Home / News / Bitcoin / BNP Paribas Securities Kembangkan Blockchain
BNP Paribas Securities Kembangkan Blockchain

BNP Paribas Securities Kembangkan Blockchain

BNP Paribas Securities Bermitra Dengan Smart Angles Kembangkan Blockchain

BNP Paribas. Salah satu Custodian Bank terkemuka, BNP Paribas Securities bekerjasama dengan Smart Angles, mengambil sebuah langkah maju dalam penggunaan teknologi Blockchain. Informasi ini dipublikasikan melalui press releasenya di situs BNP Paribas pada hari Selasa, 5 April 2016 lalu.

Dengan bentuk kerjasamanya bersama Smart Angles ini, memungkinkan perusahaan swasta untuk bisa menerbitkan surat berharga di pasar primer. Lalu memberikan investor akses ke pasar sekunder. Semuanya dilakukan dengan menggunakan teknologi Blockchain.

Disebutkan bahwa percontohan skema penggunaan teknologi Blockchain ini akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2016 ini. Sambil menunggu persetujuan dari pihak regulator.

BNP Paribas telah melakukkan penelitian teknologi Blockchain sejak 2011 lalu. Proyek penelitian ini adalah bagian dari R3 dan konsorsium industri CDC. BNP Paribas Group juga telah berinvestasi pada Digital Asset Holding. Selain itu, menyelenggarakan juga beberapa bizhackathons pada Blockchain. Tujuannya, untuk bisa memahami tentang bagaimana teknologi ini bisa diterapkan untuk kegiatan usahanya. Bizhackathons adalah sebuah usaha eksplorasi teknologi Blockchain yang dilakukan oleh BNP paribas. Eksplorasi ini melibatkan kurang lebih 70 peserta. Baik dari tim internal, klien, maupun startup.

Kepala Bagian produk kliring di BNP Paribas Securities, Philippe Ruault mengatakan, ”Penerapan teknologi Blockchain di sektor crowdfunding akan mempercepat arus kas dan surat berharga menggunakan e-sertifikat. Sehingga membuat lebih aman. Ini merupakan inovasi besar bagi custodian dalam pembukuan surat berharga yang belum terdaftar. Selain itu memberikan kesempatan untuk bisa menguji penerapan pada pasar sekuritas yang tercatat. Penerapan teknologi Blockchain ini adalah bagian dari strategi digital,” ungkapnya.

Kerjasamanya ini akan menjadi sebuah kemitraan yang unik. Membawa sebuah ambisi besar dengan sebuah langkah maju yang bisa membawa perubahan besar bagi crowdfunding dan pengelolaan kepemilikan saham pribadi.

Selain itu, pada kerjasamanya ini lebih jauh akan mengembangkan pangsa yang telah menggunakan protokol Blockchain. Secara otomatis juga akan mendaftar sekuritas keuangan yang telah diterbitkan oleh perusahaan dari klien SmartAngel.

Investor yang telah melakukan pembayaran, segera diproses. Lalu sertifikat digital dikeluarkan kepada mereka secara langsung. Transaksi keuangan yang dilakukan melalui platform ini dilakukan secara sedehana, cepat, aman, dan juga biaya yang lebih rendah.

Dari kerjasama ini, klien dari SmartAngel juga akan mendapat dua level manfaat. Sebagai solusi standarisasi proses registrasi sekuritas. Menyediakan investor IT tambahan dan keamanan pengolahan perdagangan. Selain itu, platform Blockchain yang nantinya akan dioperasikan BNP Paribas bisa menyederhanakan managemen pemegang saham untuk emiten.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

UNDP Kembangkan Blockchain

UNDP Kembangkan Blockchain Sebagai Alat Pembayaran

UNDP Kembangkan Blockchain Sebagai Alat Pembayaran – Lebih efektif dan Efisien Untuk Memangkat Biaya Transaksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *