Home / News / Bitcoin / Coinbase Tak Lagi Gratis
Coinbase Tak Lagi Gratis

Coinbase Tak Lagi Gratis

Coinbase Tak Lagi Gratis – Biaya Transaksi Bitcoin, Selanjutnya Dibebankan Pengguna

Coinbase Tak Lagi Gratis. Salah satu marketplace bitcoin besar dan penyedia layanan wallet, Coinbase, menyatakan diri untuk tidak lagi memberikan biaya transaksi gratis kepada penggunanya. Kebijakan baru tersebut disampaikan oleh pihak Coinbase melalui halaman blognya, pada 15 Maret 2017, pagi tadi. Beberapa perubahan kebijakan baru itupun, rencananya akan efektif berlaku mulai 21 Maret mendatang.

medan-meetup

Ankur Nandwani, selaku Product Manager di Coinbase, merasa keputusan tersebut harus dibuat, untuk menindaklanjuti kondisi yang ada saat ini. Seperti yang telah banyak diketahui oleh banyak pengguna, bahwa selama ini biaya transaksi bitcoin, ditanggung sepenuhnya oleh pihak Coinbase.

Sementara itu, pada kondisi saat ini, biaya transaksi bitcoin makin padat, beberapa peristiwa yang lalu, mempool transaksi bitcoin mengalami lonjakan transaksi yang cukup drastis. Sehingga berimplikasi pada proses konfirmasi transaksi yang lebih panjang dan memakan banyak waktu bagi para penambang. Di lain sisi, bagi pengirim transaksi yang menyertakan biaya lebih tinggi, selalu mendapat porsi lebih cepat dari biaya transaksi pada umumnya.

Baca Juga: Bitcoin Backlog Meningkat

Garis besarnya, pada saat ini biaya transaksi bitcoin relatif bertambah. Pengguna pun makin berusaha agar transaksi yang dilakukan dapat secepatnya mendapatkan konfirmasi oleh para penambang. Terkait kebijakan coinbase tak lagi gratis itu, tentu saja harus berusaha mencari jalan lain. Jika masih berusaha untuk menanggung biaya transaksi pengguna, jelas akan membutuhkan biaya yang besar. Apalagi jika pengguna Coinbase telah berjumlah besar, kurang lebih 6 juta pengguna di seluruh dunia.

Lebih detailnya, berikut adalah beberapa kebijakan baru yang bakal diterapkan Coinbase, berlaku mulai 21 Maret nanti:

  • Tak lagi menerapkan Bits : Bits ini, adalah satuan khusus unit kecil bitcoin yang sebelumnya diterapkan oleh Coinbase. Awalnya, pengguna dapat melihat satuan unit Bitcoin dalam versi Bits di Coinbase. Nantinya, satuan unit kecil ini akan dikembalikan lagi dalam satuan Bitcoin seperti pada umumnya.
  • Menonaktifkan akses akun SMS : Coinbase akan menghentikan fungsi SMS saat hendak mengakses akun Coinbase mulai tanggal 21 Maret 2017. Akses SMS ini, telah diberlakukan Coinbase sejak 4 tahun yang lalu. Sementara pengguna smartphone mungkin saja adalah hal baru di banyak orang di berbagai negara di dunia. Namun dengan pesatnya pertumbuhan smartphone, pihak Coinbase merasa yakin bahwa iOS dan aplikasi Android dapat memberikan fitur yang jauh lebih baik.
  • Menonaktifkan halaman khusus transaksi pengguna : Coinbase akan menghentikan tayangan halaman khusus yang memuat informasi pembayaran transaksi pengguna. Halaman khusus ini, selanjutnya akan dikembangkan lebih lanjut dengan aplikasi mobile. Sehingga pelanggan dapat menerima informasi pembayaran dengan cara yang lebih mudah dan user friendly.
  • Biaya transaksi : Coinbase menghentikan biaya transaksi pengguna yang selama ini ditanggung oleh Coinbase. Sehingga mulai 21 Maret nanti, pengguna harus menanggung biaya transaksinya sendiri. Selama ini, pihak Coinbase telah menanggung biaya transaksi pengguna, baik untuk transaksi Bitcoin maupun Ethereum. Dengan jumlah 6 juta pengguna di seluruh dunia, tentu jika biaya itu ditanggung oleh Coinbase menjadi biaya yang signifikan besarnya. Meski demikian, untuk transaksi antar rekening Coinbase dapat terus berjalan tanpa ada biaya, atau gratis.

About Surya Susilo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *