Home / News / Bitcoin / Blockchain Cloud IBM
Blockchain Cloud IBM

Blockchain Cloud IBM

Blockchain Cloud IBM – Atasi Permasalahan Keamanan Blockchain Di Cloud

Blockchain Cloud IBM. Dalam news Relaese yang diposting pada 29 April Lalu, IBM mengumumkan pengembangan jaringan Blockchain yang bisa dioperasikan di cloud. Nantinya, adopsi blockchain ini dipergunakan untuk bisnis.

Proyek pengembangan platform jaringan blockchain yang dilakukan oleh IBM ini dilakukan untuk bisa membantu percepatan adopsi Blockchain untuk bisnis. Begitu juga dengan Blockchain Cloud IBM ini, di desain agar bisa memenuhi persyaratan dan fungsi keamanan yang memadai.

Selama ini Blockchain telah dikenal karena gagasan dan ide tentang desentralisasi. Sementara pada wilayah cloud masih masih ada celah dan kerentanan yang bisa dihadapi jika mengusung hyperledger di cloud. Oleh karena itu, tim IBM dengan ahli keamanan, kriptografer, peneliti, dan pakar hardware membuat sebuah layanan Blockchain cloud yang bersifat tamper-resistant.

Jerry Guomo, Wakil President Blockchain IBM di news release tersebut mengatakan, “Klien memberitahukan kita salah satu penghambat adopsi Blockchain karena ada kekhawatiran tentang keamanan. Meski ada rasa yang cukup penting untuk bisa merintis Blockchain untuk bisnis, namun sebagian besar organisasi membutuhkan bantuan yang memungkinkan jaringan Blockchain bisa berjalan di cloud”. katanya.

Pihak IBM menerangkan bahwa mereka telah bekerja dengan ratusan klien, startup maupun para pengembang yang membangun aplikasi Blockchain. Sementara IBM juga menangani sisi keamanan mereka di berbagai cara. Salah satunya adalah layanan cloud dengan berstandar FIPS 140-2 dan EAL (Evaluation Assurance Level).

Selain itu, pihak IBM juga telah mendukung penggunaan Blockchain untuk lembaga pemerintahan, jasa keuangan, maupun bidang kesehatan. Untuk mempermudah penggunaan code IBM yang berbasis pada Linux Foundation Hyperledger Project di lingkungan apapun, dan juga layanan Bluemix, nama dari platform Cloud IBM, pihak IBM telah membantu para pengembang untuk bisa lebih cepat dalam pembangunan aplikasinya.

Dalam jaringan blockchain cloud IBM ini, dijalankan pada jaringan yang tamper-resistand. Bisa menangani hingga ribuan pengguna. Blockchain Cloud IBM ini memungkinkan pengerahan jaringan berjalan dalam hitungan menit. Lengkap dengan penandatanganan digital, Docker bergambar, dashboard, serta fungsi analitik juga disediakan sebagai pendukung.

Selain itu pada blockchain yang berbasis cloud ini, ada sebuah fungsi untuk proses audit log data yang komprehensif. Serta mendukung untuk forensik dan kepatuhan yang dibutuhkan. Karena cloud ini bersifat tamper resistant, maka ruang penyimpanannya juga disusun atas key kriptofrafi dengan perlindungan yang komplit. Sehingga akan bisa mendeteksi serta merespon jika ada sebuah akses yang tidak sah.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

UNDP Kembangkan Blockchain

UNDP Kembangkan Blockchain Sebagai Alat Pembayaran

UNDP Kembangkan Blockchain Sebagai Alat Pembayaran – Lebih efektif dan Efisien Untuk Memangkat Biaya Transaksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *