Home / Tentang BItcoin / Dompet Bitcoin / CARA MEMBUAT ADDRESS BITCOIN KEREN
Cara Membuat Address Bitcoin Keren

CARA MEMBUAT ADDRESS BITCOIN KEREN

CARA MEMBUAT ADDRESS BITCOIN KEREN DENGAN VANITYGEN

Cara Membuat Address Bitcoin. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa address bitcoin, dihasilkan melalui proses generate melalui hashing public key dan private key. Dan proses ini dilakukan secara acak, dengan pola sumber pengacakan yang cukup bagus. Sehingga peluang akan menghasilkan generate address yang sama, sangat kecil. Atau bisa dikatakan hampir tidak mungkin.

Di dalam Bitcoin, menggunakan skema tanda tangan digital tertentu, yang disebut dengan ECDSA (Elliptic Curve Digital Signature Algorithm). Skema ini merupakan skema standar yang dipakai oleh pemerintah Amerika. Dengan menggunakan ECDSA, bisa menjadi sebuah metode untuk menghasilkan keacakan dengan tingkatan yang cukup bagus. Pola ini pula yang dipakai untuk bisa generate sepasang public key dan private key. Tujuannya tentu untuk lebih menjaga tingkat keamanan. Karena bisa meminimalisir generate key yang sama, seperti yang disebutkan diatas.

Tentang Pengacakan pair Public key dan Private key bisa dibaca di sini: Unforgeabillity Digital Signature

Mari kita lanjutkan kembali pembahasan cara membuat address bitcoin keren ini.

Berdasarkan pada proses pengacakan pair key ini, orang lalu berkeinginan untuk bisa menggenerate Address yang unik. Atau yang biasa disebut dengan Vanity Address. Kalau dalam bahasa indonesia, artinya adalah Alamat Kesombongan. Mengapa disebut sombong, karena proses generate addressnya cukup rumit. Ada ratusan hingga jutaan kemungkinan nantinya. Berdasarkan berapa digit target huruf yang kita inginkan.

Tentang Vanity Address bisa di baca disini: Bagaimana Menyimpan Bitcoin

Lantas bagaimana bisa membuat address unik tersebut? Ada seorang pengembang yang telah membuat aplikasi tersebut. Nama aplikasinya adalah VanityGen. Dengan aplikasi tersebut, berarti prosesnya akan kurang lebih seperti melakukan pertambangan. Mengapa begitu? Karena sama saja kita melakukan proses hashing menggunakan pola pengacakan tadi, ECDSA itu.

Cara Menggunakan VANITYGEN

WINDOWS

  • unduh terlebih dahulu aplikasi VanityGen untuk Windows
  • Ekstrak file tersebut di lokasi yang anda pilih
  • Buka CMD, dengan klik run, lalu ketikkan CMD dan jalankan.VANITY-DRAG-FILE
  • “Klik and Drag” file Vanity.exe kedalam CMD. Sehingga akan otomatis membaca “path” (lokasi ) file di CMD.

VANITYGEN-2

  • Setelah lokasi file terbaca, untuk memulai generate key, harus dimulai dengan angka “1”. Karena Address Bitcoin harus dimulai dengan angka “1”. Misalkan kita ingin membuat dengan nama “PUMA”, maka dituliskan dengan “1PUMA”. Beberapa karakter seperti huruf “i”, “l”,”0”,”O” tidak bisa digunakan. Mengapa demikian? Silahkan dibaca lagi di Bagaimana Menyimpan Bitcoin yang membahas tentang Vanity Address.
  • Jika sudah dituliskan, maka tekan Enter untuk memulai proses generate key. Dari proses ini, akan nampak seperti halnya pada proses pertambangan. Yakni ada tingkat kesulitan, yang menggambarkan dari pilihan karakter yang kita pakai, dan juga berdasarkan tingkat probabilitasnya. Karena pada dasarnya, satu karakter akan ada 56 kemungkinan. Berdasarkan jumlah Base58 yang dipakai di dalam Bitcoin. Semakin rumit dan bayak karakter kita, maka prosesnya akan memakan waktu yang makin panjang. Dan akan membuat PC / laptop anda panas. Sama seperti halnya pada proses menambang Bitcoin.

VANITYGEN-1

  1. Jika telah berhasil dan selesai. Maka kini anda telah mempunyai sepasang public key, dan juga private key. Dan proses inilah sebetulnya sama halnya dilakukan oleh semua perangkat wallet yang ada. Yakni dengan generate sepasang key secara acak. Private key yang dihasilkan ini, nantinya akan kita butuhkan untuk proses import ke wallet kita.

LINUX / UBUNTU

  1. Unduh terlebih dahulu source code VanityGenMaster
  2. Extract File
  3. Open Terminal
  4. Rubah direktorinya pada lokasi file yang telah diekstrak td. Ketikkan “CD lokasiFile” Tekan enter.
  5. Install beberapa library yang dibutuhkan untuk compile VanityGenMaster tersebut. Ketikkan dibawah ini, lalu tekan enter setelahnya.

Sudo apt-get install libssl-dev libpcre3-dev

  1. masukkkan password, lalu tekan “y” untuk melanjutkan.
  2. Sekarang mengkompile sourcode. Ketikkan seperti dibawah, lalu tekan enter.

make

  1. VanityGen sudah siap untuk digunakan.
  2. Prosesnya hampir sama dengan di windows di atas. Akan melakukan generate sepasang key. Cara memasukkan katanya harus diawali dengan angka “1”. Misalkan kita akan membuat kata PUMA, berarti nantinya diketikkan “1PUMA”.
  3. Sekarang panggil app VanityGen yang telah kita compile tadi. Ketikkan seperti dibawah, lalu tekan enter.

./vanitygen 1PUMA

  1. Setelah berhasil, maka sepasang key sudah kita peroleh.

IMPORT VANITY ADDRESS

Langkah terakhir pembahasan cara membuat address bitcoin keren ini, adalah mengimport vanity address tersebut kedalam wallet. Di sini EB menggunakan Armory. Jadi nantinya Vanity address yang dibuat td, di import kedalam Armory. Jika hendak mengimport ke wallet yang lain, silahkan di tanyakan ke support wallet anda cara melakukannya. Berikut langkah untuk mengimport address unik yang kita buat tadi.

  • Buka ArmoryARMORY-1
  • Klik menu Wallet Properties
    ARMORY-2
  • Klik Import/Sweep Private Keys
    ARMORY-3
  • Klik OK pada jendela peringatan yang munculARMORY-4
  • Copy dan pastekan Private key yang telah kita dapat dari generate key td, seperti di gambar.
  • Dua opsi di bawahnya, jika kita pilih Sweep, artinya akan menghapus seluruh dana dari wallet sebelumnya. Jadi pada dasarnya, sweep ini artinya juga menghapus semua yang berasal dari wallet sebelumnya. Opsi ini bisa dipakai, jika kita mendapat sepasang key (public key dan private key) dari orang ataupun pihak lain.
  • Opsi kedua, hanya akan mengimport address dari wallet yang lama ke wallet yang baru. Pastikan jika anda memilih opsi kedua ini, jika dan hanya jika, hanya anda sendiri yang mengakses sepasang key tersebut.
  • Kalau sudah dipilih, klik “OK
  • Saat jendela Verify Address muncul, pastikan bahwa public key (address) itu sama seperti yang telah kita generate tadi. Kalau sama, tekan “YES”.
  • Dan selesai sudah. Kita telah memiliki Vanity Address. Dan berhasil pula kita import kedalam wallet kita.

Pada proses import key tadi, bisa juga diterapkan untuk memindah dari satu wallet ke wallet yang lain. Namun, anda harus betul-betul memahami resikonya jika anda melakukan kesalahan. Terlebih, jika address yang dipindah tersebut, ada sejumlah Bitcoin di dalamnya. Sekarang, anda telah mengetahui cara membuat address bitcoin keren, atau Vanity Address ini.

Semoga bermanfaat, dan semoga berhasil.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

2 comments

  1. ini semacam hashing dengan CPU ya? Klo menggunakan ASIC utk create vanity ini bisa ngga ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *