Home / Tutorial Bitcoin / Cara Mudah Generate Private Key dan Public Key
Cara Mudah Generate Private Key

Cara Mudah Generate Private Key dan Public Key

Cara Mudah Generate Private Key dan Public Key

Cara Mudah Generate Private Key. Selama ini, banyak yang mempertanyakan bagaimana perihal tentang private key ini. Anggapan tentang media penyimpan bitcoin (btc), dimaknai berada di dalam wallet bitcoin.

Padahal hal tersebut tidaklah tepat. Apa yang kita ketahui sebagai wallet bitcoin, sebenarnya adalah lebih pada penanganan private key saja. Fungsinya, tentu sebagai otentikasi mutlak, bahwa anda, atau kitalah pemilik yang sah sebenarnya.

Sekarang mari kita kembali pada pembahasan tentang cara mudah generate private key. Di dalam bitcoin core, semua data yang berkaitan dengan private key dan address yang berelasi dengan private key tersebut tersimpan di dalam file wallet.dat.

Jadi, pada saat kita menjalankan software bitcoin core pertama kali, instalasi tersebut juga secara otomatis akan generate wallet address secara otomatis untuk kita. Yang perlu kita ketahui disini adalah, proses generate address tersebut, pada dasarnya adalah generate pair key, yakni private key dan juga public key.

Dari kedua pair key tersebut, maka dapat dibuatkan sebuah address yang berelasi dengan public key yang kita miliki. Sehingga tentu saja, dengan address tersebut, dapat kita gunakan untuk menerima sejumlah bitcoin dari orang lain. Kita dapat memberikan detail address tersebut kepada orang lain, namun tidak untuk private key. Kita harus merahasiakan private key tersebut, dan menyimpannya sebaik mungkin.

Yang akan kita coba saat ini, tidaklah menggunakan console pada bitcoin core, mengingat untuk mempermudah pemahaman tentang private key dan bagaimana menggunakannya, jika kita berniat untuk import private key tersebut pada berbagai platform wallet yang lain.

Dalam pembahasan cara mudah generate private key ini, kita akan menggunakan generator key dari bitaddress.org. Untuk alasan keamanan, sebaiknya kita cukup menambil file zip dari bitaddress tersebut, lalu gunakan file tersebut pada computer offline. Ikuti langkahnya berikut:

  • Ambil repository bitaddress.org disini: Repository bitaddress zip.
  • Simpan file zip tersebut, lalu ekstrak file zip tersebut.
  • Setelah diekstract, cari file bitaddress.org.html pada browser firefox.
  • Ketika kita membuka file tersebut, maka secara otomatis akan generate private key dan public key dengan address yang sesuai dengan private key kita.
  • Gerak-gerakkan kursor pada mouse anda, hingga generate key mencapai 100%. Hingga kemudian muncul address dan qr code yang siap kita gunakan, sekaligus private key yang dapat kita simpan. (lihat gambar dibawah).bitaddress
  • Nah, dari private key tersebut, kita dapat menggunakannya untuk selanjutnya dapat kita import private key tersebut dari platform wallet lainnya. Saat ini, kebanyakan di banyak platform wallet telah ada fitur tersebut.

Cara Import Private Key

Jika setelah proses diatas selesai, sebenarnya kita telah dapat menggunakan address tersebut. Dari address tersebut, kita telah dapat menerima sejumlah bitcoin dari orang lain. Nah, pertanyaannya? Bagaimana kita dapat mentransaksikan sejumlah bitcoin yang kita miliki dari address tersebut?

Tentu saja, jika kita hanya mengasumsikan memiliki address dan private key tersebut saja, tanpa adanya wallet yang mampu menangani transaksi secara lebih mudah, maka kita harus mengkoding script transaksi bitcoin sendiri. Dan hal itu bakal membuat kita cukup rumit dengan bahasa script bitcoin bukan meskipun pada dasarnya itu dapat dilakukan.

Untuk memudahkannya, kita cukup dapat menggunakan import private key tersebut dari berbagai platform wallet yang ada. Misalnya kita akan Import private key tersebut dari wallet blockchain[dot]info. Ikuti langkah berikut:

  • Buka blockchain.info, lalu login pada wallet anda.
  • Klik menu import/eksportimportkey
  • masukkan password
  • masukkan private key anda dari hasil generate tadi. (copy lalu paste seperti gambar dibawah)masukkan private key
  • masukkan second password jika diminta
  • Selanjutnya jika ada opsi import directly dan sweep key, anda dapat memilih salah satunya. Jika kita memang import private key tersebut dari wallet lain sebelumnya, maka kita dapat memilih opsi “sweep key”. Sweep key tersebut, artinya kita akan menghapus private key pada wallet sebelumnya, beserta semua informasi balance lainnya dari wallet sebelumnya. Segala resiko atas hal ini, ada ditangan anda sendiri tentunya.
  • kalau sudah, maka secara otomatis, private key anda telah berhasil diimport.

Penjelasan:

Dari proses import tersebut, dapat diketahui bahwa dalam wallet blockchain.info tersebut, sebenarnya yang kita lakukan berarti menambah lagi satu private key, dan address yang berkorelasi dengan private key tersebut. Jadi, kita dapat melihat bagaimana sebuah wallet itu berfungsi untuk dapat menangani kepemilikan private key kita. Sehingga kita dapat membuktikan diri sebagai pemilik yang sah atas sejumlah bitcoin yang tersimpan di dalam blockchain (ledger bitcoin).

Mungkin dari sini akan timbul beberapa pertanyaan yang kerap kali muncul:

  • Apakah dari proses import/eksport tersebut dapat berlaku juga jika kita menggunakan vanity address?

Jawab: Ya… anda juga dapat melakukan hal serupa dan kurang lebih sama juga proses import/ekport private key-nya.

  • Bagaimana jika kita hendak import private key tersebut pada platform wallet lain seperti electrum, multibit atau yang lain?

Jawab: kurang lebih, prosesnya hampir sama. Hanya saja, beberapa perbedaannya hanya karena berbeda platform wallet saja.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Cara Membuat Worker

Cara Membuat Worker Di Antpool

Cara Membuat Worker Di Antpool Dan Cara Settingnya Cara Membuat Worker. Antpool adalah pool mining …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *