of access to the earliest keys, I broke. I do not have the courage. I cannot.
When the rumors began, my qualifications and character were attacked. When those allegations were proven false, new allegations have already begun. I know now that I am not strong enough for this.
I know that this weakness will cause great damage to those that have supported me, and particularly to Jon Matonis and Gavin Andresen. I can only hope that their honour and credibility is not irreparably tainted by my actions. They were not deceived, but I know that the world will never believe that now. I can only say I’m sorry.
And goodbye.

Setelah ia menulis permintaan maafnya itu, Craig juga menghapus semua tulisan lainnya yang ada sebelumnya. Termasuk tentang kesanggupannya untuk memberikan “pembuktian luar biasa” yang ditulis sebelum permintaan maaf ini.

Ia menyebutkan bahwa ia sebenarnya siap untuk mempublikasikan bukti akses pada key awal yang hanya dimiliki oleh Satoshi Nakamoto. Namun ia mengatakan tidak bisa, ia tidak memiliki keberanian. Ia mengaitkan hal ini dengan rumor yang telah beredar selama beberapa hari belakangan ini. Craig merasa karakternya telah diserang. Dan dia tidak cukup kuat untuk hal itu.

Lebih jauh, Craig pun tidak ingin membuat orang-orang yang telah mendukung sebelumnya seperti Gavin Andresen dan Jon Matonis menjadi terkena dampak dari peristiwa ini. Dia juga berharap semoga kredibilitas kedua orang itu tidak ternodai karena tindakan Craig. Meski mungkin dunia tidak tidak akan mempercayai lagi saat ini.

Ketidaksanggupan melakukan pembuktian ini bisa jadi dikarenakan memang Craig cukup terkait dengan Dave Kleiman. Sementara berdasarkan laporan yang pernah termuat di Gizmodo, Dave Kleiman inilah yang membawa kepingan data milik Craig, setelah ia melakukan perjanjian secara resmi dengan Kleiman. Sementara dari pengakuan Patrick Paige, drive yang kerap dibawa Dave itu telah dipegang oleh Ira Kleiman, saudara kandung Dave.

Tentu saja ketidaksanggupan Craig untuk melakukan pembuktian seperti yang pernah tulis sebelumnya ini akan semakin menguatkan dugaan para antusias Bitcoin. Banyak yang telah menyangsikan pengakuan Craig Wright sejak awal dipublikasikan. Ketika nama Dave Kleisman muncul dan terkait dengan Craig, justru banyak juga yang menilai karakter Dave lebih cocok dengan Satoshi Nakamoto.

Lalu siapakah pemilik nama Satoshi Nakamoto sebenarnya? Siapa yang akan menyusul membuat pengakuan seperti Craig Wright selanjutnya? Dan Misteri inipun masih berlanjut. Atau mungkin tidak akan pernah terpecahkan.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal – Mempermudah Transaksi Para Pelanggan Coinbase. Marketplace dan platform wallet Bitcoin, Coinbase, …

2 comments

  1. hanya tuhan yang tau 😀
    sapa yang buat btc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *