Home / News / Bitcoin / Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto
Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto

Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto

Craig Wright Membuka Jatidirinya Sebagai Satoshi Nakamoto

Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto. Misteri siapa orang dibalik nama Satoshi Nakamoto akhirnya terungkap. Craig Wright adalah seorang pengusaha asal Australia. Ia mengaku dan mengidentifikasi dirinya adalah sebagai pencipta Bitcoin. Selama ini kita mengetahuinya sebagai sebuah nama pseudonym dengan nama “Satoshi Nakamoto”.

Pengakuan inipun telah juga diamini oleh anggota dan tim inti pengembang Bitcoin Core. Wright juga telah memberikan bukti teknis yang memberikan penjelasan atas klaimnya sebagai Satoshi Nakamoto. Craig Wright memberikan bukti tentang transaksi pengiriman pertamanya kepada Hal Finney di tahun 2009. Ia mengatakan, “Ini adalah blok yang digunakan untuk mengirim 10 Bitcoin kepada Hal Finney pada Januari 2009, sebagai transaksi pertama Bitcoin.

Transaksi itu dilakukan oleh Satoshi Nakamoto saat melakukan pertambangan blok pertama kali, atau yang kemudian dikenal dengan Genesis Block. Sedangkan Hal Finney, adalah yang cukup banyak membantu Satoshi dalam pengembangan Bitcoin saat itu.

Wright saat memberikan pernyataan tersebut, kepada tiga media terkemuka saja, yakni BBC, Economis, dan GQ. Ia menyatakan komentarnya saat diwawancarai di BBC. Ia mengatakan, “Saya hanya akan menyampaikan ini sekali, selanjutnya, tidak akan mau lagi, tidak akan pernah” tegasnya.

Sementara Gavin Andresen, pengembang Bitcoin Core, mengamini pernyataan Wright tersebut. Ia pernah menemui Craig yang bernama lengkap Craig Steven Wright. Gavin lalu mempublikasikan pertemuannya tersebut di situsnya.

Gavin, percaya bahwa Craig Wright adalah orang yang selama ini diketahui sebagai Satoshi Nakamoto. Pada saat itu Gavin juga melihat dan memeriksa verifikasi dan signature yang digunakan hanya oleh Satoshi Nakamoto. Ia mengatakan di situsnya, “Bagian dari waktu pertemuan itu dihabiskan untuk memeriksa verifikasi pesan yang ditandatangani secara kriptografi dengan private key yang hanya bisa dilakukan oleh Satoshi. Tapi sebelum saya menyaksikan tandatangan key itu, dan memverifikasi tersebut dengan sebuah komputer yang bersih, yang tidak bisa dirusak, saya cukup yakin bahwa saya duduk disamping Bapak Bitcoin”, terangnya.

Begitupun juga ketika pertemuan Wright dengan BBC, ia pun menunjukkan hal itu. Ia menggunakan key itu saat pertama kali Bitcoin dijalankan. Kemudian ia menggunakan itu untuk membuat blok pertama Bitcoin. Craig mengatakan saat ia melihatkan bukti tersebut, “Beberapa orang akan percaya, beberapa orang lain akan tidak percara. Dan sejujurnya, saya tidak peduli dengan hal itu”. Tegasnya.

Berkaitan dengan pengembangan Bitcoin saat itu, Craig berkata, “Saya adalah bagian utama dari itu, tapi orang lain membantu saya”, katanya. Tidak hanya Gavin yang turut mengamini, Jon Matonis, salah seorang ekonom yang juga sebagai direktur dan pendiri Bitcoin Foundation mengatakan, ”Selama sesi pembuktian di London, saya memiliki kesempatan untuk meninjau data yang relevan pada sepanjang tiga baris yang berbeda, kriptografi, sosial, dan teknis,” ia mengatakan.

Sementara hasil dari pemeriksaan yang dilakukannya, Jon Matonis menambahkan, “Ini adalah perusahaan saya yang menyakini bahwa Craig Wright memenuhi semua dari tiga kategori tersebut”, tambahnya.

Ketika ditanya mengapa sekarang mengakui hal tersebut? Setelah sekian lama ia kemudian menjauh dari Bitcoin setelah ia menemukannya? Ia mengatakan, “ itu adalah hak saya, untuk tidak mengatakan itu, jika saya telah merilis paper itu yang sebetulnya membuat untung orang lain, mengapa saya harus memasukkan credit saya untuk itu?”. Ketika ditanya, tidakkah anda bangga telah berhasil menciptakan itu? Craig lalu menjawab, “Ya, tapi itu tidak harus saya harus terus berada layar televisi. Saya ingin bekerja. Saya harus melakukan yang harus saya lakukan. Ada banyak cerita di luar sana yang telah dibuat. Dan saya tidak suka menyakiti orang yang saya sayangi. Saya tidak ingin salah satu dari mereka yang akan terkena dampak dari hal ini”, katanya.

Saat ditanya kaitannya dengan kekayaan yang didapat dari Bitcoin, ia menjawab, ”Apa masalahnya, itu bukanlah berapa banyak yang saya miliki, tapi kapan saya menggunakannya. Saya tidak mencari karena uang. Saya tidak membutuhkan uang, dan saya tidak ingin dibantu. Saya juga telang mengkonfirmasikan hal ini, jika ada orang yang hendak memaksa saya untuk berkata, saya tidak akan pernah mau. Jika ada yang ingin memasukkan saya untuk penghargaan nobel atau yang lain, saya tidak akan pernah mau menerima setiap sen dari anda semua, untuk apapun juga”, ia menegaskan.

Craig Wraight menegaskan dalam pernyataannya tersebut, bahwa ia hanya ingin menjalankan pekerjaannya. Ia tidak butuh ketenaran karena ia telah menemukan Bitcoin. Ia hanya ingin dibiarkan sendiri, seperti sedia kala.

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal – Mempermudah Transaksi Para Pelanggan Coinbase. Marketplace dan platform wallet Bitcoin, Coinbase, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *