Home / Menambang Bitcoin / Asic Mining / Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner
Cara Menambang Bitcoin Dengan ASIC Miner

Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner

Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Bisa dikatakan, menambang Bitcoin dengan ASIC manjadi satu cara yang masih bisa dilakukan. Jika dibandingkan dengan menggunakan CPU Mining, GPU mining, atau bahkan menggunakan SmartPhone.

Mengapa demikian, karena daya hashrate perangkat CPU/GPU atau SmartPhone tersebut bisa dikatakan terlalu kecil dibandingkan dengan kebutuhan listrik yang dipakai. Belum lagi dengan pengeluaran untuk koneksi internetnya.

Meski pertambangan Bitcoin menggunakan CPU/GPU/SmartPhone masih bisa dilakukan, namun juga lebih beresiko. Daya komputasi yang kecil, biaya listrik yang mungkin tidak mencukupi dengan hasil yang didapat, dan juga resiko perangkat kita menjadi rusak. Karena perangkat yang kita gunakan dipaksa bekerja dengan berat. Jika hal ini dilakukan terus menerus tanpa terkontrol, maka hardware perangkat kita bisa overheat dan rusak.

Alangkah lebih baiknya, jika anda sudah mengetahui lebih lanjut tentang apa itu menambang bitcoin, perkembangan perangkat menambang, tingkat kesulitan menambang, dan juga pengetahuan tentang apa itu solo mining dan pool mining.

Jika anda masih belum mengetahui tentang apa itu ASIC miner bisa dibaca pada artikel Efisiensi Menambang Bitcoin Dengan ASIC, dan juga Produsen ASIC.

Perangkat Yang Dibutuhkan

  • ASIC Miner
  • Software. Bisa menggunakan CGMiner atau BFGMIner
  • Kalkulator Menambang Bitcoin, untuk mengetahui gambaran hasil menambang Bitcoin yang bisa didapatkan berdasarkan pada daya komputasi perangkat ASIC Miner yang kita gunakan.
  • Pendingin Tambahan, bisa menggunakan kipas tambahan (hanya jika dirasa dibutuhkan).
  • Wallet Bitcoin, sebagai tempat menerima pembayaran hasil menambang.
  • Akun pool mining, bisa menggunakan slush pool, atau pool mining lainnya.

Cara Menambang Bitcoin Dengan ASIC Miner

Berikut adalah cara menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Pastikan anda telah mengunduh software CGMiner atau BFGMiner terlebih dahulu.

  1. Koneksikan perangkat ASIC Miner ke komputer/laptop
  2. Jika anda sudah mengetahui tentang type dan berapa daya komputasi ASIC Miner yang dimiliki, anda bisa coba kalkulasikan hasil Bitcoin yang akan diperoleh menggunakan Kalkulator Menambang Bitcoin.
  3. Koneksikan ASIC ke pool Mining. Jika belum mempunyai akun pool mining, bisa registrasi terlebih dahulu di slush pool.
  4. Konfigurasi pool mining. Konfigurasi umum yang biasa dibutuhkan adalah address server pool dan port, username “worker”, dan Password, dan juga Address wallet Bitcoin. Pada slush pool, berikut adalah konfigurasinya:

URL: stratum+tcp://stratum.bitcoin.cz:3333
user name: userID.workerName
password: anything

  1. Buka Software CGMiner atau BFGMiner.
  2. Masukkan address pool, port, username, dan pasword mining anda pada software tersebut.
  3. Jalankan software tersebut untuk memulai menambang bitcoin.

Sekarang anda sudah mengetahui cara menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Jika anda berniat untuk melakukan pertambangan bitcoin dengan cloud mining. Pastikan anda sudah membaca beberapa hal yang harus anda ketahui pada artikel Waspada Cloud Mining Mencurigakan.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Bitcoin Mega Mining

Review Bitcoin Mega Mining

Review Bitcoin Mega Mining – Tawarkan Hasil Mining Yang menggiurkan Bitcoin Mega Mining.  Seakan tak …

12 comments

  1. Sangat menarik keterangannya. Kalau boleh minta waktu untuk sharing terkait bitcoin

  2. gan boleh diarahkan saya sudah coba, tapi kok gak ada hasil traffik work nya gak bekerja sama sekali. boleh dibimbing kalau bisa ketemu gan. Saya di jogja ini nomer WA saya 081212253883.

  3. Cara yang ini masih work gak pak?

    • Work, namun menambang dgn GPU sdh nggak optimal lg untuk Bitcoin kecuali jika dgn asic. Selain itu antpool ada limit minimum hashrate. Jd jika ingin mencoba, agan bs mencoba di pool lain.

  4. Beli asic recomend dimana.. mau nyoba. Diatas 350 rb ada yg brp lagi ya..

  5. Can kalok boleh Minta line or WA Mau nanya” tentang bitcoin,
    Maklum masih awam

  6. Gan, ane mau tanya2 tentang Btc, Eth, dsb nih..
    Ada WA gak ya? biar gampang gitu tanya2 nya..

    WA ane: 0895 1442 9194

  7. Bedanya CGMiner dan BFGMIner itu apa pak?
    Apakah keduanya bisa digunakan buat s9?
    Trus kalo program yang disediakan vendor (bitmain) itu apa?

    • CGminer maupun bfgminer paling banyak diadaptasi untuk software mining saat ini, kebanyakan ya bersumber dr source cgminer ataupun bfgminer tersebut. jd apapun software miner sejauh itu menggunakan algo sha256, maka itu bisa digunakan untuk menambang bitcoin. vendor asic pun sama aja meski bnyk jg yg membuat software sendiri dan di patch didalam asic mereka. tinggal konekkan device, lalu jalankan perangkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *