Home / Review Buku / Blockchain – Blueprint for a New Economy
Blockchain - Blueprint for a New Economy

Blockchain – Blueprint for a New Economy

Review Buku Blockchain Blueprint for a New Economy

Blockchain Blueprint for a New Economy. Buku berjudul Blockchain – Blueprint Ekonomi Baru (judul asli Blockchain: Blueprint for a New Economy) ini ditulis oleh Melanie Swan mulai bulan Oktober 2014. Melani Swan, yang juga pendiri dan pemilik Institute for Blockchain Studies ini menulis buku tersebut saat mulai mengetahui bahwa Blockchain mampu menjadi sebuah modernisasi teknologi informasi. Blockchain telah juga melampaui pencapaian mata uang digital, smart contract, Daaps, DAOs, dan juga DACs.

Blockchain menjadi sebuah era baru dengan pola desentralisasi yang mampu mentransfer nilai dengan sistem kepercayaan yang dibangun secara algoritmik. Dengan Blockchain membuat banyak hal mampu berjalan menjadi lebih efisien, otomatis, dan bahkan dapat dan mudah untuk dilacak.

Hal tersebut diatas, membuat banyak kemungkinan-kemungkinan peluang baru yang lebih besar. Bahkan mampu membuka peluang berdirinya proyek-proyek baru secara global. Meskipun antara Blockchain dan Bitcoin tidak dapat dipisahkan, di dalam bukunya ini, Melani Swan berusaha membiarkan pembacanya memahami manfaat besar dan praktis dari penggunaan Blockchain yang mampu menyimpan nilai ini.


Judul
Blockchain: Blueprint for a New Economy
Pengarang
Melanie Swan
Penerbit
“O’Reilly Media, Inc.”, 2015
ISBN
1491920459, 9781491920459
Tebal Halaman
152 halaman
Blueprint for a New Economy


Dalam bukunya yang terdiri dari 152 halaman ini, Melanie Swan berusaha untuk memberikan pemaparan mendalam tentang Blockchain. Terutama bagaimana Blockchain mampu bekerja dan bermanfaat, dan sekaligus pengaplikasiannya untuk kehidupan nyata.

Di dalam buku ini ia juga menjelaskan potensi-potensi besar pengaplikasian Blockchain tidak hanya dalam bidang keuangan saja, seperti untuk mendesentralisasikan data-data registrasi atau pendaftaran, daftar inventori, maupun pentransfer aset.

Pada potensi dan kemampuannya sebagai pentransfer aset inilah, ternyata tidak hanya di berguna di bidang keuangan saja. Ajaibnya, Blockchain juga mampu untuk mentransfer properti-properti dan aset yang tidak berwujud (digital). Misalnya saja seperti hasil voting, piranti lunak, catatan atau data kesehatan, maupun ide-ide lainnya.

Garis besarnya, buku ini memang memberikan pemaparan yang cukup komprehensif dan juga inspiratif. Terutama potensi besar Blockchain untuk masa depan perkembangan teknologi, yang banyak bermanfaat bagi masyarakat.

Sayangnya memang buku ini masih tersedia dalam bahasa Inggris. Sehingga buku ini hanya bisa dibaca untuk orang-orang yang menguasai bahasa inggris saja. Seandainya buku ini sudah ada terbitan baru dalam bahasa Indonesia tentu akan dapat membuka mata banyak orang di Indonesia tentang potensi Blockchain.

Bagi seorang developer, buku ini mungkin menjadi pilihan yang kurang tepat, karena tidak memberikan gambaran detail secara teknis tentang pengaplikasian Blockchain. Sehingga beberapa potensi besar yang diungkapkannya menjadi seolah terlewat begitu saja. Dan yang kurang di mengerti adalah, menggunakan sampul bergambar seekor kerbau. Hampir tidak bisa dimengerti makna dari gambar sampul tersebut, dan kaitannya dengan Blockchain ataupun Bitcoin.

Tentang Penulis – Melanie Swan

Melanie Swan adalah seorang filsuf dan ahli teori ekonomi di New School for Social Research – New York. Pendiri beberapa startup seperti Institute for Blockchain Studies, DIYgenomics, GroupPurchase, dan juga MS Futures Group.

Latar belakang pendidikannya cukup mumpuni. Meraih gelar MBA bidang keuangan di Wharton School – Universitas Pennsylvania, Gelar MA – Filsafat kontemporer kontinental di pusat penelitian filsafat Eropa modern (Kingston University London), dan juga di University Paris 8. Selain itu juga meraih gelar BA di Georgetown University.

Karirnya lebih banyak difokuskan untuk melakukkan penelitian-penelitian akademik, keuangan, maupun kewirausahaan. Melanie Swan menjabat sebagai Direktur Riset di Telecoms Consultancy Ovum RHK. Ia juga pernah memegang posisi managemen dan keuangan di iPass (Silicon Valley), JP Morgan, Fidelity in Boston, dan juga Arthur Andersen – LA.

Selain itu, Melanie Swan juga sebagai seorang penasehat akademik, pemerintahan, perusahaan, maupun startup. Ia juga cukup aktif dalam komunitas yang mempromosikan ilmu pengetahuan dan peluang-peluang teknologi baru.

Lihat Buku ini di Google Book: Blockchain: Blueprint for a New Economy

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Bagaimana Blockchain Mampu Sebagai Peyimpan Aset Dan Komoditas Pengantar: Sebelum kita memutuskan untuk membeli beberapa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *